Logo BeritaSatu

Perketat Pembatasan, Muslim di Italia Kembali Rayakan Idulfitri di Tengah Pandemi Covid-19

Kamis, 13 Mei 2021 | 09:28 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Roma, Beritasatu.com- Umat Muslim di Italia merayakan Idulfitri kedua mereka di tengah pandemi virus corona dengan pertemuan yang lebih kecil dari biasanya di seluruh negeri.

Seperti dilaporkan Arabnews, Rabu (12/5/2021), pemimpin komunitas Muslim di Italia telah menyerukan kepatuhan ketat terhadap langkah-langkah untuk memerangi penyebaran Covid-19.

Seperti tahun lalu, pertemuan tradisidi taman Parco Dora di Turin tidak akan berlangsung. Sebaliknya, sembilan titik pertemuan untuk berdoa telah ditetapkan di seluruh kota.

Pergeseran ganda untuk ibadah telah diatur untuk menghindari terlalu banyak orang pada saat yang bersamaan. Pertemuan yang lebih kecil, langkah-langkah ketat direncanakan untuk memerangi penyebaran Covid-19

“Ini masih lebih baik dari tahun lalu. Tahun ini, setidaknya kami bisa bertemu dalam kelompok dan berdoa,”kata Imam Sadmir Aliovski, yang mengoordinasikan bantuan makanan untuk para pengangguran dan membutuhkan di Venesia selama Ramadan, kepada Arab News.

Masjid Taiba dan Rayan membatasi kapasitas, dan semua jemaah diwajibkan membawa sajadah sendiri dan memakai masker. Masjid Omar telah meminta umat untuk berkumpul di Valentino Park.

Lapangan dan pusat olahraga luar ruangan serta lapangan sepak bola juga akan digunakan untuk salat yang menandai akhir Ramadan.

Masjid Agung Roma memiliki ruang luar ruangan yang cukup besar, sehingga diadakan salat di sana. Upacara luar ruangan akan diselenggarakan di beberapa alun-alun di Roma, ibu kota Italia.

Islamic Center of Via Monzani di Marghera, Venesia, tidak akan menyediakan lokasi tradisional di Taman San Giuliano, tempat ribuan orang berkumpul setiap tahun. Sebaliknya, pertemuan kecil akan diatur di beberapa alun-alun.

Ibadah publik dijadwalkan di kota Montebelluna, tempat umat Islam akan bertemu pada jam 7 pagi di gym Caonada dengan Imam Mourchid Sallahdine.

Islamic Cultural Center of Villorba telah menjadwalkan salat berjamaah pada pukul 07.30 di tempat parkir depan arena olahraga dalam ruangan Palaverde.

Uskup Agung Katolik telah mengirimkan ucapan selamat Idulfitri kepada komunitas Muslim. Ia menyampaikan keinginan agar tempat ibadah umat Islam segera dapat menyambut umatnya kembali setelah pandemi covid-19 berakhir.

“Kami berharap bahwa meskipun ada kesulitan, dialog, pertemuan dan saling pengertian antara umat Kristen dan Muslim dapat menemukan momentum yang tepat,” kata Uskup Agung Turin Monsignor Cesare Nosiglia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kepala WTO Undur Jadwal Pembahasan Topik Sulit ke Awal 2024

Kepala Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Ngozi Okonjo-Iweala mengundurkan jadwal pembahasan topik sulit ke awal 2024

NEWS | 29 September 2022

Putin Prediksi Rusia Capai Rekor Panen 150 Juta Ton Gandum

Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia mengharapkan panen gandum rekor tertinggi pada 2022.

NEWS | 29 September 2022

Iriana Jokowi Dijadwalkan Menanam Pohon di Pulau Rinca

Iriana Jokowi melanjutkan kegiatan kunjungan kerjanya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (29/9/2022), dengan menanam pohon di Pulau Rinca.

NEWS | 29 September 2022

Malaysia Akan Cabut Aturan Wajib Masker di Penerbangan

Malaysia akan mencabut aturan wajib masker di dalam penerbangan yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Covid-19: Kebijakan Wajib Masker Masih Berlaku

Satgas Covid-19 menyatakan, pemerintah belum berencana mencabut kebijakan wajib masker seperti yang dilakukan negara lain.

NEWS | 29 September 2022

Tiongkok Tolak Keras Perbandingan Ukraina dengan Taiwan

Tiongkok bereaksi terhadap perbandingan antara Ukraina dengan Taiwan. Hal itu ditegaskan juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin.

NEWS | 29 September 2022

Kebanjiran Pengungsi Rusia, Latvia Nyatakan Negara Darurat

Latvia mengumumkan keadaan darurat di dekat perbatasannya dengan Rusia pada Rabu (28/9/2022) setelah kebanjiran pengungsi Rusia.

NEWS | 29 September 2022

TNI AU Selidiki Penemuan Granat Asap dan Peluru di Bekasi

TNI AU masih mendalami penemuan granat asap dan peluru yang ditemukan di sebuah rumah, di Pondokgede, Kota Bekasi, Selasa, 27 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Hari Ini, Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

BMKG DKI Jakarta menerangkan, potensi hujan disertai petir terjadi di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hingga menjelang malam hari.

NEWS | 29 September 2022

Pabrik Keramik di Bekasi Diberi Waktu Perbaiki Pengolahan Limbah

Pabrik keramik PT Sarana Griya Lestari Keramik diberi batas waktu untuk memperbaiki manajemen pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). 

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Putin Prediksi Rusia Capai Rekor Panen 150 Juta Ton Gandum

Putin Prediksi Rusia Capai Rekor Panen 150 Juta Ton Gandum

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings