Afsel Tangguhkan Peluncuran Vaksin Covid Oxford-Astrazeneca
Logo BeritaSatu

Afsel Tangguhkan Peluncuran Vaksin Covid Oxford-Astrazeneca

Senin, 8 Februari 2021 | 08:55 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Cape Town, Beritasatu.com- Afrika Selatan (Afsel) menangguhkan peluncuran vaksin Covid-19 buatan Oxford / AstraZeneca. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Minggu (7/2), penangguhan itu diumumkan Menteri Kesehatan Zweli Mkhize.

Penangguhan dilakukan setelah data uji coba menunjukkan vaksin menawarkan perlindungan terbatas terhadap penyakit ringan dan sedang yang disebabkan oleh varian virus corona 501Y.V2.

University of Witwatersrand di Johannesburg, yang melakukan uji coba vaksin Oxford / Astrazeneca, menyatakan pada Minggu bahwa vaksin "memberikan perlindungan minimal terhadap infeksi Covid-19 ringan-sedang" dari varian tersebut, yang dominan di Afrika Selatan.

Tetapi dalam makalah lengkap yang diterbitkan pada Senin (8/2), Astrazeneca menyatakan tidak ada dari 2.000 peserta yang berusia hampir 31 tahun yang mengalami gejala serius.

Temuan tersebut bisa berarti penyakit itu masih akan berdampak pada penyakit parah, meski belum ada cukup data untuk membuat penilaian yang pasti.

Dikatakan, data, yang tampaknya mengonfirmasi pengamatan teoritis bahwa mutasi pada virus yang terlihat di Afrika Selatan akan memungkinkan penularan virus. Mutasi dikhawatirkan berlangsung dalam populasi yang divaksinasi.

"Perlindungan terhadap penyakit sedang-berat, rawat inap, atau kematian tidak dapat dinilai dalam penelitian ini karena populasi target berisiko rendah,” katanya.

Seorang juru bicara AstraZeneca juga mengatakan perusahaan telah mulai mengadaptasi vaksinnya terhadap varian tersebut dan "akan berkembang pesat melalui pengembangan klinis sehingga siap untuk pengiriman musim gugur jika diperlukan".



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Tiongkok Sumbang Vaksin Covid-19 Sinopharm ke Laos

Sejumlah vaksin Covid-19 Sinopharm sumbangan Tiongkok tiba di ibu kota Laos, Vientiane pada Senin (8/2) pagi.

DUNIA | 8 Februari 2021

Studi: Vaksin Astrazeneca Kurang Efektif untuk Varian Covid-19 Afsel

Produsen obat Inggris AstraZeneca menyatakan pada Sabtu (6/2), bahwa vaksinnya kurang efektif pada varian baru Covid-19 Afrika Selatan (Afsel).

DUNIA | 8 Februari 2021

Sumbangan Vaksin Covid-19 Tiongkok Tiba di Kamboja

Sejumlah 600.000 dosis pertama vaksin virus corona yang disumbangkan oleh Tiongkok ke Kamboja tiba di Phnom Penh pada Minggu (7/2) dengan pesawat khusus.

DUNIA | 8 Februari 2021

Jaringan Data Myanmar Pulih

Telenor Myanmar telah memulihkan jaringan data secara nasional, mengikuti instruksi dari Kementerian Perdagangan.

DUNIA | 8 Februari 2021

Khamenei: Iran Berhenti Kembangkan Nuklir Jika AS Cabut Sanksi

Ali Khamenei mengatakan AS harus mencabut seluruh sanksi jika Washington ingin Teheran menghentikan program pengembangan nuklirnya.

DUNIA | 7 Februari 2021

Iran Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19 Domestik yang Kedua

Iran akan memulai uji coba pada manusia pada vaksin Covid-19 domestik yang kedua. Vaksin yang disebut Razi COV-Pars ini diluncurkan pada Minggu (7/2)

DUNIA | 7 Februari 2021

Gletser Hantam Bendungan di India, Puluhan Orang Diduga Tewas

Puluhan orang hilang dan dikhawatirkan tewas setelah gletser menabrak bendungan dan memicu banjir besar di India utara, Minggu (7/2)

DUNIA | 7 Februari 2021

Ini Dia! Bunglon Terkecil di Dunia

Satu spesies bunglon mungil yang ditemukan di Madagaskar kini diyakini sebagai reptil terkecil

DUNIA | 7 Februari 2021

Junta Militer Myanmar Juga Blokir Twitter dan Instagram

Penguasa militer Myanmar memerintahkan pemblokiran di Twitter, dan Instagram 'sampai pemberitahuan lebih lanjut pada Jumat (5/2).

DUNIA | 7 Februari 2021

Jil Biden Tampilkan Citra Ibu Negara AS yang Bersahaja

Sebagai Ibu Negara AS yang baru, penampilan Jill Biden tentu menuai sorotan luas. Namun jika dibanding Melania Trump, sosok Jill sangat berbeda jauh.

DUNIA | 7 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS