Borong Senjata AS, Taiwan Bantah Saingi Tiongkok
Logo BeritaSatu

Borong Senjata AS, Taiwan Bantah Saingi Tiongkok

Jumat, 23 Oktober 2020 | 08:18 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Taipei, Beritasatu.com- Taiwan menyatakan tidak ingin terlibat dalam perlombaan senjata dengan Tiongkok. Tetapi Taiwan membutuhkan kemampuan tempur yang kredibel, Hal itu dikatakan Menteri Pertahanan Yen De-fa pada Kamis (22/10), setelah Amerika Serikat (AS) menyetujui rencana penjualan senjata senilai US$ 1,8 miliar (Rp 26,3 triliun).

Beijing telah menerapkan tekanan yang meningkat pada Taiwan yang diperintah secara demokratis untuk menerima kedaulatan Tiongkok, termasuk dengan menerbangkan jet tempur melintasi garis tengah Selat Taiwan yang sensitif.

Beijing telah mendesak Washington untuk membatalkan penjualan yang direncanakan dan memperingatkan bahwa Tiongkok akan "membuat tanggapan yang sah dan perlu sesuai dengan bagaimana situasi berkembang.

Pembelian merupakan paket senjata termasuk sensor, rudal dan artileri. Pemberitahuan kongres lebih lanjut diharapkan untuk drone yang dibuat oleh General Atomics dan rudal anti-kapal Harpoon berbasis darat, yang dibuat oleh Boeing Co. Senjata ini berfungsi sebagai rudal jelajah pertahanan pantai.

Di antara sistem persenjataan lain, pemberitahuan resmi Rabu kepada Kongres oleh Departemen Luar Negeri AS adalah 11 peluncur roket berbasis truk yang dibuat oleh Lockheed Martin Corp yang disebut Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS), dengan perkiraan biaya US$ 436,1 juta (Rp 6,38 triliun).

Berbicara kepada wartawan, Yen berterima kasih kepada AS. Dia mengatakan penjualan itu untuk membantu Taiwan meningkatkan kemampuan pertahanan dalam menghadapi "ancaman musuh dan situasi baru".

“Peningkatan ini termasuk kemampuan tempur yang kredibel dan kemampuan peperangan asimetris untuk memperkuat tekad kami untuk mempertahankan diri. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya AS terhadap keamanan di Indo Pasifik dan Selat Taiwan. Kami akan terus mengonsolidasikan kemitraan keamanan kami dengan Amerika Serikat,” tambahnya.



Sumber: Suara Pembaruan

TAG: 


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Sebagai Moderator Debat Capres AS, Kristen Welker Punya Tugas Sulit

Jurnalis NBC News Kristen Welker memiliki tugas yang sulit untuk memoderasi debat TV terakhir antara Donald Trump dan Joe Biden.

DUNIA | 23 Oktober 2020

Anggota Komisi Debat Tegur Trump

Anggota Komisi Debat Presiden Amerika Serikat (AS) menegur Presiden Donald Trump, yang menuding debat final pada Kamis (22/10) malam telah “sangat diatur”.

DUNIA | 23 Oktober 2020

BPOM AS Setujui Remdesivir Sebagai Obat Virus Corona

Obat tersebut hanya boleh diberikan di rumah sakit melalui infus.

DUNIA | 23 Oktober 2020

Sudah Negatif Covid, Trump Siap Debat

Melania juga sudah sembuh dan menemani Trump ke lokasi debat.

DUNIA | 23 Oktober 2020

Para Kepala Negara ini Punya Pertaruhan Besar dalam Pilpres AS

Xi Jinping misalnya, kalau Trump menang sengketa dagang dan pertikaian diplomatik sengit akan terus berlanjut.

DUNIA | 23 Oktober 2020

Pukulan Terakhir Trump dan Biden

Dalam debat hari ini di Belmont University, Nashville, Tennessee, panitia akan mematikan mikrofon kandidat yang tidak mendapat giliran bicara.

DUNIA | 23 Oktober 2020

Fakta Seputar Debat Final Presiden AS

Debat final presiden Amerika Serikat (AS) akan digelar Kamis (22/10/2020) di Universitas Belmont di Nashville, Tennessee.

DUNIA | 22 Oktober 2020

Menlu AS Mike Pompeo Akan Hadiri Forum Pemuda Ansor

Pompeo dijadwalkan akan melakukan sejumlah acara termasuk menghadiri forum Gerakan Pemuda Ansor mengenai dialog agama dan peradaban.

DUNIA | 22 Oktober 2020

Menkes Jerman Positif Covid-19

Namun, hingga saat ini tidak ada anggota kabinet Kanselir Angela Merkel lainnya yang akan diisolasi untuk menghindari penyebaran virus.

DUNIA | 22 Oktober 2020

Infeksi Covid-19 India Mencapai 7,7 Juta Kasus

Pandemi Covid-19 terus menyebar di India dengan total mencapai 7.708.947 kasus per Kamis (22/10/2020) sore.

DUNIA | 22 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS