Marah, Trump Instruksikan Semua Gubernur Tindak Keras Semua Perusuh

Marah, Trump Instruksikan Semua Gubernur Tindak Keras Semua Perusuh
Donald Trump (Foto: AFP / SAUL LOEB)
Heru Andriyanto / HA Selasa, 2 Juni 2020 | 04:42 WIB

Beritasatu.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam konferensi video Senin (1/6/2020) waktu setempat memerintahkan semua gubernur negara bagian untuk secara agresif membidik para perusuh yang menurutnya hanya akan segan pada pameran kekuatan.

Pernyataan itu merupakan ekspresi kegeraman Trump setelah selama tiga malam berturut-turut terjadi aksi kekerasan oleh massa perusuh di puluhan kota seantero negeri, termasuk di luar kediamannya.

"Kalian harus mendominasi, atau kalian akan terlihat seperti sekumpulan orang lembek. Kalian harus menangkap dan mengadili orang-orang," kata Presiden kepada para gubernur dalam pernyataan melalui rubanah Gedung Putih, seperti disiarkan stasiun televisi CNN.

Kerusuhan di Amerika dipicu oleh tewasnya seorang pria kulit hitam saat ditahan polisi di Minneapolis, negara bagian Minnesota, pada 25 Mei lalu.

Itu hanya bisa terjadi kalau kalian lemah, dan sebagian besar dari kalian memang lemah.

Dalam pembicaraan itu, Trump terdengar marah dan tidak berupaya melembutkan nada suaranya.

Malah, Trump mengatakan para pemimpin negara bagian harus “membalas” aksi kekerasan di wilayah mereka masing-masing dan tidak perlu menahan diri.

"Kalian jangan terlalu bersikap hati-hati," ujar Trump.

Dia juga menyinggung respon yang menurutnya terlalu lunak dalam menghadapi aksi massa ini di sejumlah tempat, sehingga massa bertambah beringas. Dia menggarisbawahi keyakinannya bahwa aksi kekerasan ini disulut oleh kelompok “radikal kiri”.

Dipimpin Tentara
Trump mengatakan dia menunjuk Jenderal Mark Milley, yang memimpin Kepala Staf Gabungan militer AS, untuk mengambil alih komando dalam menghadapi aksi protes yang sedang berlangsung.

Dia juga mengindikasikan bahwa kericuhan yang terjadi sekarang menjadi tanggung jawab gubernur.

"Ini sebuah pergerakan, dan kalau kalian tidak mampu meredakannya maka situasi akan makin memburuk," kata Trump.

"Itu hanya bisa terjadi kalau kalian lemah, dan sebagian besar dari kalian memang lemah."

Debat dengan Gubernur
Trump mengatakan “seluruh dunia menertawakan Minneapolis karena membiarkan sebuah kantor polisi dibakar" dalam aksi protes.

Kepada Gubernur Minnesota Tim Walz, Trump mengatakan negara bagian itu juga menjadi bahan tertawaan seluruh dunia karena tidak bersikap tegas pada hari pertama terjadinya aksi protes.

Dalam percakapan telepon dengan Gubernur Illinois J.B. Pritzker, Trump mendapat perlawanan.

"Retorika yang keluar dari Gedung Putih hanya membuat situasi tambah buruk, rakyat sedang benar-benar mengalami kepedihan," kata Pritzker, seorang politisi Partai Demokrat, kepada Presiden.

"Kami butuh kepemimpinan nasional yang menyuarakan kesejukan dan keprihatinan yang berdasar dari para demonstran," ujarnya.

"Saya juga tidak terlalu suka retorika Anda," balas Trump. "Anda tidak bagus dalam menangani virus corona."



Sumber: CNN