Menhan Pantai Gading Diangkat Jadi PM

Menhan Pantai Gading Diangkat Jadi PM
Hamed Bakayoko (Foto: AFP / Dokumentasi)
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 31 Juli 2020 | 08:16 WIB

Yamoussoukro, Beritasatu.com- Menteri Pertahanan Pantai Gading, Hamed Bakayoko akhirnya ditunjuk sebagai perdana menteri.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Kamis (30/7), Bakayoko memang sudah dinobatkan sebagai penjabat perdana menteri setelah  sejak kematian mendadak Amadou Gon Coulibaly pada 8 Juli lalu.

Dianggap sebagai rekanan dekat Presiden Alassane Ouattara dan pilar rezim, Bakayoko telah memiliki portofolio di bidang pertahanan sejak 2017, setelah menjabat sebagai menteri dalam negeri dari 2011.

Pria berusia 55 tahun itu juga pernah menjadi wali kota Abobo, salah satu distrik terpadat di negara Afrika Barat itu, sejak 2018.

"Presiden Republik telah menandatangani satu dekrit yang mengangkat Hamed Bakayoko sebagai perdana menteri," menurut pernyataan kepresidenan pada Kamis (30/7) dan untuk sementara dia akan mempertahankan peran menteri pertahanan.

Nama Bakayoko telah beredar sebagai calon kuat presiden sebelum Coulibaly dicalonkan pada bulan Maret sebagai kandidat partai yang memerintah untuk pemilihan presiden yang akan digelar pada Oktober.

 



Sumber: Suara Pembaruan