Denmark Dorong Kesepakatan untuk Misi Anti-Perompakan Afrika Barat
Logo BeritaSatu

Denmark Dorong Kesepakatan untuk Misi Anti-Perompakan Afrika Barat

Senin, 22 Maret 2021 | 10:09 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kopenhagen, Beritasatu.com- Pemerintah Denmark akan merundingkan perjanjian dengan mitra Afrika Barat untuk misi anti-perompakan kapal pada Minggu (21/3). Seperti dilaporkan Bloomberg, perundingan dilakukan menyusul keputusan pengiriman kapal angkatan laut Denmark ke Teluk Guinea untuk membantu perang melawan pembajakan.

Kementerian pertahanan Denmark di Kopenhagen menyatakan 16 Maret akan mengerahkan kapal fregat untuk berpatroli di perairan internasional di teluk, yang paling berbahaya bagi pelaut di seluruh dunia, selama lima bulan awal mulai November.

Kapal perang tersebut akan memberikan pengawalan untuk pengiriman sipil dan melakukan operasi penyelamatan setelah serangan bajak laut.

“Pemerintah berencana untuk mengajukan usulan keputusan parlemen mengenai sumbangan militer dalam perang melawan pembajakan di Teluk Guinea selama beberapa bulan,” kata seorang juru bicara kementerian pertahanan melalui email.

Kementerian juga akan "berusaha untuk merundingkan kesepakatan yang diperlukan, termasuk kemungkinan pemindahan dan penuntutan para perompak yang ditangkap, dengan pemerintah terkait di kawasan itu.

Teluk, hamparan Samudra Atlantik yang membentang dari Senegal hingga Angola, menyumbang hampir semua penculikan laut dalam beberapa tahun terakhir. Dari 135 awak yang diculik di laut secara global pada tahun 2020, 95% pelaku ditangkap di wilayah tersebut. Menurut Biro Maritim Internasional, sandera biasanya dibawa ke Nigeria, tempat uang tebusan disiapkan.

AP Moller-Maersk A / S yang berbasis di Kopenhagen, perusahaan pelayaran terbesar di dunia, dan kelompok industri telah menyerukan respons internasional yang lebih tegas terhadap pelaku penculikan di teluk.

“Mandat fregat diharapkan mengikuti kerangka hukum Konvensi PBB tentang Hukum Laut untuk penindasan pembajakan,” kata juru bicara kementerian pertahanan.

Perjanjian tersebut mengizinkan kapal militer Denmark untuk melakukan operasi anti-pembajakan di mana saja di laut kecuali di perairan teritorial masing-masing negara.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Filipina Usir Armada 200 Kapal Nelayan Tiongkok

Filipina telah meminta Tiongkok untuk menarik mundur lebih dari 200 kapal yang dituduhnya melanggar batas perairan di Laut China Selatan.

DUNIA | 22 Maret 2021

Para Dokter dan Perawat Tolak Kudeta Militer Myanmar

Para dokter dan petugas kesehatan di Mandalay, Myanmar memulai demonstrasi anti-kudeta militer seperti masyarakat lainnya

DUNIA | 22 Maret 2021

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Manila Tutup Gereja-gereja

Gereja-gereja di Manila, Filipina akan ditutup, makan di dalam restoran dilarang, dan perjalanan rekreasi juga dibatasi di bawah aturan baru Covid-19

DUNIA | 22 Maret 2021

Paus Fransiskus Desak Berantas Kejahatan Terorganisasi

Paus Fransiskus pada Minggu (21/3) mendesak orang-orang untuk memerangi kelompok kejahatan terorganisasi seperti mafia di seluruh dunia.

DUNIA | 22 Maret 2021

Dengan Cahaya Lilin, Demonstran Myanmar Gelar Unjuk Rasa Damai

Para demonstran di hampir 20 lokasi di seluruh negeri melakukan protes damai dengan cahaya lilin.

DUNIA | 22 Maret 2021

Israel Cabut Pembatasan Penerbangan Terkait Covid-19

Israel telah mencabut pembatasan jumlah penumpang yang masuk dan keluar di bandara, terkait kebijakan masa pandemi Covid-19.

DUNIA | 22 Maret 2021

Bocah WNI Korban Sandera Abu Sayyaf Berhasil Diselamatkan

Total ada lima WNI yang disandera oleh ASG pada 16 Januari 2020 di perairan Tambisan, Sabah, Malaysia.

DUNIA | 21 Maret 2021

Soal Kandungan Babi di Vaksin Covid-19, Astrazeneca Bantah Pernyataan MUI

Astrazeneca menyatakan pada Minggu (21/3) bahwa vaksin Covid-19-nya tidak mengandung bahan turunan babi.

DUNIA | 21 Maret 2021

Diplomat Korut Mulai Tinggalkan Malaysia

Diplomat Korea Utara di Malaysia menutup kedutaan mereka dan terbang pulang menuju ke negara asalnya pada Minggu (21/3).

DUNIA | 21 Maret 2021

Filipina Catat Lonjakan Kasus Covid-19 Tertinggi

Hitungan harian mengikuti rekor infeksi Sabtu (21/3/2021) dan menandai hari ketiga berturut-turut kasus baru yang dikonfirmasi mencapai 7.000.

DUNIA | 21 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS