Mulai 1 Juni, Afsel Akan Longgarkan Lockdown

Mulai 1 Juni, Afsel Akan Longgarkan Lockdown
Cyril Ramaphosa (Foto: Istimewa)
Unggul Wirawan / WIR Senin, 25 Mei 2020 | 10:03 WIB

Johannesburg, Beritasatu.com- Presiden Cyril Ramaphosa mengumumkan rencana pelonggaran lockdown (penguncian) di Afrika Selatan (Afsel) mulai 1 Juni 2020.

Seperti dilaporkan Reuters, Seniin (25/5), kebijakan ini akan memungkinkan sebagian besar perekonomian untuk kembali ke kapasitas penuh setelah wabah corona menginfeksi 22.583 orang dan mengakibatkan 429 orang meninggal.

Perekonomian terindustrialisasi Afrika sebagian besar telah ditutup sejak akhir Maret, ketika pemerintah memberlakukan pembatasan keras untuk membendung penyebaran virus corona baru.

Ramaphosa telah berada di bawah tekanan dari partai-partai politik lawan dan berbagai industri untuk meredakan pembatasan. Dia mengumumkan rencana pelonggaran setelah konsultasi luas kabinet telah memutuskan untuk memindahkan negara itu ke "tingkat tiga" dari sistem kuncian lima tingkatnya.

"Ini akan menghasilkan pembukaan ekonomi dan penghapusan sejumlah pembatasan pada pergerakan orang sambil secara signifikan memperluas intervensi kesehatan masyarakat kita," katanya dalam pidato yang disiarkan televisi.



Sumber: Suara Pembaruan