Logo BeritaSatu

FPCI Gandeng Krisdayanti dkk Luncurkan Video Darurat Perubahan Iklim

Senin, 5 April 2021 | 12:57 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / WIR

Jakarta, Beritasatu.com – Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) menggandeng sejumlah artis papan atas yaitu Krisdayanti, Julie Estelle, Kalista Iskandar, Cinta Laura, Chelsea Islan, Reza Rahadian, Dian Sastrowardoyo, Mikha Tambayong, Chicco Jerikho, Gita Wirjawan, dan Wulan Guritno untuk meluncurkan video yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan ancaman perubahan iklim.

Video berjudul “Selamatkan Indonesia Emas 2045 dari Ancaman Darurat Iklim” menyuarakan visi Indonesia untuk menurunkan emisi karbon.

“Video ini bertujuan untuk membangunkan kesadaran publik terhadap ancaman perubahan iklim yang akan membahayakan segala aspek kehidupan bangsa Indonesia, dan akan jauh lebih destruktif dibanding ancaman virus Covid-19 sekarang ini,” kata Pendiri dan Ketua FPCI, Dino Patti Djalal, saat peluncuran video, Senin (5/4/2021).

Dino mengakui pandemi Covid-19 adalah peringatan dahsyat dari alam terhadap semua bangsa di dunia. Jika sebelum pandemi, 160 negara mengalami pertumbuhan ekonomi positif, tapi saat Covid-19 datang, justru 170 negara mengalami pertumbuhan ekonomi negatif. Pandemi juga melumpuhkan pariwisata, ritel, dan rantai pasok perusahaan, serta meningkatkan angka pengangguran.

Namun, Dino mengingatkan krisis Covid-19 saat ini belum ada apa-apanya jika dibandingkan bencana perubahan iklim dunia yang sudah terjadi dan akan semakin memburuk.

“Bedanya, Covid-19 bisa sembuh, tapi perubahan iklim akan berlaku selamanya nanti,” ujar Dino yang pernah menjabat wakil menteri luar negeri dan duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS).

Dino menjelaskan kenaikan suhu bumi bisa berlaku secara permanen. Para pakar dunia memperkirakan suhu bumi akan naik 3-4 derajat Celsius pada paruh kedua abad 21. Kondisi itu bisa dibilang persoalan besar karena perbandingannya dengan kondisi zaman es (ice age).

“Zaman ice age dulu dimana seluruh bumi diliputi es, itu suhu bumi hanya 4 derajat Celsius. Kita sekarang bisa 4 derajat Celsius lebih hangat dari ice age. Bisa Anda bayangkan 4 derajat Celsius abad ini akan seperti apa?” kata Dino.

Dino mengatakan semua orang harus peduli dengan kenaikan suhu bumi demi masa depan anak dan cucu bangsa. “Kalau ada bayi lahir hari ini, ketika bayi itu besar, bekerja, lulus sarjana, dan menikah, maka dia akan hidup dalam dunia 4 derajat Celsius,” kata Dino, yang mengaku peduli akan kondisi iklim karena masih mempunyai anak remaja berusia belasan tahun.

Peluncuran video para artis ini merupakan bagian dari kampanye nasional perubahan iklim (climate action) yang diinisiasi oleh FPCI bersamaan dengan penandatanganan petisi agar Indonesia menetapkan target 50% penurunan emisi gas rumah kaca di tahun 2030, dan mencapai nol emisi (net zero) di tahun 2050. Petisi tersebut telah ditandatangani oleh hampir 15.000 orang dan dapat diikuti melalui tautan berikut change.org/daruratiklim.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Survei Indikator: Ganjar Pranowo, Prabowo, dan Anies Teratas

"Dari simulasi 10 nama, trennya tidak berubah banyak. Top three masih dipegang Ganjar Pranowo, Prabowo dan Anies Baswedan,” kata Burhanuddin Muhtadi.

NEWS | 2 Oktober 2022

Soroti Tragedi Kanjuruhan, AHY: Tak Ada Sepak Bola Seharga Nyawa Manusia

Ketua Umum Partai Demokrat AHY menyampaikan belasungkawa mendalam atas terjadi tragedi Kanjuruhan Sabtu (1/10/2022) malam.

NEWS | 2 Oktober 2022

Bansos dan Infrastruktur Jadikan Kepuasan Publik terhadap Jokowi Naik

Survei terbaru Indikator Politik menunjukkan kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami kenaikan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Presiden FIFA Bahkan Gagal Paham

Presiden FIFA Gianni Infantino mengaku terkejut sekaligus gagal paham atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang pendukung sepak bola.

NEWS | 2 Oktober 2022

Menko PMK Sebut Korban Jiwa Tragedi Kanjuruhan 130 Orang

Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 130 orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Zulkifli Hasan: Usut Tuntas Tragedi Kemanusiaan di Kanjuruhan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas mendesak pengusutan secara tuntas tragedi Kanjuruhan, usai laga Arema FC vs Persebaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Survei Indikator: Kokoh di Puncak, Elektabilitas Ganjar Pranowo Tidak Terkejar

Survei terbaru Indikator Politik menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kokoh di puncak elektabilitas calon presiden (capres).

NEWS | 2 Oktober 2022

DPR Sesalkan PT LIB Abaikan Rekomendasi Polisi soal Jadwal Arema vs Persebaya

Habiburokhman menyesalkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang mengabaikan rekomendasi polisi untuk mengubah jadwal pertandingan Arema vs Persebaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Legawa Laga Persib vs Persija Ditunda

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil legawa pertandingan Persib melawan Persija ditunda imbas dari tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Badai Ian bertambah, Biden Akan Kunjungi Florida

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan mengunjungi Florida saat korban tewas akibat Badai Ian naik menjadi 44 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hasil Lengkap MotoGP Thailand

Hasil Lengkap MotoGP Thailand

SPORT | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings