WHO: 220 Bakal Vaksin Covid-19 Sedang Dikembangkan di Dunia

WHO: 220 Bakal Vaksin Covid-19 Sedang Dikembangkan di Dunia
Sekretaris Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: afp / afp)
Natasia Christy Wahyuni / JAI Sabtu, 27 Juni 2020 | 08:50 WIB

Brussels, Beritasatu.com - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyatakan ada 220 bakal vaksin virus ccorona (C0vid-19) yang sedang dikembangkan di seluruh dunia. 

"Dari jumlah tersebut, WHO memiliki lebih dari 100 kandidat vaksin Covid-19 dan salah satu diantaranya dalam tahap pengembangan lanjutan," kata Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam konferensi video dengan para deputi dari komite kesehatan Parlemen Eropa), di Brussels, Belgia, Jumat (26/6/2020).

Menurut Tedros Adhanom Ghebreyesus, dari 100 kandidat vaksin Covid-19, terdapat 13 sampel yang sudah memasuki tahap uji klinis, yaitu lima di Tiongkok, tiga di Amerika Serikat (AS), dan dua di Inggris, dan masing-masing satu di Australia, Jerman, dan Rusia.

Ke-13 kandidat vaksin yang sudah memasuki tahap uji klinis antara lain yang dikembangkan Institut Jenner, yang saat ini diproduksi di AS. Namun proses produksi diperkirakan akan dialihkan ke Inggris pada musim gugur, karena Institut Jenner bekerja sama dengan Universitas Oxford.

Meskipun banyak kandidat vaksin Covid-19 yang sudah dikembangkan, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, belum ada kepastian bahwa para ilmuwan mampu menciptakan vaksin yang efektif melawan virus corona.

"Kemungkinan membutuhkan waktu satu tahun sebelum (vaksin yang efektif, Red) berhasil ditemukan. Jika vaksin (Covid-19, Red) semacam itu menjadi kenyataan maka harus menjadi barang publik yang tersedia untuk semua," ujar Tedros Adhanom Ghebreyesus. 



Sumber: Suara Pembaruan