Logo BeritaSatu

India Kerahkan Kapal Perang ke Laut China Selatan

Kamis, 5 Agustus 2021 | 08:28 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

New Delhi, Beritasatu.com- India mengirim satuan tugas angkatan laut ke Laut China Selatan pada Agustus 2021. Seperti dilaporkan Reuters, pada Rabu (4/8/2021), para pejabat mengatakan pengiriman kapal itu untuk memperluas hubungan keamanan dengan negara-negara sahabat.

Pengerahan kapal perang menandakan niat Tiongkok untuk memainkan peran yang lebih besar dalam upaya regional untuk melawan Tiongkok. Secara tradisi, militer India waspada untuk memusuhi Tiongkok tetapi suasana hati telah mengeras setelah bentrokan antara pasukan di perbatasan darat yang disengketakan tahun lalu. Sejak saat itu, pemerintah India semakin dekat dengan Amerika Serikat dalam upaya untuk melawan Tiongkok.

Angkatan Laut India menyatakan empat kapal termasuk kapal perusak berpeluru kendali dan kapal fregat rudal akan dikerahkan untuk periode dua bulan ke Asia Tenggara, Laut China Selatan dan Pasifik barat.

“Pengerahan kapal Angkatan Laut India berusaha untuk menggarisbawahi jangkauan operasional, kehadiran damai dan solidaritas dengan negara-negara sahabat untuk memastikan ketertiban yang baik di domain maritim,” kata angkatan laut.

Laut China Selatan telah menjadi salah satu dari banyak titik nyala dalam hubungan yang sulit antara Tiongkok dan Amerika Serikat, dengan Washington menolak apa yang disebutnya klaim teritorial yang melanggar hukum oleh Beijing di perairan yang kaya sumber daya itu.

Pada Juni, kelompok kapal induk AS yang dipimpin oleh USS Ronald Reagan memasuki Laut China Selatan sebagai bagian dari misi rutin dan kelompok kapal induk Inggris akan melakukan latihan di Laut Filipina bulan ini.

“Sebagai bagian dari penempatan mereka, kapal-kapal India akan mengambil bagian dalam latihan perang bersama tahunan yang melibatkan Amerika Serikat, Jepang, dan Australia di lepas pantai Guam,” kata angkatan laut.

Keempat negara tersebut membentuk Quad, satu kelompok informal yang dipromosikan oleh pemerintahan Presiden AS Joe Biden sebagai cara untuk melawan Tiongkok yang tegas.

"Inisiatif maritim ini meningkatkan sinergi dan koordinasi antara Angkatan Laut India dan negara-negara sahabat, berdasarkan kepentingan maritim bersama dan komitmen terhadap Kebebasan Navigasi di laut," kata Angkatan Laut India.

Sebelumnya, Tiongkok pernah mengkritik manuver militer multilateral sebagai destabilisasi kawasan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Pastikan Pemerintah Tanggung Seluruh Biaya Korban Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi memastikan pemerintah menanggung biaya perawatan korban luka tragedi Kanjuruhan pascakerusuhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Epidemiolog: Jangan Terlena

Epidemiolog Prof dr Asri C Adisasmita mengingatkan masyarakat agar jangan terlena dengan situasi di mana pandemi Covid-19 segera berakhir.  

NEWS | 5 Oktober 2022

Pelanggaran HAM Diduga Telah Terjadi di Tragedi Kanjuruhan

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) pos Malang menilai telah terjadi pelanggaran hukum dan hak asasi manusia (HAM) dalam tragedi Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Jelang Sidang Indra Kenz, Korban: Kami Menuntut Ganti Rugi

Menjelang sidang pembacaan tuntutan terhadap Indra Kenz di PN Kota Tangerang sore ini, perwakilan korban menuntut adanya ganti rugi  

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Akan Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan dan Tinjau Stadion

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan menjenguk korban tragedi Kanjuruhan di RSUD dr Saiful Anwar Kota Malang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Polisi Tangkap Seorang Perakit Bom Terkait Ledakan di Riau

Polda Riau menangkap seorang pria berinisial, MN yang diduga perakit bom terkait ledakan bom di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

NEWS | 5 Oktober 2022

Sesepuh Aremania Anto Baret: Kita Kawal Pengusutan Tragedi Kanjuruhan

Tokoh sekaligus sesepuh Aremania , Anto Baret mendesak tim investigasi maupun pihak penegak hukum agar bersikap transparan dalam kasus tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 5 Oktober 2022

HUT Ke-77 TNI, Jokowi Saksikan Defile Alutsista di Depan Istana Merdeka

Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri, Wury Ma'ruf Amin, menyaksikan defile pasukan dan pawai alutsista.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ferdy Sambo Pasrah dan Sebut Putri Candrawathi Tak Terlibat

Mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo mengaku pasrah dan menyerahkan nasibnya kepada majelis hakim

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Minta TNI Waspada Perubahan Geopolitik Global

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para prajurit TNI selalu siap dalam menghadapi tantangan dan perubahan geopolitik global.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Pastikan Pemerintah Tanggung Seluruh Biaya Korban Tragedi Kanjuruhan

Jokowi Pastikan Pemerintah Tanggung Seluruh Biaya Korban Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings