Logo BeritaSatu

Biontech Akan Bangun Pabrik Vaksin di Singapura

Selasa, 11 Mei 2021 | 07:58 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Berlin, Beritasatu.com- Perusahaan bioteknologi Jerman Biontech SE menyatakan pada Senin (10/5/2021), akan membangun fasilitas manufaktur vaksin mRNA yang terintegrasi penuh di Singapura.

Seperti dilaporkan Xinhua, pabrik vaksin Biontech telah didukung oleh Singapore Economic Development Board (EDB). Menurut perusahaan, fasilitas tersebut akan beroperasi pada 2023.

Biontech juga akan mendirikan hub pertamanya di kawasan Asia-Pasifik dengan mendirikan kantor pusat regional di Singapura.

"Memiliki banyak simpul dalam jaringan produksi kami merupakan langkah strategis yang penting dalam membangun jejak dan kapabilitas global kami," kata Ugur Sahin, kepala eksekutif (CEO) dan salah satu pendiri Biontech.

Menurut Biontech, situs yang direncanakan akan menjalankan produksi mRNA yang sangat otomatis dan ujung-ke-ujung untuk pembuatan bahan obat, produk obat dan pengisian dan penyelesaian. Fasilitas tersebut diperkirakan menghasilkan beberapa ratus juta dosis per tahun, bergantung pada vaksin tertentu.

"Investasi ini akan memungkinkan Singapura untuk mengembangkan kapabilitas dalam modalitas terapeutik baru yang penting sebagai bagian dari strategi untuk menumbuhkan industri biofarmasi kami," kata Beh Swan Gin, ketua EDB.

Kinerja keuangan Biontech pada kuartal pertama 2021 (Q1) yang belum diaudit yang diterbitkan pada hari Senin memperlihatkan pendapatan meroket menjadi sekitar 2,05 miliar euro (US$ 2,5 miliar atau Rp 35,5 triliun) setelah kurang dari 28 juta euro pada Q1 tahun lalu.

“Peningkatan pendapatan ini terutama karena pasokan vaksin Covid-19 yang meningkat pesat di seluruh dunia,” kata Biontech.

Perkiraan pendapatan vaksin Covid-19 ke Biontech setelah pengiriman kontrak pasokan yang saat ini ditandatangani sekitar 1,8 miliar dosis adalah 12,4 miliar euro (Rp 213 triliun).

Menurut perusahaan Jerman itu, per 6 Mei, lebih dari 450 juta dosis BNT162b2, vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Biontech dan perusahaan Amerika Serikat (AS) Pfizer, telah dipasok ke 91 negara atau wilayah di seluruh dunia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Diperiksa soal Prank KDRT, Baim Wong Dicecar 25 Pertanyaan

Baim Wong dicecar dengan 25 pertanyaan oleh penyidik Polres Jakarta Selatan saat diperiksa terkait prank KDRT yang dilakukannya bersama Paula Verhoeven.

NEWS | 7 Oktober 2022

Disdik Jabar Bantah Ada Diskriminasi di SMAN 2 Depok

Disdik Jabar membantah adanya diskriminasi terhadap pelajar beragama Kristen di SMAN 2 Depok.

NEWS | 7 Oktober 2022

Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspadai 7 Penyakit Menular

Masyarakat diminta mewaspadai dampak yang timbul dari musim hujan seperti munculnya beberapa penyakit menular.

NEWS | 7 Oktober 2022

Penerbangan Langsung Rute Toraja-Balikpapan Dibuka

Penerbangan langsung atau direct flight Toraja menuju Balikpapan, maupun dari Balikpapan ke Toraja mulai beroperasi, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 7 Oktober 2022

Kapolri Dukung Penuh Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendukung sepenuhnya "Gerakan Bangga Buatan Indonesia". 

NEWS | 7 Oktober 2022

Jokowi Kaget Masyarakat Habiskan Rp 100 T Berobat ke Luar Negeri

Presiden Jokowi mengaku kaget masyarakat Indonesia menghabiskan dana US$ 6 miliar atau hampir Rp 100 triliun setiap tahunnya untuk berobat ke luar negeri.

NEWS | 7 Oktober 2022

KPK: Kerugian dari Sektor Kesehatan Capai Rp 821 Miliar

KPK mengungkapkan angka kerugian yang ditimbulkan akibat korupsi di sektor kesehatan menyentuh angka sekitar Rp 821 miliar.

NEWS | 7 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, 20 Personel Polri Diduga Langgar Etik

20 orang personel polisi diduga terlibat pelanggaran etik terkait dengan Tragedi Kanjuruhan yang terjadi di Malang, Jawa Timur.

NEWS | 7 Oktober 2022

Jokowi Pilih Heru Budi Hartono Gantikan Anies Baswedan

Heru Budi Hartono menjadi penjabat gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan yang masa jabatannya berakhir 16 Oktober 2022.

NEWS | 7 Oktober 2022

Jet Ski Rampasan Kasus Nurdin Abdullah, Dilelang KPK

KPK melelang jet ski senilai Rp 276,72 juta hasil rampasan pada kasus korupsi eks Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Diperiksa soal <em>Prank</em> KDRT, Baim Wong Dicecar 25 Pertanyaan

Diperiksa soal Prank KDRT, Baim Wong Dicecar 25 Pertanyaan

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings