Logo BeritaSatu

Sah, Facebook dan Google Harus Bayar Konten Berita di Australia

Kamis, 25 Februari 2021 | 07:43 WIB
Oleh : Faisal Maliki Baskoro / FMB

Australia, Beritasatu.com - Australia telah mengeluarkan undang-undang baru, Kamis (25/2/2021), yang mewajibkan penyedia platform digital seperi Facebook dan Google untuk membayar media lokal jika ingin menggunakan konten mereka dalam hasil pencarian atau laman berita (news feeds).

Senin lalu (22/2/2021), Facebook telah mengembalikan laman berita Australia di platformnya, padahal sebelumnya, Facebook memblokir konten berita sebagai aksi balasan atas undang-undang media dan platform digital.

"Kami yakin UU ini akan mendukung kepentingan publik yang beragam dan berkelanjutan, dan sektor media di Australia," kata Menteri Komunikasi Paul Fletcher dalam akun Twitternya.

Menteri Keuangan Josh Frydenberg menyebut UU ini akan menyeimbangkan persaingan dan menjamin media Australia dibayar atas konten orisinal mereka.

Pemblokiran konten berita di Australia oleh Facebook telah menimbulkan kekhawatiran penyebaran misinformasi di media sosial semakin marak. Beberapa lembaga pemerintah yang ditugaskan untuk menyampaikan berita darurat terkait Covid-19, kebakaran hutan, banjir, dan petunjuk topan awalnya terdampak pemblokiran. Namun kemudian Facebook mulai kembali menampilkan berita Australia. Namun, Senin lalu, Facebook mengumumkan akan membayar perusahaan media lokal untuk konten yang disediakan.

Facebook telah mencapai kesepakatan membayar konten berita dengan perusahaan media Australia, Seven West. Google sebelumnya juga sudah sepakat membayar konten berita dalam hasil pencarian mereka.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNBC.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PSIS Gelar Perempat Final Piala Presiden di Jatidiri

PSIS Gelar Perempat Final Piala Presiden di Jatidiri

BOLA | 18 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings