Juli, Turis Asing Diperbolehkan Kunjungi Spanyol

Juli, Turis Asing Diperbolehkan Kunjungi Spanyol
Seorang ayah dan putranya bermain sepak bola ketika anak-anak di bawah 14 tahun diizinkan keluar pada 26 April 2020 di Madrid, Spanyol. ( Foto: CNBC / Borja B. Hojas )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Minggu, 24 Mei 2020 | 07:45 WIB

Madrid, Beritasatu.com - Spanyol akan membuka kembali perbatasannya untuk wisatawan asing pada bulan Juli. Sementara kompetisi sepak bola La Liga akan dimulai kembali pada 8 Juni. Demikian diungkapkan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez pada Sabtu (24/5/2020) menandai fase lain dalam pelonggaran salah satu lockdown ketat di dunia.

Pengumuman Pedro Sanchez bertepatan dengan aksi unjuk rasa partai Vox sayap kanan yang meminta Pedro mundur sebagai imbas penguncian ekonomi. Massa partai Vox menggunakan ribuan mobil dan sepeda motor terjadi di kota-kota di seluruh Spanyol

“Mulai Juli, pariwisata asing akan kembali dalam kondisi aman. Kami akan menjamin para turis tetap aman, dan tidak akan membawa risiko apa pun kepada kami,” kata Sanchez pada konferensi pers yang disiarkan televisi, tanpa memberikan perincian lebih lanjut.

Baca juga: Meski Ditentang, Spanyol Perpanjang Lockdown

Wisatawan asing menyumbang sekitar 1/8 dari output ekonomi Spanyol. Pemerintah Spanyol saat ini membatasi pergerakan dan menutup aktivitas bisnis mulai hotel, bar, dan restoran, pantai dan taman rekreasi ketika musim pariwisata sedang berlangsung.

Angka kematian di Spanyol akibat virus corona (Covid-19) naik 48 orang pada Sabtu menjadi total 28.678. Raihan ini merupakan hari ketujuh berturut-turut dengan tingkat kematian kurang dari 100, sementara jumlah total kasus naik menjadi 235.290.

Baca juga: La Liga Resmi Kembali Berlanjut 8 Juni Mendatang

Hampir 1 pekerjaan hilang pada bulan Maret ketika lockdown dimulai dan Bank Spanyol memperkirakan ekonomi akan berkontraksi hingga 12 persen tahun ini.

"Sudah waktunya untuk menyuarakan aspirasi terhadap pemerintah menyusul banyaknya pengangguran dan kesengsaraan," kata Vox.

Sementara Sanchez juga mengatakan kompetisi sepakbola papan atas La Liga, akan dilanjutkan pada 8 Juni. Adapun pertandingan dimainkan di stadion tanpa penonton.

Lockdown sedang dikurangi secara bertahap, dimana bar di beberapa bagian negara itu telah diizinkan dibuka. Selain itu, museum dan gereja dibuka kembali, meskipun penduduk Madrid dan Barcelona ​​sebagai pusat pandemi, hanya bisa mengikuti setiap Senin.

Sanchez mengatakan akan ada masa berkabung nasional 10 hari untuk para korban mulai Selasa.



Sumber: Reuters