Pertama Kalinya, Tiongkok Laporkan Nol Kasus Covid-19

Pertama Kalinya, Tiongkok Laporkan Nol Kasus Covid-19
Aparat kepolisian mengawal aktivitas sekolah yang kembali bergeliat di Wuhan, Hubei, Tiongkok Rabu (5/5/2020). ( Foto: AFP )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Sabtu, 23 Mei 2020 | 10:02 WIB

Beijing, Beritasatu.com - Tiongkok pada Sabtu (23/10/2020) melaporkan nol infeksi virus corona (Covid-19) untuk pertama kalinya sejak mulai melaporkan data pada Januari 2020. Pencapaian ini sehari setelah para pemimpin Partai Komunis merayakan prestasi besar dalam upaya memerangi Covid-19 di negara itu.

Virus corona pertama kali muncul di pusat kota Wuhan, Tiongkok akhir tahun lalu. Namun kasus telah berkurang signifikan dari puncaknya pada pertengahan Februari 2020 ketika negara itu mampu mengendalikan sebagian besar Covid-19.

Korban tewas resmi di negara berpenduduk 1,4 miliar orang itu mencapai 4.634, di bawah jumlah korban jiwa di negara-negara kecil.

Baca juga: WHO: Amerika Selatan Episentrum Baru Pandemi Covid-19

Namun keraguan dilontarkan pada keandalan angka-angka Tiongkok. Amerika Serikat (AS) memimpin negara-negara yang mempertanyakan informasi yang dibagikan Beijing pada komunitas internasional.

Pencapaian nol infeksi ini terjadi sehari setelah pembukaan parlemen Tiongkok, Kongres Rakyat Nasional. Perdana Menteri Li Keqiang mengatakan Tiongkok membuat pencapaian strategis utama memerangi Covid-19. Namun dia memperingatkan Tiongkok masih menghadapi tantangan besar.

Baca juga: Ini Isi Lengkap Ultimatum dan Ancaman Trump pada WHO

Pihak berwenang di Wuhan mendapat kecaman karena membungkam para dokter yang pertama kali mengkhawatirkan virus tersebut akhir tahun lalu.

Namun Beijing dengan keras membantah tuduhan menutup-nutupi. Beijing bersikeras bahwa pihaknya selalu berbagi informasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan negara-negara lain secara tepat waktu.

Sejak pertama kali muncul di Wuhan, virus telah menyebar ke seluruh dunia, membunuh lebih 335.000 jiwa.



Sumber: CNA