Brasil Hapus Data Perkembangan Covid-19

Brasil Hapus Data Perkembangan Covid-19
Petugas kesehatan dan pasien tetap berada di Unit Perawatan Intensif Covid-19 dari Rumah Sakit Gilberto Novaes di Manaus, Brasil, Rabu (20/5). (Foto: AFP / MICHAEL DANTAS )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Minggu, 7 Juni 2020 | 09:37 WIB

Sao Paulo, Beritasatu.com - Brasil menghapus data perkembangan Covid-19 di situs resmi pemerintah mulai Sabtu (6/6/2020).

Sebagian besar data yang dikumpulkan selama berbulan-bulan dari berbagai daerah berhenti ditampilkan di situs resmi Kementerian Kesehatan. Kementerian juga berhenti mengumumkan jumlah kasus positif Covid-19. Data terakhir menunjukkan lebih dari 672.000 kasus positif Covid-19 di Brasil (nomor dua setelah AS) dan jumlah korban mencapai 36.000, melewati Italia.

Baca juga: Ikuti Jejak Trump, Brasil Ancam Keluar dari WHO

"Data kumulatif...tidak merefleksikan kondisi saat ini. Berbagai tindakan tengah dilakukan untuk memperbaiki pelaporan kasus baru dan konfirmasi atas diagnosis," kata Presiden Brasil Jair Bolsonoar lewat akun Twitternya.

Bolsonaro dan Kementerian Kesehatan tidak memberikan penjelasan kenapa sebagian besar data di covid.saude.gov.br dihapus. Padahal, data resmi itu menjadi sumber informasi penting dalam melacak perkembangan pandemi. Situs kini hanya menampilkan jumlah korban, kasus dan pemulihan dalam 24 jam terakhir.

Sebelumnya, Bolsonaro pada Jumat (5/6/2020) mengancam keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) diperingatkan pemerintahannya soal risiko pelonggaran lockdown sebelum kasus Covid-19 melambat. Bolsonaro ingin melonggarkan lockdown supaya roda perekonomian bisa terus berjalan.



Sumber: Reuters