Putin: Rusia Mampu Menangkal Senjata Hipersonik

Putin: Rusia Mampu Menangkal Senjata Hipersonik
Presiden Rusia Vladimir Putin membuka sesi pleno Forum Ekonomi Timur di pelabuhan Vladivostok, Rusia timur laut, Kamis (5/9/2019). (Foto: AFP / Alexander NEMENOV)
Feriawan Hidayat / FER Minggu, 14 Juni 2020 | 22:14 WIB

Moskow, Beritasatu - Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan, Rusia memiliki kemampuan untuk menangkal senjata hipersonik yang dikembangkan oleh negara-negara lain.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Rusia Tembus Setengah Juta Orang

Putin mengingatkan, Moskow berada jauh di depan Amerika Serikat (AS) dalam pengembangan jenis senjata baru, termasuk senjata hipersonik.

"Sangat mungkin kita memiliki sarana untuk menangkal senjata hipersonik pada saat negara-negara terkemuka di dunia memiliki senjata seperti itu," kata Putin seperti dilansir Beritasatu.com dari laman Reuters, Minggu (14/6/2020).

Seperti diketahui, Rusia saat ini merupakan satu-satunya negara di dunia yang memiliki senjata hipersonik.

Baca Juga: AS Cegat Bomber dan Pesawat Tempur Rusia di Alaska

Kesuksesan uji coba rudal Avangard pada awal tahun ini, menjadi bukti akan kehebatan Rusia dalam pengembangan senjata hipersonik.

Rudal hipersonik Avangard diketahui memiliki kemampuan untuk mengarahkan jalur yang tidak terduga dan bermanuver dengan tajam saat mendekati sasaran.

Jenis senjata ini, juga mengikuti lintasan yang jauh lebih datar dan lebih rendah dari rudal balistik. Adapun soal kecepatan hipersonik, disebutkan lebih dari lima kali kecepatan suara.



Sumber: BeritaSatu.com