Raja Malaysia Izinkan Parlemen Bersidang Saat Kondisi Darurat
Logo BeritaSatu

Raja Malaysia Izinkan Parlemen Bersidang Saat Kondisi Darurat

Rabu, 24 Februari 2021 | 23:23 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kuala Lumpur, Beritasatu.com- Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah mengizinkan parlemen dapat bersidang selama keadaan darurat. Seperti dilaporkan Reuters, Rabu (24/2), keputusan raja menjadi satu langkah yang dapat membuka pintu bagi oposisi untuk meluncurkan mosi tak percaya baru untuk menantang Perdana Menteri Muhyiddin Yassin.

Bulan lalu, raja mengumumkan keadaan darurat nasional yang dapat berlangsung hingga 1 Agustus. Pengumuman berlangsung saat Malaysia berjuang untuk mengendalikan lonjakan kasus virus corona setelah berhasil menahan laju kasus infeksi hampir sepanjang tahun lalu.

Tetapi oposisi menuduh Muhyiddin menggunakan keadaan darurat untuk mempertahankan pembatasan selama perebutan kekuasaan. Hal itu muncul setelah tampaknya Muhyiddin kehilangan dukungan mayoritasnya.

Dalam satu pernyataan, istana nasional menyatakan bahwa raja berpandangan bahwa parlemen dapat bersidang pada tanggal yang dia anggap cocok dan dengan mempertimbangkan nasihat perdana menteri.

Peraturan darurat, yang menggantikan hukum reguler ketika berlaku, mengharuskan parlemen untuk bersidang, diprakarsai atau dibubarkan pada tanggal yang diputuskan oleh raja dan atas saran perdana menteri, kata istana.

"Oleh karena itu, pandangan pihak-pihak tertentu bahwa proklamasi darurat menghentikan pertemuan parlemen tidak akurat," bunyi pernyataan itu.

Jika parlemen diizinkan untuk bersidang, oposisi dapat mencari mosi tak percaya lain. Akhirnya jika Muhyiddin kalah, dia harus mengundurkan diri atau meminta persetujuan raja untuk membubarkan parlemen, dan membuka jalan bagi pemilihan umum.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kunjungi Thailand, Menlu Konsultasikan Situasi Myanmar

Menlu Retno Marsudi melakukan kunjungan singkat ke Bangkok, Thailand, sebagai bagian dari shuttle diplomacy untuk membantu penyelesaian situasi di Myanmar.

DUNIA | 24 Februari 2021

Otoritas Pakistan Sita Narkoba 700 Kg

Pihak berwenang Pakistan menyita narkotika seberat hampir 700 kg di provinsi Balochistan, sebelah barat daya negara itu pada Rabu (24/2).

DUNIA | 24 Februari 2021

Vaksin Pertama Covax Dikirim ke Ghana

Ghana menjadi negara pertama yang menerima vaksin virus corona baru atau Covid-19 melalui inisiatif berbagi vaksin Covax

DUNIA | 24 Februari 2021

Mongolia Terima Sumbangan Vaksin Covid-19 dari Tiongkok

Mongolia menerima 300.000 dosis vaksin Covid-19 buatan Sinopharm yang disumbangkan oleh Tiongkok pada Senin (22/2) malam.

DUNIA | 24 Februari 2021

Menlu Tegur Mentalitas “My Country First” dalam Diplomasi Vaksin

Menlu menegur mentalitas yang semakin berkembang saat ini untuk mendahulukan negaranya atau nasionalisme vaksin Covid-19.

DUNIA | 24 Februari 2021

Filipina Klaim Vaksin Sinovac Tidak Cocok untuk Petugas Medis

Otoritas Filipina menyatakan CoronaVac buatan Sinovac Biotech tidak cocok untuk petugas medis.

DUNIA | 24 Februari 2021

Merkel: Jerman dalam Gelombang Ketiga Pandemi Covid-19

Jerman berada dalam gelombang ketiga pandemi Covid-19. Hal itu dikatakan Kanselir Angela Merkel kepada anggota parlemen di partai konservatifnya

DUNIA | 24 Februari 2021

Kerusuhan di Tiga Penjara Ekuador, Lebih 75 Orang Tewas

Penjara di Ekuador dalam keadaan siaga tinggi setelah 75 orang tewas dan puluhan orang lainnya terluka dalam kerusuhan di tiga penjara.

DUNIA | 24 Februari 2021

PM Inggris Janjikan Pembatasan Covid-19 Berakhir pada 21 Juni

Perdana Menteri Boris Johnson menjanjikan semua pembatasan Covid-19 di Inggris dapat berakhir pada 21 Juni mendatang.

DUNIA | 24 Februari 2021

Hindari Kekerasan, 7.000 Warga Etiopia Mengungsi ke Sudan

Setidaknya 7.000 warga Etiopia telah mencari suaka di negara tetangga Sudan. Ribuan orang itu melarikan diri dari kekerasan di wilayah Etiopia barat

DUNIA | 24 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS