Istri Konjen AS di Chengdu Dikritik Warganet

Istri Konjen AS di Chengdu Dikritik Warganet
Chuang Tzu-I, istri Konsul Jenderal AS di Chengdu Jim Mullinax, telah terperangkap pro-kontra di tengah meningkatnya ketegangan diplomatik antara Beijing dan Washington. Penulis kuliner asal Taiwan ini, terlihat bersama suaminya dalam gambar di atas di akun Facebook-nya. (Foto: Chuang Tzu-I/Facebook / istimewa)
Yuliantino Situmorang / YS Sabtu, 1 Agustus 2020 | 09:47 WIB

Chengdu, Beritasatu.com - Istri Konsul Jenderal AS di Chengdu, Chuang Tzu-I, menghadapi kritikan pedas dari warganet di Tiongkok gara-gara pernyataannya di media sosial ketika harus meninggalkan kota itu awal tahun ini. Tzu-I mengibaratkan, kepergiannya dari Chengdu, Tiongkok, seperti orang-orang Yahudi yang melarikan diri dari Nazi selama Perang Dunia II.

Beijing menutup kantor konsulat di Chengdu sebagai balasan atas langkah Donald Trump yang menutup konsulat Tiongkok di Houston di tengah isu spionase.

Namun, Tzu-I, warga Taiwan yang menjadi istri Konsul Jenderal Jim Mullinax itu, harus meninggalkan Chengdu pada Februari lalu bersama dua anaknya karena adanya pandemi virus corona.

Pernyataan Tzu-I diungkap di media sosial pada 1 Juli. Penulis kuliner ini menumpahkan kesedihannya saat meninggalkan kota itu secara paksa, sehingga memancing kemarahan warganet akhir pekan lalu.

Tzu-I ikut bersama suaminya ke ibu kota provinsi di Tiongkok itu setelah Jim Mullinax diangkat sebagai Konjen AS di Chengdu pada Agustus 2017.

Dalam kicauan kontroversial di Weibo, Tzu-I, yang saat itu sedang berada di AS, memaparkan ikatannya yang mendalam terhadap Chengdu, tempat ia tinggal selama lebih dari dua tahun.

Seorang warganet menyebut Tzu-I “munafik dan egois.” Ia mengatakan, “Bisakah kamu berpura-pura lebih munafik lagi? Tanyakan apa yang dilakukan AS lebih dulu.” Komentar lainnya menyebutkan, “Anda bukan Yahudi, dan Tiongkok bukan Nazi.”



Sumber: Dailymail