Logo BeritaSatu

UE akan Vaksinasi 70% Orang Dewasa pada Pertengahan Juli

Selasa, 20 April 2021 | 21:33 WIB
Oleh : Grace Eldora Sinaga / EHD

Paris, Beritasatu.com - Uni Eropa (UE) akan memiliki dosis vaksin Covid-19 yang cukup untuk mencakup 70% populasi orang dewasa pada pertengahan Juli. Seorang pejabat senior mengatakan Selasa (20/4/2021), hal ini dimungkinkan karena produksi yang lebih tinggi di dalam blok tersebut.

"Lima puluh tiga pabrik memproduksi vaksin di UE. Benua kami sekarang menjadi produsen terbesar di dunia setelah Amerika Serikat (AS)," kata komisaris pasar internal Thierry Breton kepada harian Prancis Le Figaro dalam sebuah wawancara, Selasa (20/4/2021).

Breton mengatakan, dirinya sekarang yakin berapa banyak dosis yang saat ini diproduksi. Ia juga mengaku tahu berapa juta dosis yang akan dikirimkan setiap minggu.

"Ini memungkinkan saya untuk meyakinkan Anda bahwa pada pertengahan Juli kita sudah memiliki jumlah dosis yang diperlukan untuk memvaksinasi 70% populasi orang dewasa Uni Eropa," ungkapnya. Ia mengutip ambang batas yang menurut banyak pakar kesehatan diperlukan untuk mencapai "kekebalan kelompok" (herd immunity).

Pemerintah negara-negara Uni Eropa (UE) telah menghadapi kritik keras atas upaya pengadaan vaksin bersama blok itu, yang melihat awal yang lambat untuk dorongan inokulasi bahkan ketika program-program vaksinasi melesat cepat di Inggris dan AS.

Sudah setengah dari orang dewasa Amerika telah memiliki setidaknya satu dosis dan mulai Senin (19/4) siapa pun yang berusia 16 ke atas dapat mendaftar untuk vaksin.

Di Uni Eropa, sebaliknya, lebih dari 20% orang dewasa telah menerima setidaknya satu suntikan, menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDPC) Eropa.

Breton bersikeras bahwa Eropa akan menyusul dalam beberapa bulan mendatang. “(Dengan kapasitas produksi) yang akan mencapai 200 juta dosis sebulan pada musim panas ini," tukasnya.

Namun ia mengutarakan kritik atas gagasan menggunakan vaksin Sputnik V Rusia dalam waktu dekat. Sebelumnya, pemerintah Jerman membuka diskusi dengan Rusia bulan ini tanpa menunggu tindakan Uni Eropa yang terkoordinasi.

European Medicines Agency (EMA) sedang mengevaluasi keamanan dan efisiensi Sputnik, tetapi menurut Breton vaksin tersebut masih kekurangan beberapa data penting.

“(Bahkan jika disetujui) kita harus mencari kapasitas produksi, karena Rusia tidak memiliki lokasi produksi yang besar dan sedang mencari mitra industri di Eropa yang sudah sepenuhnya dimobilisasi,” jelasnya.

"Untuk semua alasan ini, saya pikir jumlah Sputnik yang signifikan tidak akan tersedia untuk Eropa sebelum akhir 2021," imbuhnya.

Level yang Sangat Serius

Sejumlah pemerintah di UE sedang berjuang melawan gelombang ketiga kasus virus corona sejak wabah muncul tahun lalu. Pihaknya sangat berharap untuk peningkatan pasokan vaksin sebelum mengurangi penguncian dan pembatasan lainnya.

Menteri Kesehatan Prancis Olivier Veran Selasa memperingatkan, meskipun ada sedikit penurunan dalam jumlah kasus baru sejak sekolah ditutup dan perjalanan dilarang awal bulan ini, epidemi masih pada tingkat yang sangat serius.

Sementara itu Presiden Prancis Emmanuel Macron menyasar ke pelonggaran pembatasan Covid-19 pada pertengahan Mei. Di antaranya dengan mengizinkan restoran yang telah ditutup sejak akhir Oktober untuk kembali membuka tempat duduk di luar ruangan.

Tetapi Veran menolak untuk mengkonfirmasi apakah sasaran pertengahan Mei itu akan tercapai. Kepada surat kabar regional Telegramme ia mengatakan, penurunan kasus belum cukup cepat atau menentukan. “Kami harus melanjutkan upaya kami," tegasnnya. (afp/eld)



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kapolri: Ini Penyebab Banyak Korban pada Tragedi Kanjuruhan

Kapolri menyebutkan banyak korban tewas pada tragedi Kanjuruhan karena pintu stadion terkunci dan tidak ada petugas yang berjaga.

NEWS | 6 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Polisi Tetapkan 6 Tersangka

Sebanyak enam orang telah ditetapkan sebagai tersangka terkait tragedi Kanjuruhan pascakericuhan di Stadion Kanjuruhan

NEWS | 6 Oktober 2022

Komnas Perempuan: Pencegahan KDRT Harus Dilakukan secara Sistematik

Komnas Perempuan untuk melakukan pencegahan terhadap kekerasan dalam rumah tangga KDRT harus dilakukan secara sistematik

NEWS | 6 Oktober 2022

Perkara Korupsi Helikopter AW-101 Tunggu Jadwal Sidang

Perkara dugaan korupsi Helikopter AW-101 kini tinggal menunggu jadwal untuk disidangkan. 

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang Puncak G-20, Mendagri Tinjau Pembangunan TPST Kesiman Kertalangu

Mendagri berharap, pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu rampung pada akhir Oktober 2022.

NEWS | 6 Oktober 2022

Kemenag: Moderasi Beragama di Indonesia Dilirik Bangsa Lain

Kemenag menyatakan, saat ini moderasi beragama yang dipraktikkan oleh Indonesia telah dilirik oleh bangsa asing sebagai solusi mempererat keberagaman.

NEWS | 6 Oktober 2022

BPBD: 17 Jalan Tergenang dan 41 RT Terdampak Banjir Jakarta

Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan, sebanyak 17 ruas jalan tergenang dan 41 RT terdampak banjir Jakarta

NEWS | 6 Oktober 2022

Dana Desa Bisa untuk Atasi Susah Sinyal di Pelosok Kaltim

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyarankan agar dana desa digunakan untuk memudahkan masyarakat desa mengakses internet di Kalimantan Timur (Kaltim).

NEWS | 6 Oktober 2022

Kapolres Belum Terima Laporan Korban Hilang di MTsN 19

Polres Metro Jakarta Selatan belum menerima adanya laporan orang hilang di lokasi tembok MTSn 19 Pondok Labu, Cilandak yang ambruk akibat banjir.

NEWS | 6 Oktober 2022

Besok, Polisi Periksa Baim Wong dan Paula Verhoeven Terkait Prank KDRT

Penyidik Polres Jakarta Selatan akan memeriksa Baim Wong dan Paula Verhoeven pada Jumat (7/10/2022) terkait prank KDRT

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolri: Ini Penyebab Banyak Korban pada Tragedi Kanjuruhan

Kapolri: Ini Penyebab Banyak Korban pada Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings