Logo BeritaSatu

Survei: Mayoritas Rakyat Brasil Dukung Pemakzulan Presiden Bolsonaro

Minggu, 11 Juli 2021 | 12:33 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Rio de Janeiro, Beritasatu.com- Mayoritas rakyat Brasil mendukung pemakzulan Presiden Jair Bolsonaro. Temuan itu terungkap dari survei Datafolha yang dirilis pada Sabtu (10/7/2021). Kini tuduhan korupsi serius terkait pengadaan vaksin menghantam citra pemimpin sayap kanan yang sudah babak belur itu.

Menurut survei Datafolha, 54% rakyat Brasil mendukung langkah yang diusulkan oleh majelis rendah negara itu untuk membuka proses pemakzulan terhadap Bolsonaro, sedangkan 42% menentangnya.

Advertisement

Dalam survei Datafolha terakhir tentang masalah ini, yang dirilis pada bulan Mei, pendukung dan penentang pemakzulan pada dasarnya terikat.

Dalam jajak pendapat Datafolha terpisah, yang dirilis pada Kamis (8/7), 51% orang Brasil mengatakan mereka tidak setuju dengan Bolsonaro, angka penolakan tertinggi sejak ia menjabat pada Januari 2019.

Dalam beberapa pekan terakhir, Brasilia telah diguncang oleh tuduhan bahwa pejabat federal meminta suap untuk mempercepat dan membayar lebih untuk vaksin Covaxin yang dikembangkan oleh Bharat Biotech India. Pada akhir Juni, Kementerian Kesehatan Brasil menangguhkan kesepakatan pengadaan vaksin itu senilai US$ 304 juta atau Rp 4,4 triliun.

Seorang pejabat Kementerian Kesehatan dan seorang anggota kongres mengatakan mereka berbagi keprihatinan soal kesepakatan Covaxin dengan Bolsonaro, tetapi tampaknya tidak ada tindakan yang diambil. Pekan lalu, seorang hakim Mahkamah Agung mengizinkan penyelidikan terhadap presiden karena melalaikan tugas.

Dalam satu wawancara radio pada Sabtu (10/7), Bolsonaro mengatakan dia telah mengambil tindakan setelah para pejabat berbagi keprihatinan mereka tentang kesepakatan Covaxin, tetapi dia tidak menjelaskan lebih lanjut.

"Saya bertemu dengan 100 orang per bulan tentang topik yang paling bervariasi ibisa dibayangkan. Saya mengambil tindakan dalam kasus ini," katanya kepada Radio Gaucha di Brasil selatan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Maskapai Rusia Mulai Alami Kesulitan Suku Cadang Pesawat

Maskapai Rusia Mulai Alami Kesulitan Suku Cadang Pesawat

NEWS | 18 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings