Ini Wasiat Terakhir Wali Kota Seoul

Ini Wasiat Terakhir Wali Kota Seoul
Wali Kota Seoul Park Won-soon. (Foto: AFP)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Sabtu, 11 Juli 2020 | 10:39 WIB

Seoul, Beritasatu.com - Wali Kota Seoul Park Won-soon (64) ditemukan meninggal Jumat dini hari (10/7/2020) setelah dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap bawahannya.

Putrinya menelepon polisi Kamis sore dan mengatakan beberapa jam sebelumnya ayahnya memberi nasihat mirip “wasiat” sebelum pergi.

CGTN melaporkan kata-kata wasiat itu adalah "Maaf untuk semua orang".

Penyebab kematian Park Won-soon masih diinvestigasi tetapi kantor berita Yonhap melaporkan bahwa polisi tidak menemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh Park, sehingga diduga dia melakukan bunuh diri.

Televisi setempat, SBS, memberitakan bahwa salah satu sekretaris Park pada Rabu malam melaporkannya ke polisi atas tuduhan pelecehan seksual yang berlangsung sejak 2017.

Pelapor juga menyebut ada sejumlah pegawai perempuan lain yang menjadi korban pelecehan di Balai Kota, menurut berita tersebut.

Park dikenal sebagai pegiat dan pengacara HAM sebelum terpilih wali kota pada 2011. Dia adalah wali kota Seoul pertama yang terpilih hingga tiga periode.

Park juga disebut-sebut sebagai kandidat kuat menggantikan Presiden Moon Jae-in pada pemilihan 2022 nanti.

Sebagai seorang pengacara, dia dihormati karena bisa memenangkan perkara pelecehan seksual, yang pertama dalam sejarah pengadilan Korea Selatan.



Sumber: CGTN