Soal Asal Covid-19, Tiongkok Persilakan Investigasi Internasional

Soal Asal Covid-19, Tiongkok Persilakan Investigasi Internasional
Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi marah kepada seorang wartawan Kanada saat ditanya tentang masalah hak asasi manusia di Beijing, dalam jumpa pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Kanada Stephane Dion. (Foto: Canadian Press / Justin Tang)
Unggul Wirawan / WIR Senin, 25 Mei 2020 | 09:35 WIB

Beijing, Beritasatu.com- Tiongkok bersikap terbuka untuk kerja sama internasional dalam menginvestigasi sumber Covid-19. Pada Minggu (24/5), Menlu Tiongkok Wang Yi meminta syarat agar investigasi itu harus bebas dari campur tangan politik.

Seperti dilaporkan AFP, Minggu (24/5), Wang Yi mengecam upaya politisi Amerika Serikat (AS) untuk "mengarang rumor" tentang asal-usul patogen dan "menstigmatisasi Tiongkok".

AS dan Australia telah menyerukan dalam beberapa pekan terakhir untuk penyelidikan tentang asal-usul pandemi ini.

Baik Presiden AS Donald Trump dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menuduh Tiongkok kurang transparan dalam masalah ini. Mereka berulang kali mendorong teori bahwa virus itu bocor dari laboratorium dengan keamanan maksimum Tiongkok.

Sebagian besar ilmuwan percaya virus itu melonjak dari hewan ke manusia, kemungkinan dari pasar yang menjual hewan eksotis untuk daging di pusat kota Wuhan di Tiongkok.

"Tiongkok terbuka untuk bekerja dengan komunitas ilmiah internasional untuk mencari sumber virus," kata Wang pada konferensi pers di sela-sela sesi parlemen tahunan Tiongkok.



Sumber: Suara Pembaruan