Logo BeritaSatu

WHO: Hitungan Bulan, Varian Delta Akan Dominasi Indonesia

Kamis, 22 Juli 2021 | 15:19 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jenewa, Beritasatu.com- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada Rabu (21/7/2021), memperkirakan varian Delta Covid-19 akan mendominasi di banyak negara dalam berapa bulan mendatang, termasuk. Indonesia.

Seperti dilaporkan AFP, WHO menyebut varian Delta, yang pertama kali terdeteksi di India, kini tercatat di 124 wilayah atau 13 wilayah lebih banyak dari pekan lalu. Varian Delta sudah menyumbang lebih dari tiga perempat spesimen yang diurutkan di banyak negara besar.

“Diprediksi Delta akan dengan cepat bersaing dengan varian lain dan menjadi garis keturunan dominan yang beredar selama beberapa bulan mendatang,” kata badan kesehatan PBB dalam pembaruan epidemiologi mingguannya.

Dari tiga variant of concern (VoC) lainnya, Alpha, yang pertama kali terdeteksi di Inggris, telah dilaporkan di 180 wilayah (naik enam dari minggu lalu). Beta, pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan, telah dilaporkan di 130 wilayah (naik tujuh) dan Gamma, pertama kali terdeteksi di Brasil, di 78 (naik tiga).

Menurut urutan SARS-CoV-2 yang diajukan ke inisiatif sains global GISAID selama empat minggu hingga 20 Juli, prevalensi Delta melebihi 75% di beberapa negara. Negara-negara itu termasuk Australia, Bangladesh, Botswana, Inggris, Tiongkok, Denmark, India, Indonesia, Israel, Portugal, Rusia, Singapura, dan Afrika Selatan.

“Bukti yang berkembang mendukung peningkatan penularan varian Delta dibandingkan dengan non-VOC. Namun, mekanisme yang tepat untuk peningkatan penularan masih belum jelas,” kata WHO.

Organisasi yang berbasis di Jenewa itu menyatakan secara keseluruhan, 3,4 juta kasus Covid-19 baru dilaporkan dalam seminggu hingga 18 Juli - naik 12% pada minggu sebelumnya.

“Pada tingkat ini, diharapkan jumlah kumulatif kasus yang dilaporkan secara global dapat melebihi 200 juta dalam tiga minggu ke depan,” kata WHO.

Organisasi tersebut menyatakan peningkatan global dalam penularan tampaknya didorong oleh empat faktor: Varian yang lebih menular; relaksasi langkah-langkah kesehatan masyarakat; peningkatan interaksi sosial dan sejumlah besar orang yang tidak divaksinasi.

Kasus naik 30%% di wilayah Pasifik Barat WHO dan naik 21% di wilayah Eropa. Jumlah kasus baru tertinggi dilaporkan dari Indonesia (350.273 kasus baru; naik 44%), Inggris (296.447 kasus baru; naik 41%), dan Brasil (287.610 kasus baru; turun 14%).

Jumlah kematian mingguan, bagaimanapun, tetap stabil di 57.000 kasus, mirip dengan minggu sebelumnya dan mengikuti penurunan yang stabil selama lebih dari dua bulan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jelang Sidang Indra Kenz, Korban: Kami Menuntut Ganti Rugi

Menjelang sidang pembacaan tuntutan terhadap Indra Kenz di PN Kota Tangerang sore ini, perwakilan korban menuntut adanya ganti rugi  

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Akan Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan dan Tinjau Stadion

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan menjenguk korban tragedi Kanjuruhan di RSUD dr Saiful Anwar Kota Malang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Polisi Tangkap Seorang Perakit Bom Terkait Ledakan di Riau

Polda Riau menangkap seorang pria berinisial, MN yang diduga perakit bom terkait ledakan bom di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

NEWS | 5 Oktober 2022

Sesepuh Aremania Anto Baret: Kita Kawal Pengusutan Tragedi Kanjuruhan

Tokoh sekaligus sesepuh Aremania , Anto Baret mendesak tim investigasi maupun pihak penegak hukum agar bersikap transparan dalam kasus tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 5 Oktober 2022

HUT Ke-77 TNI, Jokowi Saksikan Defile Alutsista di Depan Istana Merdeka

Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri, Wury Ma'ruf Amin, menyaksikan defile pasukan dan pawai alutsista.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ferdy Sambo Pasrah dan Sebut Putri Candrawathi Tak Terlibat

Mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo mengaku pasrah dan menyerahkan nasibnya kepada majelis hakim

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Minta TNI Waspada Perubahan Geopolitik Global

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para prajurit TNI selalu siap dalam menghadapi tantangan dan perubahan geopolitik global.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pertama Kalinya, Ferdy Sambo Memohon Maaf kepada Keluarga Brigadir J

Mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo pertama kalinya menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 5 Oktober 2022

Lukas Enembe Didorong Buka Diri Terima Panggilan KPK

Gasper May mendorong Gubernur Papua, Lukas Enembe membuka diri untuk menerima Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jenderal Andika: 4 Prajurit TNI Akui Bertindak Berlebihan

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan sudah ada 4 prajurit TNI yang mengaku telah melakukan tindakan berlebihan

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Juventus vs Maccabi Haifa, Partai Wajib Menang untuk Kedua Tim

Juventus vs Maccabi Haifa, Partai Wajib Menang untuk Kedua Tim

BOLA | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings