Logo BeritaSatu

Raja Zulu Mangkat Akibat Covid-19, Afsel Berkabung

Minggu, 14 Maret 2021 | 16:48 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Cape Town, Beritasatu.com- Goodwill Zwelithini kaBhekuzulu, raja bangsa Zulu di Afrika Selatan, mangkat setelah tertular Covid-19 pada Jumat (12/3). Raja yang mangkat pada usia 72 tahun ini dipuji karena melestarikan budaya tradisional sambil memimpin bangsanya melewati apartheid dan epidemi AIDS.

Zwelithini meninggal dunia di satu rumah sakit di KwaZulu-Natal, tempat dia check in bulan lalu untuk perawatan diabetes. Media Afrika Selatan melaporkan bahwa dia tertular virus corona di sana. Zwelithini lantas dipindahkan ke perawatan intensif.

Advertisement

“Tragisnya, saat masih di rumah sakit, kesehatan Yang Mulia memburuk dan dia meninggal pada dini hari,” kata Pangeran Mangosutho Buthelezi, perdana menteri Zulu dan pendiri Partai Kebebasan Inkatha.

"Atas nama Keluarga Kerajaan, kami berterima kasih kepada bangsa atas doa dan dukungan Anda yang berkelanjutan di masa yang paling sulit ini."

Dilahirkan pada tahun 1948, tahun yang sama dengan sistem pemisahan rasial apartheid didirikan di Afrika Selatan, Zwelithini menjadi raja kedelapan Zulu pada tahun 1971.

Posisi raja adalah jabatan tradisi dan bukan jabatan negara, tetapi ia memiliki pengaruh yang cukup besar mengingat perkiraan 12 juta warga suku keturunan Zulu sama dengan seperlima dari seluruh populasi Afrika Selatan.

Baik Kongres Nasional Afrika yang berkuasa dan oposisi Aliansi Demokratik (AD) memuji almarhum raja. Bahkan DA menyebut Zwelithini sebagai "tokoh yang sangat penting dan berpengaruh di lanskap politik dan budaya Afrika Selatan selama lima dekade terakhir."

“Zwelithini akan dikenang sebagai raja visioner yang sangat dicintai yang memberikan kontribusi penting bagi identitas budaya, persatuan nasional, dan pembangunan ekonomi di KwaZulu-Natal dan melalui hal itu, dia berkontribusi untuk pembangunan negara kita secara keseluruhan,” kata Presiden Cyril Ramaphosa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pendaftaran Ditutup, KPU Tegaskan Parpol Tak Bisa Lengkapi Dokumen Lagi

Pendaftaran Ditutup, KPU Tegaskan Parpol Tak Bisa Lengkapi Dokumen Lagi

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings