Logo BeritaSatu

Masjid di India Diubah Jadi Pusat Perawatan Pasien Covid-19

Selasa, 11 Mei 2021 | 11:38 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

New Delhi, Beritasatu.com- Banyak masjid di seluruh India telah membuka pintunya untuk perawatan para pasien Covid-19. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Senin (10/5/2021), kondisi itu terjadi saat infrastruktur kesehatan India lumpuh akibat gelombang kedua Covid-19.

Saat ini, banyak rumah sakit kehabisan tempat tidur pasien dan oksigen medis, sementara obat-obatan kritis dijual di pasar gelap yang berkembang pesat. Platform media sosial telah dibanjiri dengan pesan SOS dari orang-orang yang meminta tabung oksigen dan masuk rumah sakit ketika pihak berwenang berjuang untuk mengatasi skala krisis.

Di tengah kekurangan itu, banyak tempat ibadah, termasuk masjid dan gurdwaras (kuil ibadah kaum Sikh), di seluruh India datang untuk membantu pasien yang membutuhkan dan beberapa di antaranya telah diubah menjadi pusat perawatan untuk pasien Covid-19.

Di sudut lain Baroda - kota berpenduduk 2 juta jiwa, Masjid Jahangirpura juga telah diubah menjadi fasilitas Covid dengan 50 tempat tidur pasien dan mengaku memiliki akses oksigen medis.

“Ini adalah waktu di mana kita semua harus berkumpul untuk membantu orang; itulah yang diajarkan agama kami kepada kami," kata Muhammad Irfan, wali masjid, kepada Al Jazeera.

Virus tidak memiliki agama dan kami percaya ini adalah krisis dan kami harus membantu semua dan menunjukkan kemanusiaan kami.


Sebagian masjid juga telah diubah menjadi bagian rawat jalan sementara untuk merawat pasien dengan gejala ringan. Orang-orang di seluruh India telah maju untuk memberikan bantuan apa pun yang mereka bisa.

“Virus tidak memiliki agama dan kami percaya ini adalah krisis dan kami harus membantu semua dan menunjukkan kemanusiaan kami. Saat ini di fasilitas kami ada banyak pemeluk agama lain, tapi kami buka untuk semua orang,” ujarnya.

Ponsel Arshad Siddiqui tidak berhenti berdering selama tiga minggu terakhir. Ketua Masyarakat Bulan Sabit Merah India, satu LSM yang berbasis di Mumbai itu, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa mereka membutuhkan oksigen.

LSM Siddiqui, yang tidak terkait dengan organisasi lain dengan nama serupa, menggunakan 20 masjid di seluruh Maharashtra untuk menjadikan tabung oksigen medis dan pengisian ulang dapat diakses oleh banyak orang.

“Kami memulai pekerjaan sukarela 10 hari yang lalu, dan awalnya kami kewalahan dengan sebanyak 20.000 panggilan setiap hari,” kata Siddiqui, seraya menambahkan bahwa situasi di Mumbai membaik sekarang.

"Kami memutuskan untuk menggunakan masjid untuk menjangkau orang-orang karena kami dikunci dan masjid saat ini kosong dan kami yakin kali ini orang-orang sekarat dan berjuang untuk mendapatkan bantuan," kata Siddiqui kepada Al Jazeera.

Siddiqui mengatakan bahwa LSMnya berencana untuk memperluas layanan mereka kepada orang-orang di negara bagian terpadat di India - Uttar Pradesh - yang menghadapi salah satu wabah virus yang paling parah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rumor Kudeta Tiongkok, Xi Jinping Disebut Jadi Tahanan Rumah

Rumor kudeta Tiongkok dan Xi Jinping sebagai tahanan rumah menjjadi salah satu topik trending teratas di Twitter

NEWS | 25 September 2022

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Media sosial dihebohkan dengan rumor kudeta Presiden Tiongkok, Xi Jinping di Beijing. Xi Jinping telah dimasukkan ke dalam tahanan rumah

NEWS | 25 September 2022

DPR: Shadow Team Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

Shadow team yang diungkapkan Mendikbudristek Nadiem Makarim di forum PBB adalah merendahkan SDM Kemendikbudristek.

NEWS | 24 September 2022

Polisi Amankan Terduga Pelaku Pengeroyokan Siswi SMP di Makassar

Polrestabes Makassar mengamankan empat terduga pelaku pengeroyokan siswi SMP berinisial LA (14). Keempat terduga merupakan rekan kelas korban.

NEWS | 24 September 2022

Masih Banyak Warga di Bantaran yang Buang Sampah ke Sungai

Salah satu penyebab masyarakat di Bekasi membuang sampah ke sungai karena masih rendahnya kesadaran mereka akan kebersihan.

NEWS | 24 September 2022

Puan Maharani Ungkap Tujuannya Bertemu Sejumlah Elite Parpol

Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengungkapkan tujuannya melakukan safari politik dan bertemu sejumlah elite parpol. 

NEWS | 24 September 2022

Career Day Mudahkan Masyarakat Cari Kerja di Tengah Pemulihan Ekonomi

Career Day tidak hanya memberikan kemudahan bagi alumni Universitas Bakrie yang hendak mencari kerja, tetapi juga untuk masyarakat umum.

NEWS | 24 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 24 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 Jakarta sampai tanggal 24 September 2022.

NEWS | 24 September 2022

Kenang Prof Samekto Wibowo, Rektor UGM: Beliau Guru Saya

Rektor UGM Yogyakarta Prof dr Ova Emilia mengenang sosok Prof Samekto Wibowo yang meninggal dunia usai terseret ombak di Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul.

NEWS | 24 September 2022

Guru Besar UGM yang Terseret Ombak Seorang Dokter Spesialis Neurologi

Guru besar UGM yang meninggal karena terseret ombak, Samekto Wibowo, merupakan dokter spesialis neurologi.

NEWS | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Nations League: Bek MU Cetak 2 Gol, Portugal Gilas Cheska

Nations League: Bek MU Cetak 2 Gol, Portugal Gilas Cheska

BOLA | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings