Logo BeritaSatu

Tim Kampanye Trump Terus Desak Gugatan Pilpres AS

Jumat, 13 November 2020 | 07:55 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / WIR

Washington, Beritasatu.com- Kampanye Presiden AS Donald Trump, Rabu (11/11), terus mendesak upaya hukum lanjutan untuk membalik kemenangan Joe Biden di sejumlah negara bagian.

Tim Trump mengajukan gugatan kepada pengadilan federal untuk menghalangi pengesahan hasil penghitungan di Michigan, sebagai negara bagian penentu di Midwest yang dimenangkan Trump pada 2016 tapi berbalik memenangkan Biden pada 2020.

Trump kalah 148.000 suara di Michigan (2,6%) dalam penghitungan suara tidak resmi berdasarkan Edison Research. Gugatan tim Trump menuduh pelanggaran pemungutan suara dengan fokus di kubu Demokrat, Wayne County, yang mencakup Detroit.

Juru bicara untuk Departemen Luar Negeri Michigan, Jake Rollow, mengatakan kampanye Trump mempromosikan klam palsu untuk mengikis kepercayaan publik kepada pemilu.

“Itu tidak mengubah kebenaran, pemilu Michigan dilakukan secara adil, aman, transparan, dan hasilnya merupakan cerminan akurat dari kehendak rakyat,” kata Rollow dalam pernyataannya, Rabu.

Sementara itu, otoritas negara bagian Georgia telah menyatakan akan melakukan penghitungan kembali suara secara manual (hand recount). Menteri Luar Negeri Georgia, Brad Raffensperger, seorang Republik, mengatakan akan menghitung kembali hasil pemilu presiden di masing-masing daerah (county) secara manual karena selisih yang ketat.

Pada Rabu, Biden memimpin 14.101 suara atau kurang dari 0,3% dari hampir 5 juta suara di Georgia, meskipun mantan wakil presiden itu sudah diumumkan sebagai pemenang pemilu sejak Sabtu (7/11) karena selisih suara elektoralnya sudah terlalu jauh untuk dikejar Trump. Pemilihan di Georgia belum dapat disimpulkan karena selisih kemenangan yang tipis, tapi Biden tampaknya tetap merebut 16 suara elektoral di sana.

“Anda benar-benar harus sepenuhnya melakukan penghitungan ulang secara manual karena selisihnya sangat dekat. Kita ingin memulainya sebelum minggu ini berakhir,” kata Raffensperger.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, DPR: Aparat Harus Tahu Larangan Penggunaan Gas Air Mata

Pengunaan gas air mata menjadi salah satu hal yang disorot publik dalam tragedi Kanjuruhan, usai pertandingan Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

DPR: Tragedi Kanjuruhan Akan Sangat Berpengaruh terhadap Olahraga Nasional

Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian menyampaikan keprihatinannya atas tragedi Kanjuruhan, usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, GMPI Jawa Timur: "Aremania vs Gas Air Mata"

Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) Jawa Timur (Jatim) menyayangkan terjadinya tragedi Kanjuruhan, usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Komnas HAM Kirim Tim Usut Tragedi Kanjuruhan yang Tewaskan 174 Orang

Komnas HAM turunkan tim penyelidikan terkait tragedi Kanjuruhan di Stadion Kanjuruhan, Malang yang dilaporkan telah tewaskan 174 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Komnas HAM Minta Polisi Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta jajaran kepolisian untuk mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Nilai Sepak Bola Kerap Pancing Suporter Emosi

Mahfud MD menyampaikan penyesalan pemerintah atas terjadinya tragedi Kanjuruhan usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Ahmad Sahroni Kecam Penggunaan Gas Air Mata di Stadion Kanjuruhan

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengecam pengunaan gas air mata dalam kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

NEWS | 2 Oktober 2022

Komnas HAM Kantongi Berbagai Video Terkait Kerusuhan Kanjuruhan

Komnas HAM mengantongi berbagai video terkait kerusuhan Kanjuruhan seusai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya di Malang.

NEWS | 2 Oktober 2022

174 Tewas di Tragedi Kanjuruhan, Salah Satu Bencana Stadion Terburuk di Dunia

174 orang tewas terinjak-injak pada pertandingan sepak bola Indonesia yang dikenal dengan tragedi Kanjuruhan dan menjadi salah satu bencana stadion terburuk di dunia.

NEWS | 2 Oktober 2022

Segera ke Malang, Mantan CEO Arema: Saya Ingin Bersama Aremania

Mantan CEO Arema, Agoes Soerjanto segera bergegas ke Malang, karena ingin bersama-sama dengan Aremania, usai tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolri dan Menpora Datangi Stadion Kanjuruhan

Kapolri dan Menpora Datangi Stadion Kanjuruhan

BOLA | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings