Logo BeritaSatu

Dituding Selewengkan Anggaran, Menkeu Qatar Ditangkap

Kamis, 6 Mei 2021 | 23:55 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Doha, Beritasatu.com- Qatar memerintahkan penangkapan Menteri Keuangan Ali Shareef al-Emadi di tengah penyelidikan kasus penyelewengan anggaran negara. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Kamis (6/5/2021), Jaksa Agung memerintahkan penangkapan sang menteri sebagai bagian dari penyelidikan.

Pada Kamis (6/5), kantor Berita Qatar (QNA) melaporkan bahwa keputusan itu diambil setelah peninjauan dokumen dan laporan mengenai kejahatan yang terkait dengan sektor publik. Investigasi "diperluas" sedang dilakukan.

“Jaksa Agung telah memerintahkan penangkapan Menteri Keuangan Ali Sharif Al Emadi, dan pertanyaannya tentang hal-hal yang muncul dalam laporan tentang kejahatan yang berkaitan dengan jabatan publik, seperti perusakan dana publik, eksploitasi jabatan, dan penyalahgunaan kekuasaan,” kata QNA.

Tidak ada detail lain yang segera tersedia.

Al-Emadi, yang mengawasi pertumbuhan Qatar National Bank, menjabat sebagai menteri keuangan sejak 2013. Dia duduk di dewan dana kekayaan kedaulatan Qatar senilai US$ 300 miliar (Rp 4.314 triliun) yakni, Otoritas Investasi Qatar.

Al-Emadi mengarahkan kebijakan ekonomi Qatar selama jatuhnya harga minyak tahun 2014-15 yang mendorong negara kecil itu - serta negara-negara Teluk lainnya - untuk mempercepat rencana diversifikasi ekonomi.

Qatar, produsen utama gas alam cair, mengalami penyusutan ekonomi hingga 3,7% tahun lalu karena krisis virus corona dan permintaan energi global yang lebih rendah.

Namun, data Dana Moneter Internasional (IMF) menunjukkan kontraksi tersebut kurang dari yang diharapkan dan merupakan yang terkecil di kawasan Teluk.

Al-Emadi dinobatkan sebagai menteri terbaik tahun 2020 di kawasan oleh The Banker, satu majalah keuangan internasional yang menyelenggarakan perayaan tahunan para menteri keuangan.

Qatar, yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia sepak bola tahun depan, telah berinvestasi besar-besaran dalam infrastruktur selama beberapa tahun terakhir menjelang acara tersebut. Menurut kementerian keuangan, investasi itu berarti pengeluaran untuk proyek-proyek besar akan berkurang tahun ini.

Produk domestik bruto riil diharapkan tumbuh 2,2% tahun ini berkat peluncuran vaksin, pelonggaran bertahap terkait pembatasan terkait virus korona dan peningkatan permintaan serta harga minyak.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2 Jam Diguyur Hujan, Kota Bekasi Dikepung Banjir

Hujan yang mengguyur Kota Bekasi dan sekitarnya selama dua jam tadi menyebabkan sejumlah ruas jalan dan perumahan di Kota Bekasi terendam banjir.

NEWS | 7 Oktober 2022

Diperiksa soal Prank KDRT, Baim Wong Dicecar 25 Pertanyaan

Baim Wong dicecar dengan 25 pertanyaan oleh penyidik Polres Jakarta Selatan saat diperiksa terkait prank KDRT yang dilakukannya bersama Paula Verhoeven.

NEWS | 7 Oktober 2022

Disdik Jabar Bantah Ada Diskriminasi di SMAN 2 Depok

Disdik Jabar membantah adanya diskriminasi terhadap pelajar beragama Kristen di SMAN 2 Depok.

NEWS | 7 Oktober 2022

Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspadai 7 Penyakit Menular

Masyarakat diminta mewaspadai dampak yang timbul dari musim hujan seperti munculnya beberapa penyakit menular.

NEWS | 7 Oktober 2022

Penerbangan Langsung Rute Toraja-Balikpapan Dibuka

Penerbangan langsung atau direct flight Toraja menuju Balikpapan, maupun dari Balikpapan ke Toraja mulai beroperasi, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 7 Oktober 2022

Kapolri Dukung Penuh Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendukung sepenuhnya "Gerakan Bangga Buatan Indonesia". 

NEWS | 7 Oktober 2022

Jokowi Kaget Masyarakat Habiskan Rp 100 T Berobat ke Luar Negeri

Presiden Jokowi mengaku kaget masyarakat Indonesia menghabiskan dana US$ 6 miliar atau hampir Rp 100 triliun setiap tahunnya untuk berobat ke luar negeri.

NEWS | 7 Oktober 2022

KPK: Kerugian dari Sektor Kesehatan Capai Rp 821 Miliar

KPK mengungkapkan angka kerugian yang ditimbulkan akibat korupsi di sektor kesehatan menyentuh angka sekitar Rp 821 miliar.

NEWS | 7 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, 20 Personel Polri Diduga Langgar Etik

20 orang personel polisi diduga terlibat pelanggaran etik terkait dengan Tragedi Kanjuruhan yang terjadi di Malang, Jawa Timur.

NEWS | 7 Oktober 2022

Jokowi Pilih Heru Budi Hartono Gantikan Anies Baswedan

Heru Budi Hartono menjadi penjabat gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan yang masa jabatannya berakhir 16 Oktober 2022.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PTPP Gaet LG CNS Kembangkan Proyek <em>Smart City</em> di IKN

PTPP Gaet LG CNS Kembangkan Proyek Smart City di IKN

EKONOMI | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings