Logo BeritaSatu

Truk Angkut 7 Juta Butir Peluru Dirampok di Meksiko

Minggu, 13 Juni 2021 | 13:26 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Guanajuato, Beritasatu.com- Dua truk trailer yang mengangkut tujuh juta butir amunisi ke Amerika Serikat disergap oleh penjahat bersenjata di jalan raya Meksiko. Seperti dilaporkan RT, Sabtu (12/6/2021), pabrik senjata terkait menyatakan sebagian besar amunisi itu masuk kaliber kecil dan tidak akan berguna untuk kartel narkoba.

Pengiriman sekitar tujuh juta butir peluru dicegat awal pekan ini di jalan raya di Guanajuato, negara bagian Meksiko yang dilanda kekerasan yang berasal dari perdagangan narkoba. Beruntung, pengemudi kedua truk ditemukan dalam keadaan hidup.

Sekitar 98,5% dari peluru kaliber 22 mm adalah amunisi berdaya rendah yang biasanya digunakan untuk latihan target atau berburu permainan kecil. Kartel Meksiko biasanya dipersenjatai dengan senapan AK-47 dan AR-15 yang kuat yang menggunakan peluru berkecepatan tinggi.

Seorang juru bicara pembuat amunisi, Tecnos Industries, mengatakan bahwa peluru yang dicuri tidak akan banyak berguna bagi kartel narkoba, mencatat bahwa mereka tidak menggunakan senjata kaliber 22 mm.

Tapi ada kemungkinan amunisi itu masih akan menemukan jalannya ke pasar gelap. Di masa lalu, pihak berwenang telah menangkap orang-orang yang menjual senjata "pena" improvisasi, senjata sekali tembak yang disamarkan sebagai pena yang menggunakan peluru kaliber 22 mm.

Bukan hal yang aneh jika senjata dan amunisi berpindah antara Meksiko dan Amerika Serikat – meskipun sebagian besar kasus melibatkan penggunaan senjata ilegal. Bulan lalu, seorang polisi patroli jalan raya Texas menemukan lebih dari selusin senjata api dan lebih dari 3.500 butir amunisi setelah menyeret seorang tersangka yang diyakini sedang menuju ke Meksiko.

Meksiko telah berjuang selama bertahun-tahun untuk mengendalikan kartel narkoba. Sebagian besar kekerasan telah disalahkan pada senjata serbu yang diselundupkan ke negara itu dari Amerika Serikat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PGRI Dorong Penuntasan Tunjangan Profesi bagi 1,6 Juta Guru

PGRI mendorong pemerintah melalui Kemendikbudristek guna menuntaskan 1,6 juta guru yang belum mendapatkan tunjangan profesi.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Berupaya Evakuasi Terduga Teroris DPO MIT Poso

Personel kepolisian berusaha mengevakuasi jasad terduga teroris Askara alias Pak Guru yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Mujahidin Indonesia Timur.

NEWS | 29 September 2022

Ibunda Brigadir J Harap Penegak Hukum Bekerja Jujur

Ibunda Brigadir J, Rosti Simanjuntak berharap penegak hukum bekerja dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya.

NEWS | 29 September 2022

Mbah Mijan Sebut Lesti Kejora dan Rizky Billar Jodoh Panjang, Warganet Bereaksi

"Lesti Kejora dan Rizky Billar berjodoh panjang, Mbah doakan yang terbaik," kata Mbah Mijan dalam akun Twitter pribadinya.

NEWS | 29 September 2022

HT Dikukuhkan Jadi Ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso

Ketua UmumPerindo Hary Tanoesoedibjo (HT) dikukuhkan sebagai ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso (Apmiso) Nusantara.

NEWS | 29 September 2022

PGRI Minta UU Guru dan Dosen Dikeluarkan dari RUU Sisdiknas

PB PGRI meminta pemerintah untuk mengeluarkan Undang-Undang Guru dan Dosen dari Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas).

NEWS | 29 September 2022

Pertemuan Airlangga dan Puan Akan Buka Peluang Koalisi PDIP-KIB

Pertemuan Airlangga-Puan akan membuka peluang koalisi PDIP dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 29 September 2022

Pakar Hukum Nilai Putri Candrawathi Seharusnya Ditahan

Pakar hukum pidana dari Unsoed, Prof Hibnu Nugroho menilai istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi seharusnya ditahan sebagai bentuk kesamaan di mata hukum.

NEWS | 29 September 2022

Satu Terduga Teroris Poso Berhasil Dilumpuhkan Satgas

Satgas Madago Raya berhasil melumpuhkan satu orang anggota terduga teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi Ungkap Hal Fundamental agar Indonesia Bisa Bersaing

Presiden Jokowi menyebutkan 3 hal fundamental yang harus terus dibenahi dan dibangun agar Indonesia mampu bersaing di kancah global.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Infrastruktur Era Jokowi Solusi Tingkatkan Daya Saing

Infrastruktur Era Jokowi Solusi Tingkatkan Daya Saing

EKONOMI | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings