Logo BeritaSatu

WHO Peringatkan, Kasus Baru Covid-19 Mencapai 4,4 Juta per Minggu

Selasa, 13 April 2021 | 09:27 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jenewa, Beritasatu.com- Pandemi virus corona sekarang tumbuh secara eksponensial. Seperti dikutip CNBC.com, Senin (12/4/2021), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut lebih dari 4,4 juta kasus Covid-19 baru dilaporkan selama seminggu terakhir.

Maria Van Kerkhove, kepala teknis badan tersebut untuk Covid-19, mengatakan dunia berada di titik kritis pandemi, karena beberapa negara justru melonggarkan pembatasan bahkan saat kasus baru per minggu lebih dari delapan kali lebih tinggi daripada tahun lalu.

“Ini bukanlah situasi yang kami inginkan dalam 16 bulan menjadi pandemi di mana kami telah membuktikan langkah-langkah pengendalian. Ini adalah waktu sekarang di mana setiap orang harus mengambil bagian dan memeriksa kenyataan tentang apa yang perlu kita lakukan,” katanya saat konferensi pers.

Menurut WHO, kasus Covid-19 naik 9% di seluruh dunia minggu lalu - peningkatan mingguan ketujuh berturut-turut dan kasus kematian pun ikut melonjak 5%. Lembaga ini meminta pemerintah untuk mendukung warganya dalam menerapkan langkah-langkah keamanan pandemi.

Bulan lalu, pejabat WHO memperingatkan peningkatan yang stabil dalam kasus Covid-19 dan kematian. Dia mendesak orang untuk tetap berpegang pada mandat masker dan aturan jarak sosial saat dunia memasuki fase kritis pandemi.

“Virus ini lebih kuat, lebih cepat, seiring munculnya varian baru yang menyebar lebih mudah dan lebih mematikan daripada jenis virus liar asli. Kami semua berjuang dan muak dengan karantina yang ketat,” kata Mike Ryan, kepala program kedaruratan kesehatan WHO, pada 31 Maret.

India telah mengambil alih posisi Brasil sebagai negara yang terinfeksi terburuk kedua setelah Amerika Serikat (AS) setelah kasus Covid-19 terus melonjak di seluruh India. Di sana, varian mutan ganda yang menurut para peneliti bisa lebih menular telah muncul dan menyebar dengan cepat.

“Di AS, varian virus corona B.1.1.7 yang sangat menular yang pertama kali diidentifikasi di Inggris sekarang adalah jenis yang paling umum beredar,” ujar Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dr. Rochelle Walensky mengatakan minggu lalu.

Walensky mengatakan rumah sakit juga mengalami peningkatan jumlah orang muda yang dirawat. AS perlu mempercepat upaya vaksinasi, yang rata-rata mendapatkan sekitar 3,1 juta suntikan per hari.

“Kita harus terus memvaksinasi sebanyak mungkin orang Amerika setiap hari,” kata Walensky, seraya menambahkan hal itu akan menyebabkan kasus baru dan kematian menurun.

WHO mendesak masyarakat dan para pemimpin dunia untuk terus mempraktikkan tindakan pengamanan, termasuk menjaga jarak sosial, memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari ruang yang ramai.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rizky Billar Makan Omongannya Sendiri tentang Selingkuh

"Seorang pernah berkata, Selingkuh itu murah, maka hanya dilakukan oleh orang murahan," ucap Rizky Billar.

NEWS | 1 Oktober 2022

Anggota DPR Intan Fauzi Ajak Kaum Milenial dan Gen Z Gabung Parpol

Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi mengatakan dengan bergabung parpol, kaum muda bisa berperan sebagai pengambil kebijakan.

NEWS | 1 Oktober 2022

KPU: Parsindo Tidak Perbaiki Hasil Verifikasi Administrasi

KPU mengungkapkan Parsindo, yang sudah sampai pada tahapan verifikasi administrasi, tidak menyerahkan hasil perbaikannya.

NEWS | 1 Oktober 2022

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden juga menjamin bahwa Amerika tidak akan pernah mengakui wilayah pencaplokan di Ukraina sebagai bagian dari Rusia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Resolusi PBB Bela Ukraina Langsung Diveto Rusia

Meskipun hanya Rusia yang menentang, tetapi dia adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang punya hak veto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Zelensky Minta Jalur Prioritas Jadi Anggota NATO

Jika Ukraina menjadi anggota NATO, maka negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat bisa membelanya dalam perang melawan Rusia saat ini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan.

NEWS | 1 Oktober 2022

PKB dan Gerindra Tunggu Hari Baik Umumkan Capres-Cawapres

PKB dan Gerindra tinggal menunggu hari baik untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Salurkan Paket Sembako

Sahabat Ganjar, relawan Ganjar Pranowo, menggelar Jumat Berkah dengan menyalurkan bantuan di Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Soppeng.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rizky Billar Makan Omongannya Sendiri tentang Selingkuh

Rizky Billar Makan Omongannya Sendiri tentang Selingkuh

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings