Logo BeritaSatu

PBB: 277 Juta Orang Terdampak Perubahan Iklim dan Cuaca Ekstrem

Rabu, 18 Agustus 2021 | 15:37 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jenewa, Beritasatu.com- Lebih dari 277 juta orang di Amerika Latin dan Karibia terkena dampak perubahan iklim dan cuaca ekstrem. Seperti dilaporkan ReliefWeb, perkiraan itu dimuat dalam laporan terbaru Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) yang dirilis Selasa (17/8/2021).

Studi WMO berjudul “Keadaan Iklim di Amerika Latin dan Karibia 2020”, menyatakan cuaca ekstrem dan perubahan iklim mengancam seluruh wilayah, dari ketinggian puncak Andes hingga pulau-pulau dataran rendah dan lembah sungai yang besar.

Peningkatan suhu, perubahan pola curah hujan, badai, dan penurunan gletser semuanya memiliki dampak besar pada kesehatan dan keselamatan manusia, makanan, air, ketahanan energi, dan lingkungan.

“Amerika Latin dan Karibia (LAC) adalah salah satu wilayah yang paling ditantang oleh peristiwa hidrometeorologi ekstrem,” kata Sekretaris Jenderal WMO Profesor Petteri Taalas.

Lebih jauh, Taalas mencatat dampaknya termasuk kekurangan air dan energi terkait, kerugian pertanian, pemindahan dan kesehatan dan keselamatan yang terganggu, semua tantangan yang bertambah dari pandemi Covid-19.

Kekhawatiran tentang kebakaran dan hilangnya hutan juga diangkat dalam dokumen tersebut. Hampir setengah dari wilayah LAC ditutupi oleh hutan, mewakili sekitar 57% dari hutan primer dunia yang tersisa dan menyimpan sekitar 104 gigaton karbon.

“Kebakaran dan penggundulan hutan sekarang mengancam salah satu penyerap karbon terbesar di dunia, dengan dampak jangka panjang dan jangka panjang,” tambah Sekretaris Jenderal WMO.

Dikatakan, 2020 adalah salah satu dari tiga tahun terpanas di Amerika Tengah dan Karibia, dan tahun terpanas kedua di Amerika Selatan. Suhu maksimum di beberapa stasiun menunjukkan nilai yang memecahkan rekor dengan suhu hingga 10 °C di atas normal.

Kekeringan yang meluas di seluruh Amerika Latin dan Karibia memiliki dampak yang signifikan, termasuk menurunkan permukaan air sungai, catatan laporan tersebut, yang telah menghambat rute pengiriman darat, mengurangi hasil panen dan produksi pangan, yang menyebabkan memburuknya kerawanan pangan di banyak daerah.

Hilangnya hutan merupakan kontributor penting terhadap perubahan iklim karena pelepasan karbon dioksida, studi tersebut memperingatkan: antara tahun 2000 dan 2016, hampir 55 juta hektar hutan hilang, yang merupakan lebih dari 91% hilangnya hutan di seluruh dunia.

Menurut laporan, peningkatan laju kebakaran hutan pada tahun 2020 menyebabkan kerusakan ekosistem yang tidak dapat dipulihkan, termasuk dampak buruk terhadap jasa ekosistem vital dan mata pencaharian yang bergantung padanya. Meskipun masih merupakan penyerap karbon bersih, Amazon tertatih-tatih menjadi sumber bersih jika kehilangan hutan berlanjut pada tingkat saat ini.

Pada tahun 2020, suhu permukaan laut Karibia mencapai rekor tertinggi, dan laporan tersebut menunjukkan bagaimana kehidupan laut, ekosistem pesisir dan komunitas manusia yang bergantung padanya menghadapi ancaman yang meningkat dari pengasaman laut dan panas serta naiknya permukaan laut.

Di Amerika Latin dan Karibia, lebih dari 27% penduduk tinggal di wilayah pesisir, dengan perkiraan 6–8% tinggal di wilayah yang berisiko tinggi atau sangat tinggi terkena bahaya pesisir.

Gletser telah mencair selama beberapa dekade terakhir, dan hilangnya massa es telah dipercepat sejak 2010, sejalan dengan peningkatan suhu musiman dan tahunan dan penurunan curah hujan tahunan yang signifikan di wilayah tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Timnas Basket


# SEA Games


# Ganjar Pranowo


# Kapal Drone


# Jokowi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Nasional Penerima Vaksin Covid-19 sampai 23 Mei 2022

Data Nasional Penerima Vaksin Covid-19 sampai 23 Mei 2022

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings