Kemlu: Tidak Ada WNI Jadi Korban Pesawat Jatuh di Pakistan

Kemlu: Tidak Ada WNI Jadi Korban Pesawat Jatuh di Pakistan
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Judha Nugraha. (Foto: Istimewa)
Natasia Christy Wahyuni / YUD Sabtu, 23 Mei 2020 | 16:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Luar Negeri RI memastikan tidak ada warga negara (WNI) dalam daftar penumpang pesawat Pakistan International Airlines (PIA) yang jatuh di daerah permukiman menjelang pendaratan di bandara Karachi. Berdasarkan keterangan otoritas Pakistan, Sabtu (23/5), 97 dari 99 orang meninggal dunia.

Baca juga: 1 Lagi WNI Meninggal di Kapal Tiongkok, DFW Usulkan Moratorium

“Untuk sementara ini, berdasarkan passenger list (daftar penumpang), tidak terdapat penumpang WNI,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu, Judha Nugraha, Sabtu (23/5/2020).

Baca juga: Kasus Dugaan TPPO ABK WNI, Bareskrim Polri Tetapkan 3 Tersangka

Dikutip dari kantor berita Prancis, AFP, keseluruhan jenazah penumpang dan kru pesawat telah ditemukan, berdasarkan Kementerian Kesehatan Sindh, termasuk 19 orang telah berhasil diidentifikasi. Pengujian DNA sedang dilakukan oleh Universitas Karachi untuk membantu mengindentifikasi jenazah.

Baca juga: Kapal Dishidros TNI AL Potret Bawah Laut Lokasi Pesawat Jatuh

Api dan gumpalan asap membumbung ke udara saat pesawat terjatuh. Sayap pesawat sempat membelah atap rumah sebelum jatuh ke jalanan.

Penduduk setempat mencari korban selamat diantara puing-puing, serta para saksi melaporkan teriakan seorang pria yang tergantung di pintu keluar darurat pesawat. Rumah sakit setempat sebelumnya melaporkan telah menerima jenazah korban kecelakaan itu.



Sumber: BeritaSatu.com