Remehkan Covid-19, Presiden Brasil Dinyatakan Positif

Remehkan Covid-19, Presiden Brasil Dinyatakan Positif
Presiden Brasil Jair Bolsonaro. (Foto: AFP)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Rabu, 8 Juli 2020 | 06:26 WIB

Brasilia, Beritasatu.com - Presiden Brasil Jair Bolsonaro dinyatakan positif Covid-19 pada hari Selasa (7/7/2020) waktu setempat. Bolsonaro mengumumkan kepada media bahwa dirinya mulai merasa sakit sejak Minggu.

Presiden Bolsonaro juga mengonsumsi obat hidroksiklorokuin (obat untuk malaria yang sempat dikonsumsi rutin oleh Presiden AS Donald Trump untuk mencegah Covid-19) dan azithromycin. Keduanya belum terbukti sebagai pengobatan yang efektif terhadap Covid-19.

Baca juga: Presidennya Remehkan Corona, Ratusan Ribu Rakyat Jadi Korban

Brasil adalah salah satu negara paling parah terdampak Covid-19 dengan 1,6 juta kasus dan 65.000 korban jiwa. Namun, pemimpin berusia 65 tahun itu meremehkan ancaman Covid-19 sejak virus itu mewabah berbulan-bulan yang lalu. Bolsonaro menganggap Covid-19 hanya "flu ringan" dan dirinya imun terhadap gejala virus itu karena dia adalah mantan atlet.

Pada hari Sabtu, Bolsonaro berfoto bersama dengan Todd Chapman, Dubes AS untuk Brasil, dan beberapa orang lainnya di Kedubes AS di Brasilia. Menlu Brasil Ernesto Araujo mengunggah foto itu ke media sosial dan tampak mereka tidak menggunakan masker. Keesokan harinya, Bolsonaro mengalami demam hingga 38 derajat Celsius.

Baca juga: Belum Sebulan, Menkes Brasil Mengundurkan Diri



Sumber: CNBC.com