Kepala Polisi ke Trump: Tutup Mulut, Ini Bukan Hollywood

Kepala Polisi ke Trump: Tutup Mulut, Ini Bukan Hollywood
Presiden Donald Trump dan Kepala Kepolisian Houston Art Acevedo. (Foto: CNN)
Heru Andriyanto / HA Selasa, 2 Juni 2020 | 07:23 WIB

Beritasatu.com – Seorang kepala kepolisian berkomentar keras atas pernyataan Presiden Donald Trump, Senin (1/6/2020) waktu setempat, yang memerintahkan semua negara bagian untuk mendominasi para demonstran dan menyebut sebagian besar gubernur lemah dalam menghadapi aksi massa belakangan ini.

Trump juga menyebut bahwa lemahnya gubernur dan aparat membuat Amerika menjadi bahan tertawaan dunia.

Pasca-kematian pria kulit hitam George Floyd di Minneapolis 25 Mei lalu akibat kekerasan polisi, puluhan kota di AS dilanda aksi massa dan sebagian besar berakhir ricuh serta diwarnai penjarahan dan perusakan properti.

“Izinkan saya sampaikan ini kepada Presiden Amerika Serikat: atas nama para kepala kepolisian di negara ini, tolong jika tidak ada hal konstruktif yang bisa Anda katakan, tutup mulut saja!” kata Kepala Kepolisian Houston Art Acevedo dalam wawancara dengan CNN.

“Karena Anda menempatkan pria dan wanita ke dalam risiko. Ini bukan soal mendominasi, tetapi bagaimana memenangkan hati dan pikiran [para demonstran]. Kami juga tidak ingin masyarakat bingung membedakan antara kebaikan hati dan kelemahan,” imbuhnya.

Houston adalah kota paling padat di negara bagian Texas, dan keempat di Amerika.

Lebih jauh Acevedo meminta Trump untuk menunjukkan jiwa pemimpin yang sebenarnya.

“Kami butuh seorang pemimpin pada saat ini, lebih dari sebelumnya. Kami memilih atau tidak memilih, Anda tetap presiden kami dan sekarang waktunya bersikap seperti seorang presiden,” kata Acevedo.

“Ini bukan Hollywood, ini kehidupan nyata,” sindirnya.

Baca juga: Trump Sebut Sebagian Besar Gubernur Lemah

Sebelumnya, Gubernur Illinois J.B. Pritzker juga mengecam Trump secara langsung dalam percakapan telepon mereka berdua.

"Retorika yang keluar dari Gedung Putih hanya membuat situasi tambah buruk, rakyat sedang benar-benar mengalami kepedihan saat ini," kata Pritzker, seorang politisi Partai Demokrat, kepada Presiden.

"Kami butuh kepemimpinan nasional yang menyuarakan kesejukan dan keprihatinan yang berdasar dari para demonstran," ujarnya.

"Saya juga tidak terlalu suka retorika Anda," balas Trump. "Anda tidak bagus dalam menangani virus corona."



Sumber: CNN