Kunjungi Thailand, Menlu Konsultasikan Situasi Myanmar
Logo BeritaSatu

Kunjungi Thailand, Menlu Konsultasikan Situasi Myanmar

Rabu, 24 Februari 2021 | 23:01 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan kunjungan singkat ke Bangkok, Thailand, sebagai bagian dari shuttle diplomacy untuk membantu penyelesaian situasi di Myanmar. Retno melakukan pertemuan dengan Menlu Thailand Don Pramudwinai terkait sejumlah isu termasuk persiapan pertemuan khusus ASEAN terkait Myanmar.

“Thailand memiliki posisi yang khusus karena berbatasan darat sepanjang 2.400 kilometer dengan Myanmar dan sekitar 2 juta orang Myanmar tinggal di Thailand,” kata Retno dalam pengarahan pers secara virtual, setibanya di Jakarta, Rabu (24/2/2021) malam.

Retno mengaku menyampaikan posisi Indonesia yang konsisten terkait situasi di Myanmar. Indonesia, ujar Menlu, mengutamakan keselamatan dan kesejahteraan rakyat Myanmar, pemulihan transisi demokrasi yang inklusif, dan pentingnya penghormatan terhadap Piagam ASEAN.

“Kami juga membahas rencana penyelenggaraan pertemuan ASEAN. Thailand sudah menyampaikan persetujuannya,” kata Retno.

Retno mengatakan Indonesia adalah negara pertama yang melakukan shuttle diplomacy untuk masalah Myanmar. Istilah itu merujuk kepada negosiasi oleh seorang mediator yang berkunjung kepada dua atau lebih pihak-pihak yang menolak melakukan diskusi secara langsung.

“Ini merupakan bagian shuttle diplomacy Indonesia untuk membahas dan mencoba berkontribusi guna mencari penyelesaian terbaik bagi situasi di Myanmar saat ini,” ujarnya.

Menlu mengatakan dirinya sudah berbicara, berkomunikasi, dan berkonsultasi dengan mitranya sesama menlu di ASEAN. Pekan lalu, dia juga mengunjungi Brunei Darussalam selaku ketua ASEAN dan Singapura. Dia menyebut Indonesia sebelumnya juga sudah membahas panjang lebar isu Myanmar dengan Malaysia selama kunjungan Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin ke Jakarta pada awal Februari lalu.

Selain kunjungan ke Brunei, Singapura, dan Thailand, Retno mengatakan dirinya juga melakukan komunikasi intensif dengan menlu Vietnam, Laos, dan Kamboja. Selain itu, dia juga berbicara dengan utusan khusus sekjen Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

“Pagi ini saya berbicara dengan acting assistant under secretary Amerika Serikat dan besok rencananya akan kembali berkomunikasi dengan Menlu Inggris dan Sekjen PBB, serta mantan PM Australia yang sekarang menjadi ketua Global Leadership Forum dan Asia Society,” kata Retno.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Otoritas Pakistan Sita Narkoba 700 Kg

Pihak berwenang Pakistan menyita narkotika seberat hampir 700 kg di provinsi Balochistan, sebelah barat daya negara itu pada Rabu (24/2).

DUNIA | 24 Februari 2021

Vaksin Pertama Covax Dikirim ke Ghana

Ghana menjadi negara pertama yang menerima vaksin virus corona baru atau Covid-19 melalui inisiatif berbagi vaksin Covax

DUNIA | 24 Februari 2021

Mongolia Terima Sumbangan Vaksin Covid-19 dari Tiongkok

Mongolia menerima 300.000 dosis vaksin Covid-19 buatan Sinopharm yang disumbangkan oleh Tiongkok pada Senin (22/2) malam.

DUNIA | 24 Februari 2021

Menlu Tegur Mentalitas “My Country First” dalam Diplomasi Vaksin

Menlu menegur mentalitas yang semakin berkembang saat ini untuk mendahulukan negaranya atau nasionalisme vaksin Covid-19.

DUNIA | 24 Februari 2021

Filipina Klaim Vaksin Sinovac Tidak Cocok untuk Petugas Medis

Otoritas Filipina menyatakan CoronaVac buatan Sinovac Biotech tidak cocok untuk petugas medis.

DUNIA | 24 Februari 2021

Merkel: Jerman dalam Gelombang Ketiga Pandemi Covid-19

Jerman berada dalam gelombang ketiga pandemi Covid-19. Hal itu dikatakan Kanselir Angela Merkel kepada anggota parlemen di partai konservatifnya

DUNIA | 24 Februari 2021

Kerusuhan di Tiga Penjara Ekuador, Lebih 75 Orang Tewas

Penjara di Ekuador dalam keadaan siaga tinggi setelah 75 orang tewas dan puluhan orang lainnya terluka dalam kerusuhan di tiga penjara.

DUNIA | 24 Februari 2021

PM Inggris Janjikan Pembatasan Covid-19 Berakhir pada 21 Juni

Perdana Menteri Boris Johnson menjanjikan semua pembatasan Covid-19 di Inggris dapat berakhir pada 21 Juni mendatang.

DUNIA | 24 Februari 2021

Hindari Kekerasan, 7.000 Warga Etiopia Mengungsi ke Sudan

Setidaknya 7.000 warga Etiopia telah mencari suaka di negara tetangga Sudan. Ribuan orang itu melarikan diri dari kekerasan di wilayah Etiopia barat

DUNIA | 24 Februari 2021

Menhan Australia Alami Serangan Jantung

Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds dirawat di rumah sakit dengan kondisi gangguan jantung atau kardiovaskular dan mendapat cuti medis pada Rabu (24/2)

DUNIA | 24 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS