Logo BeritaSatu

Sukses Tangani Pandemi Covid-19, Taiwan Siap Bantu Sistem Kesehatan Global

Kamis, 6 Mei 2021 | 15:08 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Taiwan, Shih-chung Chen mengatakan, Taiwan sukses menangani pandemi Covid-19 dan siap berkontribusi dalam membangun sistem kesehatan global.

“Untut itu, Taiwan harus sepenuhnya diikutsertakan dalam berbagai pertemuan, mekanisme dan kegiatan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO),” ujar Menteri Chen dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis(6/5/20210). Terkait itu, Menteri Chen meminta Indonesia dan pihak terkait lain untuk mendukung penuh partisipasi Taiwan di WHO.

Menteri Chen menyatakan bahwa Taiwan pernah diprediksi menjadi salah satu negara yang paling parah terkena dampak pandemi karena kedekatan geografisnya dengan Tiongkok. Namun, karena Taiwan memiliki pengalaman dalam memerangi SARS pada 2003, mereka tidak mengabaikan berbagai peringatan yang diterima sejak awal.

Sejak 31 Desember 2019, Taiwan telah sepenuhnya memanfaatkan berbagai informasi untuk memperkuat pengawasan terhadap kemungkinan pandemi serta secara aktif dan cepat mengadopsi berbagai tindakan pencegahan pandemi. Pada 22 April 2021, Taiwan hanya memiliki 1.086 kasus yang dikonfirmasi (termasuk 11 kematian), dan kebanyakan masyarakat Taiwan dapat mempertahankan kehidupan dan pekerjaan secara normal.

“Taiwan telah mencetak rekor tidak ada kasus lokal selama 253 hari berturut-turut dari April hingga Desember 2020, yang membuat dunia terkesan,” tulis Menteri Chen.

Menteri Chen menyebutkan bahwa Taiwan membentuk jaringan pencegahan dan pengobatan penyakit menular nasional setelah epidemi SARS pada 2003. Taiwan juga memiliki lebih dari 100 rumah sakit terisolasi di seluruh negeri untuk dimasukkan dalam jaringan medis serta rumah sakit tanggap darurat utama di masing-masing 22 kabupaten dan kota.

Disebutkan, fakta membuktikan bahwa mekanisme ini membantu dalam melindungi sistem medis dan tenaga medis dari kelebihan beban. Sehingga, selama masa pandemi sebagian besar layanan medis yang bukan Covid-19 dapat beroperasi secara normal tanpa gangguan dari pandemi.

Sampai saat ini, hanya dua kasus terkait pandemi Covid-19 yang berkaitan dengan rumah sakit yang terjadi di Taiwan. Kedua kasus tersebut telah dikendalikan secara efektif dan tidak ada pekerja medis yang meninggal.

Menteri Chen mengatakan bahwa kepercayaan dan kerja sama rakyat Taiwan terhadap pemerintah menjadi faktor utama keberhasilan dalam menekan pandemi kali ini. Pemerintah Taiwan berupaya keras untuk memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang pandemi dan pada saat yang sama tetap menjaga privasi dan kebebasan pribadi.

Pemerintah juga memberikan perlindungan prioritas kepada komunitas yang kurang beruntung, termasuk pekerja migran. Pemerintah Taiwan sangat menentang pelanggaran hak-hak rakyat dan tidak pernah membatasi kebebasan berekspresi, berkumpul, dan berpartisipasi dalam kegiatan publik.

Menteri Chen juga menyebutkan bahwa Taiwan adalah salah satu negara paling sukses di dunia dalam menanggapi pandemi karena sistem medisnya yang baik, strategi pengujian yang ketat, transparansi dan keterbukaan informasi, serta kerja sama antara sektor publik dan swasta. Dampak ekonomi Covid-19 di Taiwan relatif kecil. Pertumbuhan PDB Taiwan pada 2020 sekitar 3,11%, di antaranya pada kuartal ke-4 tumbuh sebesar 4,94%, sangat kontras dengan resesi ekonomi global.

Pandemi Covid-19 membuktikan bahwa Taiwan tidak boleh dikesampingkan dalam jaringan kesehatan global dan kenyataannya sistem pencegahan model Taiwan ini dapat mengekang penyebaran pandemi penyakit menular. Menteri Chen berharap Indonesia dan pihak terkait lainnya untuk mendukung masuknya Taiwan ke dalam WHO.

“Sehingga, Taiwan dapat berpartisipasi penuh dalam pertemuan, mekanisme, dan kegiatan WHO serta bersama-sama mewujudkan Piagam WHO "Kesehatan adalah Hak Asasi Manusia" dan tujuan pembangunan berkelanjutan PBB, yaitu "tidak ada yang dikesampingkan".



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cak Imin Doa Bersama Habaib dan Ribuan Warga Jakarta

Cak Imin doa bersama habaib dan ribuan warga DKI Jakarta untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

NEWS | 8 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Indonesia Tidak Kena Sanksi FIFA

Kabar gembira, Indonesia dipastikan tidak mendapatkan sanksi dari FIFA terkait tragedi Kanjuruhan Malang.

NEWS | 8 Oktober 2022

Relawan Perkuat Poros Kemenangan Ganjar di Jatim, Jateng, dan Jambi

Relawan Sahabat Ganjar memperkuat poros kemenangan untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 di sejumlah kota di Jatim, Jatim, dan Jambi.

NEWS | 8 Oktober 2022

BNPT Kukuhkan 50 Anak Muda Papua Jadi Duta Damai Dunia Maya

BNPT mengukuhkan 50 anak muda Papua sebagai Duta Damai Dunia Maya di salah satu hotel di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 8 Oktober 2022

Wagub Jawa Barat Ingatkan BUMD untuk Penuhi Target

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengingatkan BUMD untuk segera memenuhi target setoran laba sebagai kontribusi terhadap PAD.

NEWS | 8 Oktober 2022

Jumat Malam, Perumahan Dosen IKIP Bekasi Banjir 1,5 Meter

Banjir kembali merendam Perumahan Dosen IKIP, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jumat (7/10/2022) malam.

NEWS | 8 Oktober 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Data Prevalensi Covid-19 di 10 Provinsi, 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Prevalensi Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi, 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cari Pelatih Anyar, Wolverhampton Dekati Julen Lopetegui

Cari Pelatih Anyar, Wolverhampton Dekati Julen Lopetegui

BOLA | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings