Logo BeritaSatu

Pilpres Masih Jauh, Trump Akan Mulai Kampanye Bulan Depan

Sabtu, 5 Juni 2021 | 10:31 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA

Beritasatu.com - Dalam waktu dekat ini, mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump akan menggelar kampanye besar-besaran meskipun pemihan presiden baru akan digelar pada 2024.

Pada awal Juli, dia akan hadir di hadapan pendukungnya di Dallas, Texas. Dia juga berencana hadir di Ohio, Alabama, dan Florida.

Sabtu (5/6/2021) ini, dia akan melakukan “pemanasan” dengan berpidato di hadapan para anggota Partai Republik di North Carolina.

Partai Republik punya ambisi untuk mengambil alih kendali di DPR dan Senat dari Partai Demokrat pada pemilu sela awal 2022 nanti.

Indikasi kembalinya ambisi Trump menjadi presiden muncul belum lama ini dengan dilakukannya audit hasil pilpres di Maricopa County, Arizona.

Lalu stasiun televisi One America News favorit Trump juga mengunggah rangkaian acara bincang-bincang yang menyebut Trump bisa kembali dilantik sebagai presiden kalau hasil pilrpres 2020 dinyatakan tidak sah.

Trump mengklaim bahwa audit di Arizona bisa dilakukan juga di Pennsylvania, Wisconsin, dan Georgia untuk membuktikan bahwa dia adalah pemenang pilpres yang sebenarnya, menurut sumber-sumber di kubu Trump.

Kemungkinan besar materi kampanye dia tidak akan jauh dari kemarahan terhadap pilpres 2020 dengan tema yang sama waktu itu: “Stop the Steal”, untuk mengulangi narasi bahwa kubu Demokrat telah “mencuri” suara Trump.

Pidatonya malam nanti juga diperkirakan akan mirip dengan yang dia sampaikan pada pertemuan Aksi Politik Konservatif Partai Republik Februari lalu.

Ketika itu, Trump memukau para hadirin dengan menyebut “proses pemilihan yang korup dan memuakkan” dan mengindikasikan akan kembali ikut pilpres dengan mengatakan akan “mengalahkan Demokrat untuk ketiga kalinya".

Facebook
Namun, upaya Trump kembali ke jalur pilpres mendapat pukulan tidak terduga Jumat kemarin.

Situs media sosial Facebook mengumumkan pembekuan akun mantan presiden itu berlaku hingga paling tidak dua tahun.

Kebijakan itu juga berlaku untuk akun Trump di Instagram.

Akun Trump di Facebook dan Instagram sudah diblokir sejak sehari pasca-kerusuhan di gedung Capitol 6 Januari 2021 tetapi tidak dikenakan batas waktu.

Facebook, yang memiliki 2 miliar lebih pengguna aktif, juga mengakhiri perlakuan khusus dalam moderasi konten untuk politisi.

Sebelumnya, mereka mendapat imunitas bahkan atas konten-konten yang dinilai bohong dan menyalahgunakan wewenang karena dianggap sebagai narasumber berita.

Tentang Trump, Facebook mengatakan dia telah melakukan pelanggaran berat atas kebijakan Facebook karena dinilai menghasut kekerasan di gedung Capitol.

"Berdasarkan parahnya situasi yang mendorong suspensi atas (akun) Mr Trump waktu itu, kami yakin tindakannya merupakan pelanggaran berat terhadap aturan kami dan layak dijatuhi penalti terberat yang ada," bunyi pernyataan Facebook.

"Jika kami menilai masih ada risiko serius terhadap keselamatan publik, kami akan memperpanjang pembatasan ini untuk periode selanjutnya dan terus melakukan evaluasi ulang sampai risiko itu tidak ada."

Jika Trump kembali ke akunnya nanti, setiap pelanggaran yang terjadi akan direspons dengan “rangkaian sanksi ketat yang bisa segera makin berat”, demikian ditambahkan.

Tanggapan Trump
Dalam pernyataan yang dirilis oleh komite aksi politik Save America, Trump menulis: "Aturan Facebook ini adalah penghinaan terhadap rekor jumlah 75 juta orang yang memilih kami ditambah orang-orang lainnya."

"Mereka seharusnya tidak bisa dibiarkan begitu saja menyensor dan membungkam orang, dan pada akhirnya, kami akan menang. Negara kita tidak boleh menerima kesewenangan seperti ini lagi!"

Dalam pernyataan terpisah, Trump juga langsung menyerang si pendiri Facebook.

"Nanti ketika saya di Gedung Putih, tidak akan ada jamuan makan malam lagi bersama Mark Zuckerberg dan istrinya atas permintaan dia,” kata Trump.

"Semuanya nanti hanya akan bersifat bisnis!"

Keputusan Facebook membuat Trump bisa kembali menggunakan akunnya sebelum pemilihan presiden 2024.

Sebelumnya, situs media sosial bernama From the Desk of Donald J Trump juga telah ditutup permanen.

Selain oleh Facebook, Trump juga diblokir oleh Twitter, YouTube, Snapchat, Twitch dan sejumlah situs lain terkait kerusuhan 6 Januari.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BBC, CNN

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pengacara Lukas Enembe Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening dilaporkan oleh Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw.

NEWS | 29 September 2022

Perindo Bidik 20% Kursi DPRD di Kalimantan Timur

Hary Tanoesoedibjo (HT) membidik perolehan 20 persen kursi legislatif atau DPRD provinsi dan kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim) untuk Perindo.

NEWS | 29 September 2022

Tokoh Adat Papua Imbau Semua Pihak Jaga Situasi Damai

Tokoh adat dari Sentani, Jayapura, Papua, Yanto Eluay mengimbau semua pihak di Tanah Papua untuk menjaga situasi damai.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi Minta Kepala Daerah Ajak Masyarakat Berwisata di dalam Negeri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah mengajak masyarakat untuk melakukan wisata di dalam negeri.

NEWS | 29 September 2022

Ini Tips Investasi Aman dan Legal di Era Digital

Dibutuhkan pemahaman yang baik dan tepat mengenai ragam investasi secara digital tersebut agar terhindar dari kerugian.

NEWS | 29 September 2022

Skor Efektivitas Pemerintahan Modal Wujudkan Birokrasi Kelas Dunia

Peningkatan skor efektivitas pemerintahan di Indonesia versi Bank Dunia, menjadi modal besar bagi pemerintah menciptakan visi birokrasi kelas dunia.

NEWS | 29 September 2022

Abdillah Toha Nilai Mahfud MD Sosok Bersih dan Tegas

Cendekiawan muslim Abdillah Toha menilai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai sosok yang bersih dan tegas.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi Tegaskan Percepat Belanja Produk Dalam Negeri

Presiden Jokowi meminta seluruh jajaran terkait  mempercepat realisasi komitmen belanja produk dalam negeri.

NEWS | 29 September 2022

Urgensi Negara Islam Berubah, Palestina Berdaulat Sudah Bukan yang Utama

Urgensi negara-negara Islam atau negara dengan banyak penduduk Islam telah berubah, tak lagi mengutamakan Palestina yang berdaulat.

NEWS | 29 September 2022

DPR Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Puan: Komitmen Selamatkan Bumi

DPR telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk memenuhi kebutuhan tambahan listrik gedung wakil rakyat.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengacara Lukas Enembe Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Pengacara Lukas Enembe Dilaporkan ke Bareskrim Polri

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings