Ini Kartu yang Wajib Dimiliki Saat Tinggal di Taiwan, Bisa untuk Naik MRT hingga Nonton di Bioskop
Logo BeritaSatu

Ini Kartu yang Wajib Dimiliki Saat Tinggal di Taiwan, Bisa untuk Naik MRT hingga Nonton di Bioskop

Senin, 5 April 2021 | 20:13 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Jakarta, Beritasatu.com - Warga yang tinggal di Taiwan, khususnya di Taipei, wajib memiliki kartu ini. Kartu yang bernama Easy Card itu bisa digunakan untuk berbagai transaksi, mulai dari naik moda raya terpadu (MRT), bayar bus, hingga layanan kesehatan.

“Easy Card pertama kali diluncurkan pada 2002 sebagai kartu penyimpanan dana untuk memudahkan orang-orang yang ingin naik MRT Taipei. Masyarakat hanya perlu menyimpan dana di kartu Easy Card terlebih dahulu. Saat naik MRT, mereka dapat mengeluarkan kartu dan 'bip' di gerbang tiket untuk pembayarannya. Ini menghemat waktu yang diperlukan untuk membeli tiket satu arah setiap kali naik MRT,” demikian keterangan tertulis Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taipei atau Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta, Senin (5/4/2021).

Disebutkan, karena jumlah stasiun Taipei terus meningkat, di mana saat ini terdapat lebih dari 130 stasiun, MRT telah menjadi alat transportasi yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat di Taipei. Hal ini juga berdampak pada jumlah pemegang Easy Card yang juga meningkat pesat.

Demi menarik lebih banyak orang untuk menggunakan Easy Card, pihak perusahaan yang mengeluarkannya secara aktif mempromosikan lebih banyak item yang dapat dibayar melalui kartu tersebut, seperti kereta api, taksi, toko serba ada, dan restoran. Jangkauan pembayaran juga sudah meluas ke seluruh penjuru Taiwan, sehingga Easy Card sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat Taiwan.

Selain untuk membayar tarif MRT di seluruh Taiwan, Easy Card juga dapat digunakan untuk naik bus, kereta api, kereta berkecepatan tinggi, kapal feri, membayar tarif taksi, U-bike (penyewaan sepeda), dan penyewaan skuter listrik. Selain itu, parkir di jalanan dan gedung parkir juga dapat dibayar dengan Easy Card.

“Begitu juga minimarket, apotek, pusat perbelanjaan, department store, toko makanan cepat saji, kafe, supermarket, toko buku, dan bioskop di seluruh Taiwan juga dapat menggunakan Easy Card untuk pembayaran, juga tiket masuk ke kebun binatang, museum, gedung konser, dan biaya rawat. Easy Card juga bisa digunakan untuk meminjam dan mengembalikan buku di perpustakaan umum di Taiwan,” tulis TETO.

Saat ini, bentuk dari Easy Card tidak hanya berupa kartu fisik, seperti kartu kredit atau kartu ATM bank. Teknologi induksi RFID yang diadopsi oleh Easy Card membuat kartu itu tidak perlu tampilan berbentuk kartu.

Sebagai contoh, telepon genggam pintar yang biasa dimiliki oleh masyarakat modern, selama menggunakan kartu SIM dari ponsel yang memiliki fungsi NFC, bisa menggunakan fungsi dari Easy Card. Dengan demikian, kita akan melihat banyak orang di Taiwan menggunakan ponsel untuk melakukan pembayaran.

Ada juga banyak perusahaan atau sekolah yang memiliki kartu staf atau kartu pelajar yang built-in dengan fungsi Easy Card, sehingga jumlah kartu yang dibawa saat ke luar rumah jauh berkurang. Banyak juga perusahaan telah memperkecil produk terlaris mereka menjadi seukuran gantungan kunci dan built-in Easy Card yang memikat banyak orang untuk membelinya sebagai koleksi.

“Jadi, saat Anda di Taiwan melihat seseorang memegang botol kecap atau mi instan ukuran mini untuk melakukan pembayaran, tidak perlu terkejut,” demikian TETO.

Easy Card pada dasarnya adalah kartu penyimpanan dana. Masyarakat perlu mengisi dana terlebih dulu sebelum berbelanja. Cara mengisi ulang dana juga sangat sederhana, bisa di minimarket di seluruh Taiwan. Terkadang, masyarakat modern sering lupa untuk mengisi dana, Easy Card juga bisa dikoneksikan dengan rekening bank atau bekerja sama dengan pihak bank untuk meluncurkan kartu kredit yang memiliki fungsi Easy Card.

Konsumen perlu mengaktifkan fungsi isi ulang otomatis terlebih dahulu. Saat berbelanja, apabila saldo tidak mencukupi, maka Easy Card akan otomatis menambah dana dan menyelesaikan perbelanjaan. Selain itu, juga terdapat berbagai promo diskon bila menggunakan Easy Card untuk menggunakan berbagai alat transportasi atau berbelanja. Banyak kota menggunakan Easy Card untuk menyewa U-bike dan bahkan satu jam pertama sepenuhnya gratis.

Saat melakukan pembayaran dengan Easy Card, mesin deteksi akan mengeluarkan bunyi "bip", sehingga sebagian orang menyebut pembelanjaan dengan Easy Card sebagai "ekonomi bip". Easy Card memungkinkan orang bepergian ke mana pun di Taiwan, mau makan, minum, dan bersenang-senang tidak menjadi masalah.

“Saran buat teman-teman Indonesia yang ingin berkunjung kembali ke Taiwan, bisa pergi ke supermarket atau stasiun MRT untuk membeli Easy Card. Nikmati kehidupan seperti warga Taiwan, cukup dengan 'bip' untuk berbelanja secara profesional,” tulis TETO.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jokowi dan Kanselir Jerman Angela Merkel Akan Buka Hannover Messe 2021

Hannover Messe ini akan dibuka dan pamerannya berlangsung secara digital.

DUNIA | 5 April 2021

Pertama Kali, Kasus Infeksi Harian Covid-19 di India Lampaui 100.000

India telah melaporkan rekor peningkatan infeksi Covid-19 hingga 100.000 kasus untuk pertama kali.

DUNIA | 5 April 2021

Nguyen Xuan Phuc Dilantik sebagai Presiden Vietnam

Nguyen Xuan Phuc mengaku beruntung dan terhormat ditunjuk sebagai presiden Vietnam

DUNIA | 5 April 2021

El Salvador Dapat Sumbangan 150.000 Dosis Vaksin Covid-19 Sinovac

Presiden El Salvador Nayib Bukele mengatakan pada Minggu (4/4) bahwa Tiongkok akan menyumbangkan 150.000 dosis vaksin Covid-19 Sinovac.

DUNIA | 5 April 2021

Didorong Varian Baru, Gelombang Ketiga Covid-19 di Kanada Lebih Cepat Mematikan

Kanada menghadapi gelombang ketiga pandemi Covid-19 dengan varian baru yang lebih cepat mematikan.

DUNIA | 5 April 2021

FPCI Gandeng Krisdayanti dkk Luncurkan Video Darurat Perubahan Iklim

FPCI menggandeng sejumlah artis papan atas untuk meluncurkan video yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan ancaman perubahan iklim

DUNIA | 5 April 2021

Vjosa Osmani Terpilih Jadi Presiden Kosovo

Parlemen Kosovo memilih Vjosa Osmani sebagai presiden yang baru.

DUNIA | 5 April 2021

Dituding Ingin Kuasai LCS, Tiongkok: Pernyataan Filipina Ceroboh

Kedutaan Besar Tiongkok menepis tuduhan Filipina bahwa Beijing ingin lebih banyak menguasai wilayah Laut China Selatan (LCS).

DUNIA | 5 April 2021

Di Tengah Kerusuhan Myanmar, Total Ingin Tetap Produksi Gas

Grup minyak dan gas Prancis, Total menyatakan tidak akan berhenti memproduksi gas di ladang Yadana di Myanmar sepanjang operasional tetap aman

DUNIA | 5 April 2021

Filipina: Tiongkok Ingin Kuasai Lebih Banyak Wilayah LCS

Filipina menuding Tiongkok ingin menguasai lebih banyak wilayah di Laut China Selatan.

DUNIA | 5 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS