Logo BeritaSatu

Thailand Mulai Uji Vaksin Covid-19 pada Monyet

Minggu, 24 Mei 2020 | 12:52 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Bangkok, Beritasatu.com - Thailand mulai melakukan uji vaksin terhadap virus corona (Covid-19) pada monyet setelah percobaan pada tikus membuahkan hasil positif.

Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, Penelitian dan Inovasi Thailand, Suvit Maesincee, mengatakan para peneliti telah memindahkan pengujian vaksin ke monyet. Dia berharap akan mendapatkan hasil yang lebih jelas dan keefektifannya pada September. "Proyek ini untuk umat manusia, bukan hanya warga Thailand," kata Dr Suvit kepada wartawan, Sabtu (23/5/2020).

Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha telah merinci kebijakan bahwa Thailand harus mengembangkan vaksin dan bergabung dengan tenaga kerja komunitas dunia.

Thailand pada Rabu mengumumkan sedang mengembangkan vaksin. Pengembangan ini merupakan salah satu dari 100 vaksin potensial di seluruh dunia. Thailand berharap dapat memproduksi vaksin pada 2021.

Kandidat vaksin yang sedang diuji Universitas Chualongkorn Bangkok dan dua mitranya sektor publik memanfaatkan teknologi messenger RNA. Pembawa RNA akan mendorong sel-sel tubuh untuk memproduksi apa yang disebut antigen yakni molekul di permukaan virus, yang memacu sistem kekebalan tubuh untuk beraksi.

Thailand memiliki beberapa proyek pengembangan vaksin Covid-19 aktif, termasuk upaya kerja sama Tiongkok. Selain itu, Negeri Gajah Putih tersebut terlibat pengembangan vaksin dengan Amerika Serikat (AS).

Lebih 100 vaksin potensial untuk Covid-19, penyakit yang disebabkan virus corona sedang dikembangkan, termasuk beberapa dalam uji klinis. Tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa pengembangan vaksin akan memakan waktu setidaknya 12-18 bulan.

Sementara, Indonesia juga tengah mengembangkan vaksin untuk Covid-19. Saat ini lembaga yang memimpin pembuatan vaksin itu adalah Eijikman Institute for Molecular Biology.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ABC

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Penyebab Kepuasan Kinerja Jokowi Naik 5 Persen dalam Sepekan

Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi naik 5 persen dalam sepekan. Ini alasannya. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Ditolak Denmark, Prancis Akan Kirim Howitzer ke Ukraina

Prancis akan mengirim howitzer yang ditolak Denmark ke Ukraina. Kyiv mungkin mendapatkan hingga 12 howitzer Caesar dari Paris.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ridwan Kamil Masih Rahasiakan Parpol yang Jadi Pelabuhannya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil masih merahasiakan soal parpol mana yang menjadi pelabuhan politiknya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kemendagri Dorong Kebijakan Afirmatif pada Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender

Program pengarusutamaan gender menjadi bagian dari strategi pemerintah untuk mempercepat pembangunan di pusat maupun daerah.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies Bakal Diumumkan Surya Paloh sebagai Capres Nasdem?

Ketum Partai Nasdem Surya Paloh akan mengumumkan capers yang diusung Nasdem di Pilpres 2024 besok. Beredar kabar capres itu adalah Anies Baswedan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

Nama Anies Baswedan bergema ketika para peserta Supermentor-27 merespons pernyataan Dino Patti Djalal soal sosok yang bakal memimpin Indonesia.

NEWS | 2 Oktober 2022

NATO Peringatkan, Rusia Melemah tetapi Masih Berbahaya

NATO memperingatkan bahwa Rusia melemah tetapi masih berbahaya. Presiden Vladimir Putin dan Angkatan Bersenjata Rusia tidak boleh diremehkan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Gubernur Khofifah Berharap Tragedi Kanjuruhan Tak Terulang

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap tragedi Kanjuruhan, yang menewaskan 174 orang tidak terulang kembali.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies: Doakan Saya Bisa Jalankan Amanat Setelah Tak Jadi Gubernur

Anies Baswedan pun meminta doa kepada masyarakat agar dapat menuntaskan tugasnya hingga akhir masa jabatannya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kapolri Janji Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjanji akan mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan, Malang, yang mengakibatkan sebanyak 125 orang meninggal dunia.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Penyebab Kepuasan Kinerja Jokowi Naik 5 Persen dalam Sepekan

Ini Penyebab Kepuasan Kinerja Jokowi Naik 5 Persen dalam Sepekan

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings