Logo BeritaSatu

Tiongkok Tolak Proposal WHO Balik ke Wuhan

Kamis, 22 Juli 2021 | 15:46 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Tiongkok menolak proposal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk kembali ke Wuhan dan menyelidiki asal usul Covid-19. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Kamis (22/7/2021), Para pejabat Tiongkok bersikeras kebocoran laboratorium “sangat tidak mungkin” dan menyangkal tanggapan yang kurang transparan.

Dalam proposal, WHO menyatakan tim ahli yang menyelidiki asal-usul Covid-19 harus kembali ke situs-situs di Tiongkok, tempat virus corona pertama kali muncul.

Tetapi Tiongkok menolak dengan alasan bahwa para peneliti seharusnya membuat prioritas dari "sangat mungkin" kemungkinan bahwa virus tersebut berasal dari hewan dan meluaskan kerjanya ke negara-negara lain di seluruh dunia.

Berbicara pada konferensi pers di Dewan Informasi Negara Zeng Yixin, wakil menteri Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mengaku “terkejut” bahwa WHO telah mengusulkan tim kembali ke tempat-tempat di pusat kota Wuhan yang dikunjungi awal tahun ini. WHO juga ingin menyelidiki hipotesis bahwa itu bocor dari laboratorium.

Dalam pertemuan tertutup pekan lalu, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengusulkan tahap kedua penyelidikan badan tersebut tentang asal-usul virus corona harus mencakup studi lebih lanjut di Tiongkok serta "audit" laboratorium.

“Menemukan asal usul virus ini adalah latihan ilmiah yang harus dijauhkan dari politik. Agar hal itu terjadi, kami berharap Tiongkok mendukung fase berikutnya dari proses ilmiah ini dengan membagikan semua data yang relevan dalam semangat transparansi,” kataTedros

WHO berada di bawah tekanan yang semakin besar untuk meningkatkan penyelidikannya tentang asal usul virus, yang pertama kali muncul di Wuhan dan kini telah menewaskan lebih dari 4,1 juta orang di seluruh dunia.

Tim ahli internasional dan Tiongkok melakukan kunjungan pertama mereka ke Wuhan pada pertengahan Januari, lebih dari setahun setelah kasus pertama yang saat itu disebut "pneumonia misterius" pertama kali terdeteksi.

Tim menghabiskan empat minggu di kota, mengunjungi situs-situs utama termasuk pasar Makanan Laut Huanan yang sekarang ditutup, dan dua laboratorium penelitian yang bekerja dengan virus dari kelelawar – hewan yang dicurigai sebagai inang untuk Covid-19.

Dalam laporan bersama yang dirilis pada bulan Maret, tim mengatakan virus itu mungkin telah ditularkan dari kelelawar ke manusia melalui hewan lain. Tetapi seruan untuk penyelidikan lebih dalam tentang asal-usul virus terus berlanjut di tengah spekulasi bahwa virus itu bisa lolos dari salah satu laboratorium.

Pada Mei, Presiden AS Joe Biden memerintahkan peninjauan asal virus dengan mengatakan bahwa badan-badan intelijen terbagi atas apakah itu berasal dari hewan atau dari laboratorium.

Hipotesis juga termasuk dalam proposal fase dua WHO meskipun teori tersebut telah diremehkan dalam laporan awal tim.

“Kami berharap WHO akan secara serius meninjau pertimbangan dan saran yang dibuat oleh para ahli Tiongkok dan benar-benar memperlakukan penelusuran asal virus Covid-19 sebagai masalah ilmiah, dan menyingkirkan campur tangan politik,” kata Zeng.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anggaran Shadow Team Bersumber dari Kemendikbudristek

Anggaran shadow team atau tim bayangan Menteri Nadiem Makarim bersumber dari anggaran Kemendikbudristek.

NEWS | 29 September 2022

Febri Diansyah Bela Sambo-Putri, ICW: Langkah yang Gegabah

ICW menyoroti langkah eks Jubir KPK Febri Diansyah yang bergabung dalam tim kuasa hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

NEWS | 29 September 2022

Solusi Dua Negara Israel dan Palestina Harus Terus Disuarakan

Solusi dua negara Israel dan Palestina dengan posisi yang setara harus terus disuarakan, demi terciptanya perdamaian di kawasan Timur Tengah.

NEWS | 29 September 2022

PGRI Dorong Penuntasan Tunjangan Profesi bagi 1,6 Juta Guru

PGRI mendorong pemerintah melalui Kemendikbudristek guna menuntaskan 1,6 juta guru yang belum mendapatkan tunjangan profesi.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Berupaya Evakuasi Terduga Teroris DPO MIT Poso

Personel kepolisian berusaha mengevakuasi jasad terduga teroris Askara alias Pak Guru yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Mujahidin Indonesia Timur.

NEWS | 29 September 2022

Ibunda Brigadir J Harap Penegak Hukum Bekerja Jujur

Ibunda Brigadir J, Rosti Simanjuntak berharap penegak hukum bekerja dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya.

NEWS | 29 September 2022

Mbah Mijan Sebut Lesti Kejora dan Rizky Billar Jodoh Panjang, Warganet Bereaksi

"Lesti Kejora dan Rizky Billar berjodoh panjang, Mbah doakan yang terbaik," kata Mbah Mijan dalam akun Twitter pribadinya.

NEWS | 29 September 2022

HT Dikukuhkan Jadi Ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso

Ketua UmumPerindo Hary Tanoesoedibjo (HT) dikukuhkan sebagai ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso (Apmiso) Nusantara.

NEWS | 29 September 2022

PGRI Minta UU Guru dan Dosen Dikeluarkan dari RUU Sisdiknas

PB PGRI meminta pemerintah untuk mengeluarkan Undang-Undang Guru dan Dosen dari Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas).

NEWS | 29 September 2022

Pertemuan Airlangga dan Puan Akan Buka Peluang Koalisi PDIP-KIB

Pertemuan Airlangga-Puan akan membuka peluang koalisi PDIP dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Infrastruktur Era Jokowi Solusi Tingkatkan Daya Saing

Infrastruktur Era Jokowi Solusi Tingkatkan Daya Saing

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings