Italia: “Badai Telah Berlalu!”

Italia: “Badai Telah Berlalu!”
Tim akrobatik Angkatan Udara Italia, Frecce Tricolori (Panah Tiga Warna), beraksi di atas monumen Altare della Patria di Roma, 2 Juni 2020, ketika pembatasan sosial akibat wabah Covid-19 mulai dicabut. (Foto: AFP)
Heru Andriyanto / HA Rabu, 22 Juli 2020 | 02:15 WIB

Beritasatu.com - Italia mengklaim telah menuai hasil dari kerja keras dan rasa sakit mereka dalam menangani wabah Covid-19 dan -- meskipun masih ada yang harus dintuntaskan -- "badai krisis sudah dilewati”.

"Menurut pendapat saya, Italia sudah berhasil mengatasinya. Yang saya maksud bukan hanya pemerintah, tetapi bangsa ini secara keseluruhan,” kata Menteri Kesehatan Roberto Speranza. Selasa (21/7/2020) waktu setempat.

"Kami sudah lolos dari badai ini, meskipun mungkin kami belum di tempat yang aman,” imbuhnya.

Menurut data terakhir dari Badan Perlindungan Sipil Italia, dalam 24 jam terakhir terdapat 128 kasus baru dan 15 korban jiwa, turun jauh dibandingkan era puncak ketika ribuan kasus baru terdeteksi dan ratusan pasien meninggal setiap harinya.

“Kami yang pertama dihantam di dunia ini setelah Tiongkok. Kami tidak punya buku manual sehingga kami harus pelajari sendiri virus ini,” kata Speranza.

"Situasi internasional mengkhawatirkan sementara kami pernah berada di momen terburuk di dunia dalam epidemik ini," imbuhnya.

Speranza menegaskan bahwa krisis global ini baru akan benar-benar usai setelah vaksin yang efektif ditemukan.



Sumber: CNN