CDC dan Pentagon yang Berwenang Mendistribusi Vaksin di AS

CDC dan Pentagon yang Berwenang Mendistribusi Vaksin di AS
Dokter anak Brasil, Monica Levi, salah satu sukarelawan yang menerima vaksin Covid-19, bekerja di Klinik Khusus Penyakit Menular dan Parasit dan Imunisasi (CEDIPI), di Sao Paulo, Brasil, Kamis (24/7/2020). (Foto: AFP / Nelson Almeida)
Unggul Wirawan / YS Sabtu, 1 Agustus 2020 | 09:54 WIB

Washington, Beritasatu.com - Distribusi vaksin virus corona secara nasional di Amerika Serikat (AS) akan menjadi wewenang bersama antara Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), yang biasanya mengawasi alokasi vaksin, dan Departemen Pertahanan.

Seorang pejabat senior mengatakan Departemen Pertahanan AS sedang menangani semua logistik untuk mendapatkan vaksin ke tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dalam kondisi yang tepat.

“CDC akan tetap bertugas melacak pihak mana pun, efek yang muncul pasca-vaksinasi dan beberapa komunikasi melalui hubungan negara [dan] organisasi kesehatan masyarakat,” tambahnya, Kamis (30/7/2020) waktu setempat.

Rencana itu berakhir dengan preseden lama bahwa CDC mendistribusikan vaksin selama wabah besar - seperti musim flu yang buruk - melalui sistem pemesanan terpusat untuk pejabat kesehatan negara bagian dan lokal.

“Kami yakin benar-benar dapat menggabungkan yang terbaik dari keduanya,” kata pejabat itu.



Sumber: Politico