Logo BeritaSatu

Jamur Hitam Renggut Nyawa 4.300 Warga India

Kamis, 22 Juli 2021 | 12:08 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

New Delhi, Beritasatu.com- Lebih dari 4.300 orang telah meninggal karena "jamur hitam" yang mematikan di India. Seperti dilaporkan BBC, Kamis (22/7/2021), kasus jamur hitam atau Mucormycosis ikut memengaruhi pasien Covid-19.

“India telah melaporkan 45.374 kasus infeksi langka dan berbahaya ini, yang disebut mucormycosis,” kata Menteri Kesehatan Mansukh Mandaviya.

Jamur "maut" hitam menginfeksi hidung, mata dan kadang-kadang otak, dan biasanya menyerang 12-18 hari setelah pemulihan dari Covid. Hampir setengah dari mereka yang terinfeksi masih menerima perawatan.

Dokter mengatakan jamur memiliki hubungan dengan steroid yang digunakan untuk mengobati Covid, dan penderita diabetes berada pada risiko tertentu.

Steroid mengurangi peradangan di paru-paru untuk Covid-19 dan tampaknya membantu menghentikan beberapa kerusakan yang dapat terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bekerja berlebihan untuk melawan virus corona.

Tetapi steroid juga mengurangi kekebalan dan meningkatkan kadar gula darah baik pada penderita diabetes maupun pasien non-diabetes Covid-19.

Diperkirakan bahwa penurunan kekebalan ini dapat memicu kasus mucormycosis pada penderita diabetes atau individu dengan gangguan kekebalan yang parah, seperti pasien kanker atau orang dengan HIV/Aids.

“Suntikan antijamur adalah satu-satunya obat yang efektif melawan penyakit ini,” kata dokter.

Dua negara bagian yang terkena dampak terburuk adalah Maharashtra dan Gujarat, tempat 1.785 orang telah meninggal karena mucormycosis.

Kepada BBC, Raghuraj Hegde, seorang ahli bedah mata yang berbasis di Bangalore yang telah merawat sejumlah pasien mucormycosis, mengatakan telah terjadi "penghitungan besar-besaran dari kedua kasus dan kematian" akibat penyakit tersebut.

“Biasanya, kematian pada mucormycosis terjadi berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah terkena penyakit. Saat ini, sistem kami tidak bagus untuk menangkap data itu,” katanya.

Hedge menambahkan kasus mucormycosis juga kurang dihitung karena diagnosis sulit di rumah sakit yang lebih kecil dan di daerah pedesaan dan hanya sebagian kecil dari kasus yang mencapai rumah sakit di kota-kota besar.

Dokter mengatakan bahwa banyak pasien meninggal karena penyakit itu bahkan sebelum mencapai rumah sakit. Sementara sejumlah pasien yang dirawat dan sembuh tampaknya mengalami kekambuhan.

“Kami melihat pasien yang dirawat secara agresif untuk penyakit ini dan dipulangkan dari rumah sakit kembali dengan infeksi berulang yang bermanifestasi dalam penyebaran penyakit yang lebih luas di mata atau otak,” timpal Akshay Nair, seorang ahli bedah mata yang berbasis di Mumbai. BBC.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Penyebab Kepuasan Kinerja Jokowi Naik 5 Persen dalam Sepekan

Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi naik 5 persen dalam sepekan. Ini alasannya. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Ditolak Denmark, Prancis Akan Kirim Howitzer ke Ukraina

Prancis akan mengirim howitzer yang ditolak Denmark ke Ukraina. Kyiv mungkin mendapatkan hingga 12 howitzer Caesar dari Paris.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ridwan Kamil Masih Rahasiakan Parpol yang Jadi Pelabuhannya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil masih merahasiakan soal parpol mana yang menjadi pelabuhan politiknya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kemendagri Dorong Kebijakan Afirmatif pada Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender

Program pengarusutamaan gender menjadi bagian dari strategi pemerintah untuk mempercepat pembangunan di pusat maupun daerah.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies Bakal Diumumkan Surya Paloh sebagai Capres Nasdem?

Ketum Partai Nasdem Surya Paloh akan mengumumkan capers yang diusung Nasdem di Pilpres 2024 besok. Beredar kabar capres itu adalah Anies Baswedan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

Nama Anies Baswedan bergema ketika para peserta Supermentor-27 merespons pernyataan Dino Patti Djalal soal sosok yang bakal memimpin Indonesia.

NEWS | 2 Oktober 2022

NATO Peringatkan, Rusia Melemah tetapi Masih Berbahaya

NATO memperingatkan bahwa Rusia melemah tetapi masih berbahaya. Presiden Vladimir Putin dan Angkatan Bersenjata Rusia tidak boleh diremehkan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Gubernur Khofifah Berharap Tragedi Kanjuruhan Tak Terulang

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap tragedi Kanjuruhan, yang menewaskan 174 orang tidak terulang kembali.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies: Doakan Saya Bisa Jalankan Amanat Setelah Tak Jadi Gubernur

Anies Baswedan pun meminta doa kepada masyarakat agar dapat menuntaskan tugasnya hingga akhir masa jabatannya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kapolri Janji Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjanji akan mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan, Malang, yang mengakibatkan sebanyak 125 orang meninggal dunia.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Penyebab Kepuasan Kinerja Jokowi Naik 5 Persen dalam Sepekan

Ini Penyebab Kepuasan Kinerja Jokowi Naik 5 Persen dalam Sepekan

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings