Logo BeritaSatu

Taiwan Gelar Pameran Budaya Islam

Sabtu, 10 April 2021 | 10:54 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Jakarta, Beritasatu.com - Taiwan akan menyelenggarakan pameran budaya Islam di National Dr Sun Yat-sen Memorial Hall di Taipei pada 9-18 April 2021. Acara digelar untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Taiwan tentang budaya Islam.

Berdasarkan siaran pers Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taipei atau Taipei Economic and Trade Office (TETO), Jumat (9/4/2021), pameran diselenggarakan secara bersama oleh Kementerian Luar Negeri Taiwan, Chinese Muslim Accociation, National Dr Sun Yat-sen Memorial Hall, serta lembaga-lembaga perwakilan dari Indonesia dan negara-negara lain di Taiwan.

Acara pertama berupa kegiatan Pameran Budaya Islam yang diadakan di dalam ruangan pameran National Dr Sun Yat-sen Memorial Hall di Taipei. Terdapat empat tema utama pameran, yaitu kaligrafi Arab, artefak Islam, arsitektur Islam (masjid terkenal), dan Islam di Taiwan.

Acara kedua adalah pengalaman budaya Islam yang diadakan di luar National Dr Sun Yat-sen Memorial Hall pada 17-18 April mendatang. Masyarakat dapat menyaksikan langsung pertunjukan kaligrafi Arab serta menikmati buka puasa dan bersama-sama mencicipi jajanan halal setelah magrib.

Di Taiwan terdapat lebih dari 200.000 umat muslim asing yang datang ke sana karena berbagai faktor, seperti pernikahan, pekerjaan,dan pendidikan. Selain itu, juga terdapat sekitar 50.000 umat muslim Taiwan. Budaya muslim dan budaya Taiwan telah lama terintegrasi dengan erat.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Taiwan, hotel besar, restoran, dan tempat wisata juga aktif menciptakan Taiwan sebagai lingkungan yang ramah muslim. Taiwan juga menduduki peringkat ketiga dalam Indeks Perjalanan Muslim Global (GMTI).

Banyak institusi medis di Taiwan telah memperoleh sertifikasi “Lingkungan Ramah Muslim”. Banyak rumah sakit telah merancang berbagai pilihan makanan halal dan memberikan berbagai pendidikan dan pelatihan untuk membantu staf medis Taiwan memahami budaya muslim dan meningkatkan kualitas pelayanan perawatan medis pasien muslim.

Keberhasilan Taiwan dalam memerangi pandemi Covid-19 telah diakui oleh dunia. Hingga 7 April tahun ini, jumlah total kasus yang terkonfirmasi di Taiwan adalah 1.050 orang dan jumlah kematian 10 orang. Hal ini diakui sebagai salah satu negara anti-pandemi paling berhasil di dunia.

“Kebebasan beragama dan toleransi terhadap keberagaman adalah salah satu ciri masyarakat Taiwan. Teman-teman Indonesia di Taiwan, mari mengunjungi National Dr Sun Yat-sen Memorial Hall di Taipei untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Buka puasa bersama warga Taiwan serta rasakan persahabatan dan antusiasme warga Taiwan terhadap budaya Islam,” tulis TETO.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Lukas Enembe, Masyarakat Diminta Waspadai Provokasi

Masyarakat Papua diminta mewaspadai provokasi terkait kasus Lukas Enembe yang bisa membuat situasi menjadi tidak kondusif.

NEWS | 7 Oktober 2022

Jalan Protokol Kota Bekasi Digenangi Banjir Sedalam 50 Cm

Jalan protokol di Kota Bekasi terpantau terendam banjir sedalam 50 cm, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 7 Oktober 2022

Kejagung Diminta Tak Buru-buru Umumkan Kerugian Negara Korupsi Surya Darmadi

Kejagung diminta tak tergesa-gesa menyampaikan nilai kerugian negara dalam perkara dugaan korupsi bos PT Duta Palma Group, Surya Darmadi. 

NEWS | 7 Oktober 2022

Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Kabag Ops dan Kasat Samapta Polres Malang Belum Dicopot

Dua polisi tersangka tragedi Kanjuruhan belum dicopot dari jabatannya karena masih menunggu pemeriksaan minggu depan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Besok, Puan Maharani Temui Airlangga Hartarto di Monas

Puan Maharani akan bersilaturahmi dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Monumen Nasional (Monas), Jakarta. 

NEWS | 7 Oktober 2022

Jokowi Pilih Pj Gubernur Pengganti Anies dalam Waktu Singkat

Presiden Jokowi memutuskan Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies dalam kurun waktu tiga hari saja.

NEWS | 7 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Soroti Penggunaan Gas Air Mata

Presiden Jokowi memperhatikan penggunaan gas air mata yang dilakukan personel kepolisian saat terjadinya Tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Baim Wong Mengeklaim Spontan Buat Konten Prank KDRT

Baim Wong mengeklaim spontan membuat konten prank KDRT bersama istrinya Paula Verhoeven. Konten prank KDRT itu membuat Baim Wong diperiksa polisi.

NEWS | 7 Oktober 2022

2 Jam Diguyur Hujan, Kota Bekasi Dikepung Banjir

Hujan yang mengguyur Kota Bekasi dan sekitarnya selama dua jam tadi menyebabkan sejumlah ruas jalan dan perumahan di Kota Bekasi terendam banjir.

NEWS | 7 Oktober 2022

Diperiksa soal Prank KDRT, Baim Wong Dicecar 25 Pertanyaan

Baim Wong dicecar dengan 25 pertanyaan oleh penyidik Polres Jakarta Selatan saat diperiksa terkait prank KDRT yang dilakukannya bersama Paula Verhoeven.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Lukas Enembe, Masyarakat Diminta Waspadai Provokasi

Kasus Lukas Enembe, Masyarakat Diminta Waspadai Provokasi

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings