Logo BeritaSatu

Anak Kedua Pangeran Harry Diberi Nama dari Nenek dan Ibunya

Selasa, 8 Juni 2021 | 07:35 WIB
Oleh : Grace El Dora / EHD

Los Angeles, Beritasatu.com - Pangeran Harry dan Meghan Markle mengumumkan kelahiran putri mereka Lilibet Diana, dinamai berdasarkan nenek Harry, Ratu Elizabeth II, dan mendiang ibunya. Momen bahagia tersebut mengakhiri setahun hubungan yang semakin tegang antara pasangan tersebut dengan keluarga kerajaan Inggris.

Bayi itu lahir dengan sehat pada Jumat (4/6) di Santa Barbara, California Selatan dan sekarang bersama Meghan di rumah pasangan itu di daerah tersebut. Bayi itu kini berada di urutan kedelapan pewaris takhta.

"Lili dinamai menurut nama nenek buyutnya, Yang Mulia Ratu, yang nama panggilan keluarganya adalah Lilibet. Nama tengah Diana dipilih untuk menghormati mendiang nenek tercintanya, Putri Wales," kata pernyataan dari Harry dan Meghan, Senin (7/6/2021).

"Dia (lahir dengan) berat 3,5 kilogram (kg). Baik ibu dan anak sehat dalam keadaan baik, dan menetap di rumah," pernyataan tersebut menjelaskan tentang anak pasangan Harry dan Meghan.

Tidak lama setelah pengumuman itu, juru bicara Istana Buckingham mengatakan Ratu dan keluarga kerajaan Inggris telah diberitahu. "Senang dengan berita kelahiran seorang putri untuk Duke dan Duchess of Sussex," jelas pengumuman tersebut.

Ayah Harry Charles dan saudara laki-lakinya William juga mengirimkan ucapan selamat. "Semoga mereka semua baik-baik saja di waktu yang istimewa ini," Pangeran Wales mengunggah lewat media sosial Twitter.

"Kami semua senang dengan kabar gembira tentang kedatangan bayi Lili," Duke dan Duchess of Cambridge mengatakan melalui media yang sama.

Menambah daftar itu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga mengirimkan ucapan selamat.

Para selebritas menyambut berita itu. "Selamat Meghan, Harry, dan Archie. Selamat datang di dunia, Lilibet! Saya lebih bersemangat dari Lilibet untuk bertemu denganmu," komedian Ellen DeGeneres, yang merupakan teman pasangan itu, menulis.

Pasangan itu tinggal di Amerika Serikat (AS) setelah keputusan mereka untuk berhenti dari tugas kerajaan garis depan, awal tahun lalu.

Sebuah pesan di situs Archewell Foundation yang didirikannya mengatakan bahwa keduanya mengambil cuti kelahiran. Pihaknya menambahkan, hadiah apa pun dapat dikirim sebagai sumbangan ke empat badan amal terpilih, antara lain Girls Inc., Harvest Home, CAMFED, dan Myna Mahila Foundation.

Harry dan Meghan pada Maret lalu mengikuti sesi wawancara mengejutkan dengan pembawa acara talk show AS Oprah Winfrey. Jawaban yang dilontarkan memicu krisis terbesar keluarga kerajaan sejak ibu Harry meninggal dalam kecelakaan mobil pada 1997.

Dua jam sesi tanya jawab tersebut dilihat oleh lebih dari 17 juta orang di AS dan lebih dari 11 juta orang di Inggris. Di situ, Harry dan Meghan mengatakan rasisme menjadi salah satu alasan mereka keluar dari Inggris.

Bersyukur Atas "Cinta dan Doa"

Pasangan itu sempat mengatakan, seorang bangsawan senior telah berspekulasi tentang seberapa gelap kulit anak mereka sebelum dia lahir.

Ada pun ibu Meghan berkulit hitam dan ayahnya berkulit putih.

Meghan, yang adalah mantan aktris, juga mengatakan kepada Winfrey bahwa ia dengan "naif" tidak siap untuk hidup sebagai seorang bangsawan. Ia mengaku sempat berpikir untuk bunuh diri saat hamil anak pertamanya Archie.

Harry (36) dan Meghan (39) menuduh surat kabar melakukan stereotip rasial, terutama yang membahas liputan tentang kakak ipar Harry, Kate, yang berkulit putih.

Pangeran Harry dikatakan memiliki hubungan yang baik dengan kakek dan neneknya.

Dia mengatakan kepada pembawa acara talk show James Corden awal tahun ini, dirinya telah berbicara melalui panggilan video dengan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip sejak pindah ke AS, sehingga mereka bisa melihat cicitnya Archie.

Harry telah berbicara dengan ayahnya beberapa kali sejak wawancara Oprah keluar, terutama setelah pemakaman Pangeran Philip, menurut media Inggris.

Dalam serial dokumenter baru yang dirilis bulan lalu, Harry sekali lagi menekankan bahwa keluarganya menutup mata untuk perjuangan istrinya, mengatakan bahwa dirinya "tidak akan pernah diganggu dalam diam".

Namun, kedatangan Lili membuat catatan yang lebih manis setelah masa publik yang menyakitkan dalam hidup mereka.

"Dia lebih dari yang pernah kami bayangkan dan kami tetap bersyukur atas cinta dan doa yang kami rasakan dari seluruh dunia," kata Harry dan Meghan.

"Terima kasih atas kebaikan dan dukungan Anda yang berkelanjutan selama waktu yang sangat istimewa ini untuk keluarga kami," lanjutnya.

Berita kelahiran itu dirayakan di pers Inggris, dengan tabloid Sun menuliskan "Putri Kecil Kita" di halaman depannya, dicetak dengan huruf kapital. (afp/eld)



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden juga menjamin bahwa Amerika tidak akan pernah mengakui wilayah pencaplokan di Ukraina sebagai bagian dari Rusia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Resolusi PBB Bela Ukraina Langsung Diveto Rusia

Meskipun hanya Rusia yang menentang, tetapi dia adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang punya hak veto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Zelensky Minta Jalur Prioritas Jadi Anggota NATO

Jika Ukraina menjadi anggota NATO, maka negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat bisa membelanya dalam perang melawan Rusia saat ini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan.

NEWS | 1 Oktober 2022

PKB dan Gerindra Tunggu Hari Baik Umumkan Capres-Cawapres

PKB dan Gerindra tinggal menunggu hari baik untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Salurkan Paket Sembako

Sahabat Ganjar, relawan Ganjar Pranowo, menggelar Jumat Berkah dengan menyalurkan bantuan di Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Soppeng.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022

Alasan Bawaslu Hentikan Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Anies Baswedan

Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan alasan pihaknya menghentikan laporan dugaan pelanggaran kampanye Anies Baswedan terkait tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 30 September 2022

KPK Ungkap Ada Pihak yang Bangun Opini agar Lukas Enembe Hindari Pemeriksaan

KPK mengungkapkan adanya pihak yang membangun opini agar Gubernur Papua, Lukas Enembe menghindari pemeriksaan sebagai tersangka. 

NEWS | 30 September 2022

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Wakil Ketua MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad akhirnya melaporkan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalliti ke BK DPD.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
September Kelabu di Wall Street, S&P 500 Turun 9%

September Kelabu di Wall Street, S&P 500 Turun 9%

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings