Logo BeritaSatu

Saat Melawat Asia, Wapres AS Serukan Penolakan Klaim Tiongkok di LCS

Kamis, 5 Agustus 2021 | 09:19 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris akan serukan penolakan klaim Tiongkok di Laut China Selatan dan fokus pada membela aturan internasional di Laut China Selatan. Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (3/8/2021), kunjungan Harris memperkuat kepemimpinan AS di kawasan Asia.

“Kamala Harris akan memperluas kerja sama dalam masalah keamanan selama perjalanannya ke Vietnam dan Singapura,” kata seorang pejabat senior Gedung Putih kepada Reuters.

Harris akan bertemu dengan para pemimpin pemerintah, sektor swasta dan masyarakat sipil di kedua negara. Dia berangkat dari Amerika Serikat pada 20 Agustus, tiba di Singapura pada 22 Agustus. Dia akan mengunjungi Vietnam pada 24 Agustus dan pulang pada 26 Agustus.

Perjalanan itu akan menjadi yang pertama bagi Harris ke wilayah tersebut. Harris menjadi satu-satunya wakil presiden AS yang mengunjungi Vietnam dan bertujuan untuk menggalang dukungan internasional untuk melawan pengaruh global Tiongkok yang berkembang.

“Negara-negara tersebut adalah mitra penting bagi Amerika Serikat karena lokasi, ukuran ekonomi, hubungan perdagangan dengan Amerika Serikat dan kemitraan keamanan dalam isu-isu seperti Laut China Selatan,” kata pejabat itu.

Mantan musuh AS Vietnam telah muncul sebagai mitra kunci Amerika Serikat dan penentang vokal klaim teritorial Tiongkok di Laut China Selatan.

Beberapa negara di kawasan itu sebagian besar menyambut kehadiran AS dalam menghadapi militerisasi jalur laut Beijing dan armada penjaga pantai dan penangkapan ikannya yang luas.

“Kami tidak ingin melihat negara mana pun mendominasi wilayah itu atau mengambil keuntungan dari situasi kekuasaan untuk mengkompromikan kedaulatan negara lain," kata pejabat Gedung Putih itu.

Angkatan Laut AS telah mempertahankan pola operasi kebebasan navigasi yang stabil di Laut China Selatan dan dekat Taiwan, tetapi ini tampaknya tidak banyak membantu Beijing.

“Wakil Presiden akan menggarisbawahi bahwa harus ada jalur bebas untuk perdagangan, di seluruh Laut China Selatan, dan tidak ada satu negara pun yang boleh tidak menghormati hak orang lain,” tambah pejabat itu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Capres 2024, Sekjen PDIP Tegaskan Ganjar Tetap Tunggu Keputusan Megawati

Terkait PSI yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan Ganjar menunggu keputusan Megawati Soekarnoputri.

NEWS | 7 Oktober 2022

Selain Santunan, Korban MTsN 19 Jakarta Diberi Konseling

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan santunan kepada keluarga korban meninggal dunia yang tertimpa tembok MTsN 19 Jakarta.

NEWS | 7 Oktober 2022

PKN: TGIPF Tragedi Kanjuruhan Harus Betul-betul Cari Fakta

PKN mendorong Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur harus betul-betul mencari fakta.

NEWS | 7 Oktober 2022

PDIP Siapkan Visi Misi Capres 2024, Hasto: Progresnya Sudah 80%

PDIP sedang mempersiapkan visi misi capres 2024, dan menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto progresnya sudah sudah sekitar 80%.

NEWS | 7 Oktober 2022

Ini Identitas Korban Tewas dan Luka MTsN 19 Jakarta

Ada tiga korban meninggal dan tiga korban luka-luka pada insiden robohnya tembok pembatas MTsN 19 Jakarta.

NEWS | 7 Oktober 2022

Banjir di MTsN 19 Jakarta, KPAI Ingatkan Sekolah Aman Bencana Wajib Memiliki Jalur Evakuasi

Merespons bencana banjir di MTsN 19 Jakarta Selatan, KPAI mengingatkan sekolah aman bencana wajib memiliki jalur evakuasi dan SOP penanganan bencana.

NEWS | 7 Oktober 2022

Rakernas I PKN: Pasek Ingatkan Kader Jangan Turun Gunung

Ketum PKN Gede Pasek Suardika menyemangati ribuan kader untuk bekerja lebih keras agar lolos verifikasi faktual menuju Pemilu 2024.

NEWS | 7 Oktober 2022

Cuaca Ekstrem, BMKG Peringatkan Waspadai Gelombang Tinggi hingga 6 Meter di Wilayah Ini

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada hari ini dan besok.

NEWS | 7 Oktober 2022

3 Siswa MTsN 19 Jakarta Meninggal Tertimpa Tembok Roboh, Menag Beri Santunan

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyatakan rasa belasungkawa atas kejadian yang menimpa MTsN 19 Jakarta menyebabkan tiga korban tewas.

NEWS | 7 Oktober 2022

Analisis BPBD DKI, Tembok MTsN 19 Tak Mampu Menahan Air

Berdasarkan hasil kaji cepat sementara oleh BPBD DKI Jakarta, robohnya tembok MTsN 19 Pondok Labu.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi tak salami kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Dirut LIB Pasrah

Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Dirut LIB Pasrah

BOLA | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings