Logo BeritaSatu

Interpol Bongkar Sindikat Global Perdagangan Manusia, 286 Tersangka Ditangkap

Selasa, 27 Juli 2021 | 16:32 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Lyon, Beritasatu.com- Komisi Polisi Kriminalitas Internasional atau Interpol membongkar sindikat global perdagangan manusia dan menangkap 286 tersangka. Seperti dilaporkan RT, Senin (26/7/2021), Interpol juga berhasil menyelamatkan 430 korban.

“Lembaga penegak hukum di 47 negara berpartisipasi dalam misi bernama “Operasi Liberterra”. di mana sekitar 500.000 inspeksi dilakukan di pos pemeriksaan dan bandara setelah intelijen dan informasi lokal,” kata Interpol pada Senin.

Selain misi menyeluruh untuk memerangi penyelundupan migran, Interpol menyatakan bahwa 60 investigasi transnasional lebih lanjut telah diluncurkan untuk fokus pada identifikasi palsu, setelah masuknya dokumen identitas palsu atau curian yang disita selama penugasan.

Menurut Interpol, operasi Liberterra berlangsung dari 5 hingga 9 Juli, dan pada hari pertama otoritas misi di Tanzania menangkap seorang sopir bus Uganda yang membawa satu kotak berisi 169 paspor palsu dari Kampala ke Dar es Salaam.

Di antara penangkapan yang dilakukan selama operasi, pihak berwenang di Brasil, Kolombia, Curacao, dan Panama menahan buronan yang dicari karena kejahatan seperti perdagangan narkoba, pemerkosaan, dan pencucian uang. Enam orang ditangkap di Inggris yang dicari oleh pihak berwenang atas tuduhan perdagangan seks.

Sekretaris Jenderal Interpol Jurgen Stock mengatakan operasi itu menggarisbawahi bagaimana jaringan kriminal multinasional yang sangat terorganisir hanya fokus pada satu hal yakni keuntungan.

“Dengan dibongkarnya 22 kelompok kriminal, halini juga menunjukkan apa yang dapat dicapai oleh tindakan penegakan hukum global yang terkoordinasi,” tambah Stock.

Hasil Operasi Liberterra juga menyoroti tingkat perdagangan manusia yang memprihatinkan dari Afrika dan Timur Tengah ke Eropa. Di Spanyol, satu kelompok kejahatan terorganisasi yang dilaporkan menyelundupkan migran melalui laut dari Aljazair ke pantai Spanyol berhasil dilumpuhkan.

“Pihak berwenang di Makedonia Utara menangkap enam anggota geng yang bekerja sama dengan mitra di Timur Tengah untuk menyelundupkan migran ke Yunani dari Afganistan, Bangladesh, Pakistan, dan Suriah,” kata Interpol.

Menurut Interpol, banyak korban perdagangan manusia yang ditempatkan sebagai bagian dari misi diselamatkan di Sudan. Pihak berwenang di Sudan membebaskan 253 orang. Mereka juga menangkap 32 tersangka sebagai bagian dari operasi gabungan.

Badan penegak hukum juga mencatat bahwa beberapa dari 430 korban perdagangan manusia yang ditemukan melalui Operasi Liberterra adalah gadis-gadis di bawah umur, beberapa di antaranya telah “dipaksa melakukan eksploitasi seksual melalui ancaman pembunuhan dari pedagang manusia.”



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPK Jadwalkan Periksa Anggota DPR Fraksi PKB Sofyan Ali

KPK menjadwalkan memeriksa anggota DPR dari Fraksi PKB, Sofyan Ali terkait pengembangan kasus suap pembahasan RAPBD Provinsi Jambi. 

NEWS | 26 September 2022

DKI Tambah 1 Lagi Fasilitas Penyaringan Sampah pada 2023

DKI menambah satu lagi fasilitas penyaringan sampah sungai yang akan ditempatkan di Kali Pesanggrahan

NEWS | 26 September 2022

Baru 9 Tahun, Pangeran George Ditaksir Bakal Miliki Kekayaan Rp 15 Triliun

Pangeran George, putra sulung dari Pangeran William dan Kate Middleton yang baru berusia 9 tahun, ditaksir bakal memiliki kekayaan senilai US$ 1 miliar.

NEWS | 26 September 2022

Kasus Gubernur Papua Lukas Enembe, KPK Panggil 2 Saksi

KPK memanggil dua orang saksi dalam penyidikan kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe.

NEWS | 26 September 2022

Presiden Jokowi: Hormati Proses Hukum di KPK

Presiden Jokowi mengimbau Gubernur Papua Lukas Enembe menghormati proses hukum yang kini dijalaninya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

NEWS | 26 September 2022

500 Personel Gabungan Gerebek Lumpur di Kali Cideng

Sebanyak 500 personel gabungan diterjunkan dalam kegiatan gerebek lumpur yang dilakukan Sudin SDA Jakarta Pusat di Kali Cideng, Jakarta Pusat

NEWS | 26 September 2022

Raker Komisi I DPR dengan Menhan, Panglima TNI, dan Kasad Digelar Tertutup

Rapat kerja Komisi I DPR dengan Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kasad Jenderal Dudung Abdurachman digelar secara tertutup.

NEWS | 26 September 2022

Jenderal Listyo Sigit Mutasi 30 Perwira ke Sejumlah Jabatan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi 30 perwira ke sejumlah jabatan di lingkungan Polri

NEWS | 26 September 2022

Dihalangi Pamdal DPR, Ketua IPW Batal Bersaksi di Sidang MKD

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso batal hadir dalam sidang MKD DPR karena dihalangi Pamdal DPR untuk masuk gedung DPR melalui pintu depan. 

NEWS | 26 September 2022

Kesalahan Mobilisasi, Otoritas Rusia Panggil Orang Tak Layak Jadi Tentara

Pihak berwenang Rusia pada Minggu (25/9/2022) berjanji untuk memperbaiki kesalahan mobilisasi untuk menjadi tentara yang ditugaskan ke Ukraina.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Jadwalkan Periksa Anggota DPR Fraksi PKB Sofyan Ali

KPK Jadwalkan Periksa Anggota DPR Fraksi PKB Sofyan Ali

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings