Logo BeritaSatu

Menakutkan, Delegasi India di KTT G7 Ternyata Positif Covid-19

Rabu, 5 Mei 2021 | 19:01 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Seluruh delegasi India yang pergi ke KTT Kelompok Tujuh (G7) di London mengisolasi diri setelah dua anggotanya dinyatakan positif Covid-19. Seperti dilaporkan CNA, kasus itu dikonfirmasi pemerintah Inggris, Rabu (5/5/2021).

"Dua delegasi dinyatakan positif sehingga seluruh delegasi sekarang mengisolasi diri. Pertemuan itu telah dimungkinkan oleh seperangkat protokol Covid yang ketat, termasuk pengujian harian semua delegasi," kata pejabat Inggris itu.

Aturan Inggris membutuhkan periode isolasi diri 10 hari. Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar akan mengadakan pembicaraan secara virtual setelah kemungkinan terpapar kasus virus corona.

"Diberitahu kemarin malam tentang kemungkinan kasus positif Covid. Sebagai tindakan untuk sangat berhati-hati dan juga untuk mempertimbangkan orang lain, saya memutuskan untuk melakukan pertunangan saya dalam mode virtual. Itu juga akan terjadi pada Pertemuan G7 hari ini," cuit Jaishankar.

Pertemuan tersebut merupakan pendahulu dari KTT utama G7 yang akan berlangsung di satu resor pedesaan Inggris pada bulan Juni. Pertemuan akan dihadiri Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin dunia lainnya.

Jaishankar bertemu langsung dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Senin malam di sela-sela KTT menteri luar negeri.

Departemen Luar Negeri AS menyatakan telah dinasihati, termasuk oleh para profesional kesehatan masyarakat di Inggris, bahwa protokol kesehatannya akan mengizinkan penyelenggara untuk melanjutkan kegiatan G7 seperti yang direncanakan.

"Kami tidak memiliki alasan untuk percaya bahwa salah satu delegasi kami berisiko. Kami akan terus mengikuti panduan dari profesional kesehatan masyarakat ke depan dan mematuhi protokol ketat Covid-19 yang sama," kata juru bicara Ned Price.

Delegasi India belum menghadiri tempat pertemuan puncak utama di Lancaster House, sehingga pertemuan yang dijadwalkan pada hari Rabu berjalan sesuai rencana.

Jaishankar digambarkan bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel pada hari Selasa, meskipun Patel tidak harus mengisolasi diri karena pertemuan tersebut telah diadakan sesuai dengan aturan yang ada. Kedua pejabat memakai maskerdi foto itu.

Komisi Tinggi India di London tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Sebelumnya, Menteri Vaksin Inggris Nadhim Zahawi mengatakan dia tidak mengetahui laporan bahwa delegasi dari negara-negara G7 melakukan isolasi sendiri karena ketakutan Covid-19.

India bukan anggota G7 tetapi diundang oleh Inggris ke KTT minggu ini, bersama dengan Australia, Afrika Selatan, dan Korea Selatan.

India telah dilanda gelombang infeksi yang menghancurkan dalam beberapa pekan terakhir yang telah membuat jumlah total kasusnya menjadi lebih dari 20,6 juta.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Surya Paloh Pastikan Pencapresan Anies Baswedan Tidak Terkait Isu di KPK

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menegaskan langkah pencapresan Anies Baswedan tidak terkait dengan isu dugaan kasus korupsi Formula E Jakarta di KPK.

NEWS | 4 Oktober 2022

Besok, Ferdy Sambo Dkk Dilimpahkan ke Kejari Jaksel

Polri akan melimpahkan Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J

NEWS | 4 Oktober 2022

Stok Habis, Vaksinasi Covid-19 Kota Bogor Dihentikan Sementara

Seluruh sentra vaksinasi Covid-19 di Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), dihentikan sementara, karena stok vaksin tak tersedia.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Buka Peluang Ungkap Hasil Penyelidikan Kasus Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang untuk mengungkapkan hasil yang diperoleh dalam proses penyelidikan kasus Formula E Jakarta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Hari Ini, Polri Limpahkan Barang Bukti Kasus Brigadir J

Polri melimpahkan barang bukti kasus tewasnya Brigadir J dan obstruction of justice ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan, hari ini.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Bakal Bahas Kelanjutan Penanganan Kasus Surya Darmadi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal membahas soal kelanjutan penanganan kasus dugaan suap bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Tak Segan Bantarkan Penahanan Lukas Enembe jika Betul Sakit

KPK menegaskan tak segan untuk membantarkan penahanan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe jika yang bersangkutan terbukti menderita sakit.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Nilai Indonesia Tak Kekurangan Dokter untuk Obati Lukas Enembe

Gubernur Papua Lukas Enembe diketahui memiliki keinginan untuk bisa menjalani pengobatan di Singapura.

NEWS | 4 Oktober 2022

Pemprov Jateng Gandeng Densus 88 Lawan Paham Radikal

Pemprov Jateng bersama Densus 88 melakukan pemetaan langkah-langkah strategis untuk menekan paham radikal.

NEWS | 4 Oktober 2022

PPKM Diperpanjang sampai 7 November 2022, Semua Daerah Level 1

Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Surya Paloh Pastikan Pencapresan Anies Baswedan Tidak Terkait Isu di KPK

Surya Paloh Pastikan Pencapresan Anies Baswedan Tidak Terkait Isu di KPK

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings