Biden Pulihkan Bantuan Rp 3,41 Triliun AS untuk Palestina
Logo BeritaSatu

Biden Pulihkan Bantuan Rp 3,41 Triliun AS untuk Palestina

Kamis, 8 April 2021 | 18:00 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berencana untuk memberikan bantuan senilai US$ 235 juta (Rp 3,41 triliun ) kepada warga Palestina. Seperti dilaporkan BBC, Kamis (8/4/2021), Biden memulihkan sebagian dari bantuan yang dipangkas oleh Donald Trump.

Dua pertiga dana bantuan itu akan disumbangkan ke badan PBB untuk pengungsi Palestina, UNRWA, yang telah menderita krisis keuangan sejak kehilangan US$ 360 juta (Rp 5,22 triliun) dari dana AS pada 2018.

Biden ingin "memulihkan keterlibatan yang kredibel" pada Palestina dalam pembicaraan damai yang telah lama terhenti dengan Israel.

Para pemimpin Palestina menuduh Trump sangat bias terhadap Israel. Mereka menolak rencana perdamaian yang Trump ungkapkan tahun lalu yang membayangkan pengakuan kedaulatan Israel atas permukiman Yahudi di Tepi Barat yang diduduki dan Lembah Yordania, dan Yerusalem yang menjadi "ibu kota tak terbagi" Israel.

Israel menduduki Tepi Barat dan Yerusalem Timur dalam perang Timur Tengah 1967. Sebagian besar komunitas internasional menganggap permukiman itu ilegal menurut hukum internasional, meskipun Israel membantahnya.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan rencana AS termasuk US$ 75 juta (Rp 1,08 triliun) dalam bantuan ekonomi dan pembangunan di Tepi Barat dan Gaza, US$ 10 juta (Rp 145 miliar) untuk program pembangunan perdamaian melalui Badan Pembangunan Internasional AS (USAid), dan US$ 150 juta (Rp 2,17 triliun) dalam bantuan kemanusiaan untuk Bantuan PBB. dan Badan Pekerjaan untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

AS juga akan melanjutkan program bantuan keamanan dengan Palestina. Dana tersebut merupakan tambahan dari US$ 15 juta (Rp 217 miliar) dalam bantuan untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 dan kerawanan pangan di Tepi Barat dan Gaza yang diumumkan AS bulan lalu.

"Bantuan luar negeri AS untuk rakyat Palestina melayani kepentingan dan nilai penting AS. Ini memberikan bantuan kritis kepada mereka yang sangat membutuhkan, mendorong pembangunan ekonomi, dan mendukung pemahaman Israel-Palestina, koordinasi keamanan dan stabilitas. Itu juga sejalan dengan nilai-nilai dan kepentingan sekutu dan mitra kami," kata Blinken.

Komisaris Jenderal UNWRA Philippe Lazzarini mengatakan badan tersebut sangat senang bahwa sekali lagi pihaknya bisa bermitra dengan Amerika Serikat untuk memberikan bantuan kritis kepada beberapa pengungsi paling rentan di Timur Tengah.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Cegah Lonjakan Covid-19, Selandia Baru Larang Masuk Pelancong dari India

Selandia Baru melarang masuknya pelancong dari India di tengah lonjakan kasus Covid-19.

DUNIA | 8 April 2021

Eropa Klaim Pembekuan Darah Terkait Vaksin Covid-19 Astrazeneca sebagai Kasus Sangat Langka

Badan Regulasi Obat Eropa mengakui terjadinya pembekuan darah dengan trombosit darah rendah sangat terkait dengan pemberian vaksin Covid-19 Astrazeneca.

DUNIA | 8 April 2021

2022, Zimbabwe Akan Capai Ketahanan Pangan

Zimbabwe menargetkan pencapaian ketahanan pangan pada tahun 2022 dan akan meningkatkan pendapatan rumah tangga sebesar 100% pada tahun 2024.

DUNIA | 8 April 2021

Dubes Myanmar di Inggris Diusir Paksa Junta Militer

Duta Besar Myanmar, Kyaw Zwar Minn terkunci dari kedutaan besar di London, Inggris, setelah atase militer menduduki gedung kedutaan dan melarangnya masuk

DUNIA | 8 April 2021

Astrazeneca Akan Cantumkan Potensi Risiko Pembekuan Darah di Label

Astrazeneca telah secara aktif bekerja sama dengan regulator untuk menerapkan perubahan ini pada informasi produk.

DUNIA | 8 April 2021

Rencana Prioritaskan Vaksin untuk Atlet Olimpiade Tokyo, Dikritik Warganet Jepang

Ada yang berkomentar, "berikan dulu pada ibuku," tulis salah satu warganet Jepang. "Atlet semuanya muda dan sehat".

DUNIA | 8 April 2021

Sejak Pandemi Covid-19 Mulai, Republik Cek Sudah Punya 4 Menkes

PM Republik Cek, Andrej Babis pada Rabu (7/4/2021) melantik Petr Arenberger, menteri kesehatan keempatnya sejak pandemi Covid-19 dimulai.

DUNIA | 7 April 2021

Rusia: Sanksi untuk Myanmar Akan Picu Perang Saudara

Rusia memperingatkan, Barat akan memicu perang saudara di Myanmar dengan menjatuhkan sanksi pada junta militer yang telah melakukan kudeta.

DUNIA | 7 April 2021

Otoritas Terusan Suez Pertimbangkan Rencana Perluasan Jalur

Otoritas Terusan Suez (SCA) sedang mempertimbangkan untuk memperluas saluran selatan.

DUNIA | 7 April 2021

Minta Bukti Tak Ada Blokir, Australia Minta Eropa Rilis 3,1 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Perdana Menteri Australia Scott Morrison telah meminta Uni Eropa (UE) untuk merilis pengiriman lebih dari 3 juta dosis vaksin virus corona.

DUNIA | 7 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS