Logo BeritaSatu

ICC Minta Investigasi Perang Narkoba Duterte

Selasa, 15 Juni 2021 | 21:02 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Den Haag, Beritasatu.com- Kantor Kejaksaan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) telah meminta hakim untuk menyelidiki pembunuhan ribuan orang di Filipina sebagai bagian dari apa yang disebut "perang melawan narkoba" oleh Presiden Rodrigo Duterte.

"Saya mengumumkan bahwa pemeriksaan pendahuluan terhadap situasi di Republik Filipina telah selesai dan saya telah meminta otorisasi yudisial untuk melanjutkan penyelidikan," kata Kepala Jaksa ICC Fatou Bensouda pada Senin (14/6/2021).

Bensouda mengatakan ada “dasar yang masuk akal untuk percaya bahwa kejahatan terhadap kemanusiaan pembunuhan telah dilakukan” antara 1 Juli 2016 – sehari kepresidenan Duterte – dan 16 Maret 2019, sehari setelah Filipina secara resmi meninggalkan ICC.

“Penyelidikan awal menunjukkan bahwa hingga puluhan ribu orang telah dibunuh ‘secara tidak sah’ oleh Polisi Nasional Filipina dan lainnya,” katanya.

Bensouda mengatakan kantornya juga telah meninjau informasi yang berkaitan dengan "dugaan penyiksaan dan tindakan tidak manusiawi lainnya" pada awal 2011, sebelum Duterte menjabat sebagai presiden.

Terlepas dari penarikan Filipina dari Statuta Roma ICC, pengadilan yang berbasis di Den Haag masih mengklaim yurisdiksi atas Filipina selama bertahun-tahun itu tetap menjadi bagian dari ICC.

Jika penyelidikan ICC ke Filipina berlanjut, ICC akan dipimpin oleh Karim Khan, penerus Bensouda yang mengambil alih darinya setelah dia menyelesaikan masa jabatannya pada 15 Juni.

Ketika mulai menjabat pada musim panas 2016, Duterte bersumpah akan memberantas narkoba dan memerintahkan polisi untuk membunuh siapa pun yang dicurigai terlibat dalam perdagangan zat terlarang.

Laporan jumlah kematian di bawah tindakan keras bervariasi, dengan situs berita lokal Rappler mengklaim polisi sendiri telah membunuh 7.884 tersangka tersangka hingga September tahun lalu. Namun, ada perkiraan oleh kelompok hak asasi manusia lokal bahwa pembunuhan main hakim sendiri dalam perang narkoba telah merenggut sebanyak 27.000 nyawa.

Polisi telah membantah tuduhan pembunuhan. Duterte, yang secara terbuka mengancam akan membunuh pengedar narkoba, telah membantah memerintahkan pembunuhan di luar hukum sebagai bagian dari tindakan keras.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Diberi Gelar Dada Ma Dopo Malomo oleh Sultan Ternate

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate, yaitu Dada Ma Dopo Malomo

NEWS | 28 September 2022

Gobel: Mendikbudristek Tak Paham Kebutuhan Indonesia

Wakil Ketua DPR Bidang Korinbang, Rachmat Gobel mengkritik pernyataan Mendikbudristek Nadiem Makarim tentang keberadaan tim bayangan

NEWS | 28 September 2022

Komisi III Gelar Fit and Proper Test 2 Calon Pimpinan KPK

Komisi III DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan dua calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar

NEWS | 28 September 2022

Sidang Putusan, KPK Yakin Eks Dirjen Kemendagri Dinyatakan Bersalah

Eks Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochammad Ardian Noervianto bakal menghadapi sidang dengan agenda pembacaan putusan

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate

Jokowi dianugerahi gelar kehormatan adat Kesultanan Ternate pada acara yang diselenggarakan di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara

NEWS | 28 September 2022

Program Vaksinasi Covid-19 Diperluas untuk WNA

emerintah memperluas program vaksinasi Covid-19, yakni tidak hanya untuk masyarakat Indonesia, tetapi juga menyasar WNA.

NEWS | 28 September 2022

Dapat Kewarganegaraan Rusia, Edward Snowden Tak Ikut Perang Ukraina

Presiden Vladimir Putin telah memberikan kewarganegaraan Rusia kepada pelapor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) Edward Snowden.

NEWS | 28 September 2022

Anggaran Pemilu 2024 KPU Kota Bogor Capai Rp 4,1 Miliar

Pemerintah mengucurkan anggaran Rp 4,1 miliar untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 kepada KPU Kota Bogor

NEWS | 28 September 2022

Ke Maluku Utara, Jokowi Dianugerahi Gelar Adat

Hari ini Jokowi mengunjungi Ternate, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, guna menerima anugerah gelar  adat

NEWS | 28 September 2022

Rabu Ini, Sebagian Jakarta Diguyur Hujan Mulai Siang Nanti

Menurut prakiraan cuaca BMKG, pada pagi hari semua wilayah DKI Jakarta bercuaca cerah berawan dan hujan baru akan mengguyur mulai siang hari.

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Diberi Gelar Dada Ma Dopo Malomo oleh Sultan Ternate

Jokowi Diberi Gelar Dada Ma Dopo Malomo oleh Sultan Ternate

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings