Logo BeritaSatu

Pemilu Suriah Digelar, Pengaruh Assad Masih Kuat

Kamis, 27 Mei 2021 | 09:42 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Damaskus, Beritasatu.com- Pemilihan presiden Suriah dimulai pada Rabu (26/5/2021) di daerah-daerah yang dikuasai pemerintah di seluruh Suriah. Dengan kembalinya Presiden Bashar al Assad mengendalikan sebagian besar Suriah, pemilihan presiden ini menjadi kesempatan bagi rezim untuk menunjukkan sejauh mana kekuatannya.

Pada Rabu pagi, warga Suriah terbangun oleh tayangan televisi lokal dari Presiden Bashar al Assad dan ibu negara, Asma Assad, memberikan suara mereka. Pasangan itu tidak berada di kubu loyalis tetapi di Douma, kota satelit Damaskus yang penduduknya terbukti menjadi lawan paling gigih bagi rezim otoriter Suriah.

"Assad yang memberikan suara di Douma mengirimkan pesan kepada oposisi bahwa kami merayakan melalui kematian Anda. Kami berkuasa di sini, kami memegang kendali. Ini adalah pesan tentang siapa yang menjadi pemimpin di Suriah," kata Danny Makki, seorang jurnalis Inggris dan analis Suriah di Damaskus.

Menteri Dalam Negeri Suriah Mohammad al-Rahmoun mengumumkan pada hari Selasa bahwa lebih dari 12.000 tempat pemungutan suara telah didirikan di seluruh negeri untuk pemilihan presiden 26 Mei.

Menteri mengatakan semua persiapan logistik telah diselesaikan untuk memastikan pemilihan yang lancar, mencatat bahwa diperkirakan lebih dari 18 juta warga negara berhak untuk memilih.

Tiga kandidat mencalonkan diri dalam pemilihan, yaitu Presiden Bashar al-Assad, mantan wakil menteri kabinet Abdallah Saloum Abdallah, dan Mahmoud Ahmed Marei, ketua partai oposisi kecil Suriah.

Namun pertunjukan kekuatan politik ini terlihat di Damaskus, tempat poster raksasa Assad memoles dinding gedung tinggi, bundaran, dan pinggir jalan. Dalam beberapa pekan terakhir, makan malam dan dansa telah diadakan untuk mendukung kampanye presiden Suriah itu.

Amerika Serikat (AS), bersama dengan Inggris, Prancis, Jerman, dan Italia, merilis pernyataan bersama yang menyebut pemilihan presiden Suriah "tidak bebas atau adil" dan menyuarakan dukungan untuk masyarakat sipil dan kelompok oposisi Suriah yang mengutuk proses tersebut.

Dua penantang Assad dalam pemilihan presiden adalah Abdallah Saloum Abdallah, mantan wakil menteri kabinet, dan Mahmoud Ahmed Marei, yang memimpin satu partai oposisi kecil yang disetujui oleh pemerintah.

Sementara itu, lawan politik Assad yang diketahui masih berada di pengasingan, atau berada di antara puluhan ribu orang yang menurut PBB telah ditangkap, disiksa, dan dihilangkan ke penjara rezim sejak dimulainya konflik pada tahun 2011.

Calon presiden pada pemilu kali ini kekurangan dana dan waktu untuk berkampanye. Itu berarti, mereka tidak dapat mengajukan tantangan signifikan apa pun kepada Assad, yang keluarganya telah memerintah Suriah dengan tangan besi selama sekitar lima dekade.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, PSSI Hentikan Liga 1 Selama Sepekan

Buntut tragedi Kanjuruhan, PSSI memutuskan untuk menghentikan BRI Liga 1 2022/2023 selama satu pekan dan melarang Arema FC menjadi tuan rumah.

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan Dikabarkan Bertambah Jadi 62 Orang

Korban tewas dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya dikabarkan bertambah menjadi 62 orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Arema FC Akan Dilarang Jadi Tuan Rumah di Sisa Musim Liga 1

Komisi Disiplin PSSI menegaskan bahwa Arema FC bisa terkena sanksi tidak dapat menjadi tuan rumah di sisa laga BRI Liga 1 2022/2023.

NEWS | 2 Oktober 2022

Video: Gas Air Mata Bikin Massa di Kanjuruhan Panik

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya, Sabtu (1/10/2022) diduga disebabkan karena penggunaan gas air mata di Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ini Video Ribuan Suporter Merangsek Masuk Lapangan

Beredar video yang menunjukkan suporter merangsek masuk lapangan usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan: Aturan FIFA, Gas Air Mata Terlarang

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) diduga disebabkan karena penggunaan gas air mata.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, PSSI: Arema Bisa Kena Sanksi Keras

Kerusuhan terjadi di Stadion Kanjuruhan setelah laga BRI Liga 1 antara Arema FC dan Persebaya Surabaya, Sabtu, 1 Oktober 2022.

NEWS | 2 Oktober 2022

Persebaya Berduka atas Korban Tewas dalam Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Persebaya Surabaya menyampaikan duka cita atas jatuhnya korban jiwa dalam kerusuhan usai laga melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi di Kanjuruhan, PSSI Segera Investigasi

PSSI segera melakukan investigasi terkait kerusuhan yang berujung tragedi di dalam Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Gas Air Mata Dituding Penyebab Jatuhnya Korban di Kanjuruhan

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya dipandang karena tembakan gas air mata di dalam Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, PSSI Hentikan Liga 1 Selama Sepekan

Tragedi Kanjuruhan, PSSI Hentikan Liga 1 Selama Sepekan

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings